fbpx

Tips Bikin Visa Kerja di Singapura, Bisa Online!

  • August 23, 2020
  • Dibaca 496 kali
Tips Bikin Visa Kerja Singapura

Buat #SGB_Family yang punya keinginan untuk kerja di Singapura, harus tahu tips bikin visa kerja biar bisa mempersiapkan kualifikasi dan dokumen yang dibutuhkan terlebih dulu. Ada banyak kesempatan untuk kerja di Singapura, apalagi kalau punya keahlian di bidang kerja yang sedang banyak dibutuhkan. Enaknya lagi, pengajuan visa kerja ini bisa dilakukan secara online loh. Nah, seperti apa sih persyaratan dan cara untuk bisa dapat visa kerja Singapura? Pantengin terus ya tips di bawah ini!

Tips Bikin Visa Kerja Singapura
Ilustrasi karyawan cek kualifikasi. Photo by Tim van der Kuip on Unsplash

EPass atau visa kerja ini bisa diajukan oleh warga asing dari semua kewarganegaraan di luar Singapura, tapi harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Punya tawaran pekerjaan di singapura
  • Kerja di bidang manajerial, eksekutif, atau pekerjaan khusus
  • Gaji tetap minimal $3.900 per bulan, kalau orang yang lebih berpengalaman harus punya gaji yang lebih tinggi
  • Kualifikasi yang bisa diterima, seperti gelar universitas yang baik, kualifikasi profesional, atau keterampilan khusus

Sebelum mendaftar harus mengecek apakah sudah layak dan sesuai klasifikasi atau belum. Pengecekan bisa dilakukan online menggunakan Self Assessment Tool (SAT). Gunanya pengecekan sebelum daftar ini, agar bisa tahu kualifikasi yang dibutuhkan. Nantinya, #SGB_Family akan diminta untuk mengisi data yang berkaitan dengan pekerjaan, pengalaman kerja, dan kualifikasi yang sudah dicapai.

Kalau di SAT nggak memenuhi syarat, jadi nggak bisa mengajukan visa kerja. Sedangkan kalau di SAT memenuhi syarat, akan ada 90% kemungkinan bisa lulus.

Ilustrasi paspor, salah satu dokumen wajib daftar visa kerja. Instagram @broewnis
Ilustrasi paspor, salah satu dokumen wajib daftar visa kerja. Instagram @broewnis

Walaupun nantinya #SGB_Family yang bakal dapat visa kerja, tapi yang bisa mengajukan visa ini untuk #SGB_Family adalah pihak perusahaan (pengusaha/ pemberi kerja) atau pihak ketiga yang resmi. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di sini dan harus dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Singapura. Kalau pengusaha nggak punya perusahaan yang terdaftar di Singapura, harus mendapatkan sponsor di Singapura dan mendaftarkan atas nama perusahaan tersebut.

Dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar visa kerja adalah:

  • Halaman keterangan pribadi dari paspor karyawan yang akan didaftarkan. Kalau nama di paspor dan dokumen lain beda, harus menyertakan surat penjelasan. Ditambah salah satu dari dokumen pendukung atau pernyataan tertulis.
  • Profil bisnis terbaru dari perusahaan atau informasi yang teregistrasi dengan ACRA (Accounting and Corporate Regulatory Authority)
  • Sertifikat pendidikan karyawan yang akan didaftarkan.

#SGB_Family bisa memeriksa status pendaftaran visa kerja, pengiriman kertunya, dan yang berhubungan dengan visa kerja secara online tanpa harus login di sini.

Tips Bikin Visa Kerja Singapura
Ilustrasi mendaftar di Employment Pass Services Centre (EPSC). Instagram @frederickchannel

Langkah yang harus diambil untuk bikin visa kerja di Singapura adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan melakukan pendaftaran untuk karyawan

Harus ada persetujuan tertulis dari #SGB_Family sebagai karyawan yang akan didaftarkan untuk pengajuan visa kerja. Melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Pendaftaran akan dikenai biaya $105. Biasanya, proses akan memakan waktu 3 minggu jadi bisa cek setelah itu. Kalau diterima, perusahaan akan mendapatkan surat in-principle approval (IPA) yang salinannya harus diberikan kepada #SGB_Family. Dengan memegang salinan IPA, bisa masuk Singapura (seperti Visa berlaku 1 kali) dalam 6 bulan untuk mengurus surat izin.

  • Mendapatkan surat izin (dilakukan dalam waktu 6 bulan masa berlaku surat IPA)

#SGB_Family harus ada di Singapura saat mengurus surat izin ini dengan membuat permohonan dan mengunggah dokumen pendukung secara online. Setiap permohonan dikenai biaya $225. Dokumen pendukung yang harus diserahkan adalah detail paspor, detail Short Term Visit Pass atau izin imigrasi, tempat tinggal di Singapura, alamat yang akan menerima kartu visa kerja, dan detail kontak pribadi #SGB_Family. Setelah berhasil mendapatkan izin, cetak surat pemberitahuannya.

  • Mendaftarkan sidik jari dan foto (dilakukan dalam 2 minggu setelah permohonan dilakukan)

Sebelum mendaftarkan sidik jari dan foto di Employment Pass Services Centre (EPSC), harus membuat janji lebih dulu. Harus membawa paspor asli, surat janji, surat pemberitahuan, dan dokumen-dokumen yang tertulis di surat IPA juga surat pemberitahuan.

  • Menerima kartu visa kerja (4 hari kerja setelah pendaftaran dan penyerahan dokumen di EPSC)

Kartu visa kerja akan dikirim ke alamat yang sudah didaftarkan. 1 hari sebelumnya, bakal ada pemberitahuan lewat SMS atau email dulu. Kalau gagal dalam 2 kali pengiriman, maka harus mengambil kartunya ke EPSC dengan membawa paspor asli dan surat pemberitahuan.

Employment Pass Services Centre (EPSC)
20 Upper Circular Rd, #04-01/02 The Riverwalk, Singapore 058416
Senin-Jumat 8am-5.30pm (Libur Nasional tutup)
Clarke Quay
mom.gov.sg/passes-and-permits/employment-pass

Ilustrasi gedung perkantoran di Singapura. Photo by Tusik Only on Unsplash
Ilustrasi gedung perkantoran di Singapura. Photo by Tusik Only on Unsplash

Kalau #SGB_Family bikin visa kerja di Singapura untuk pertama kalinya, maka akan berlaku sampai 2 tahun. Nah, kalau masa berlaku sudah habis bisa diperpanjang kemudian berlaku sampai 3 tahun. Untuk memperpanjang visa kerja, harus mengajukan 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Pastikan untuk daftar ulang sebelum waktu yang ditentukan ya, kalau kelewatan harus membuat baru lagi.

Sama seperti saat bikin visa kerja di Singapura, waktu melakukan perpanjangan harus dilakukan oleh perusahaan dan bisa dilakukan secara online di sini. Perpanjangan ini akan memakan biaya $225.

Perlu diingat kalau perpanjangan nggak menjamin bisa langsung lulus karena tetap akan dievaluasi berdasarkan kriteria kelayakan terbaru.

Nah, dengan tips ini #SGB_Family sudah tahu kan apa aja yang perlu dipersiapkan untuk bikin visa kerja di Singapura? Lebih baik persiapkan semuanya dari awal, supaya nggak ada yang kurang saat dibutuhkan. Makin dekat deh dengan mimpi #SGB_Family untuk kerja di Singapura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial