fbpx

20 Oleh-Oleh Singapura, Selai Kaya sampai Parfum Anggrek!

  • August 23, 2020
  • Dibaca 30 kali

Jalan-jalan ke mana aja, bakal lebih afdal kalau bawa pulang benda khas negara tujuan liburan termasuk di Singapura. Belum lagi negara ini terkenal sebagai surga belanja dengan range harga dan barang beragam. Nggak terkecuali oleh-oleh khas Singapura, mulai dari selai kaya sampai perhiasan berbentuk anggrek. Ada juga oleh-oleh anti-mainstream yang bisa #SGB_Family dapatkan. Apa aja yang bisa dibawa balik dari Singapura?

Obat herbal di Eu Yan Sang. Instagram @shi_jasminebong
Obat herbal di Eu Yan Sang. Instagram @shi_jasminebong

Obat herbal tradisional China yang banyak diproduksi di Singapura dapat menjadi oleh-oleh unik untuk keluarga dan sahabat di rumah. Obat herbal tradisional China bisa jadi oleh-oleh anti-mainstream lho! Nggak cuma satu macam, melainkan ada beragam jenis obat herbal mulai dari suplemen kesehatan sampai obat yang dipercaya mampu menyembuhkan penyakit berat. Obat herbal bisa dikonsumsi mulai dari remaja sampai lansia.


Salah satu toko yang menyediakan obat herbal China halal adalah Eu Yan Sang. #SGB_Family bisa bawa pulang Halal Delight Hamper berisi 11 botol esens seharga $88 atau Rp950.000-an.

Oleh-Oleh Khas Singapura
Kaya Jar. Instagram @hellohungrypeople

Kaya adalah selai yang terbuat dari santan dan telur. #SGB_Family mungkin udah pernah dengar tentang kuliner sarapan populer di Singapura bernama kaya toast. Nah, setelah balik ke Indonesia pun, tetap bisa menikmati roti panggang dengan kaya. Biasanya kedai kopitiam yang menjual kaya toast juga menawarkan kaya dalam botol kaca. Selai khas Singapura ini juga bisa dibeli di supermarket. Harganya sekitar $6,5 atau Rp70.000-an.

TWG Tea. Instagram @twgteaofficial
TWG Tea. Instagram @twgteaofficial

TWG Tea adalah teh lokal khas Singapura yang menawarkan lebih dari 800 ratus teh dan produk rasa atau aroma teh. Mulai dari macaron, kukis, coklat, sampai lilin aromaterapi. Selain itu, tersedia juga peralatan ngeteh, seperti teko, cangkir, saringan teh, bahkan ada juga buku tentang teh. Jadi, beli teh sekalian peralatannya. Lengkap banget kan!

#SGB_Family bisa menemukan outlet TWG Tea di Changi Airport. Harga teh di sini mulai dari $10 atau Rp108.000-an.

Oleh-oleh Khas Singapura
Balsem di Tiger Balm. Instagram @ryanangzh

Masih ada lagi nih oleh-oleh unik khas Singapura yang nggak kalah anti-mainstream dari oleh-oleh yang sudah disebutkan di atas. Tiger Balm adalah balsem herbal yang udah eksis selama 100 tahun. Wah, lama banget ya! Balsem herbal ini ada yang bentuknya padat seperti balsem yang biasa ditemui di Indonesia dan juga minyak.

Pegal-pegal, sendi terkilir, sakit kepala, atau pilek bisa diredakan dengan menggunakan Tiger Balm. Nah, serunya tersedia kemasan botol pompa jadi memudahkan penggunaan. Harga balsem mulai dari $5,4 atau Rp60.000-an.

Oleh-Oleh Khas Singapura
Piring Porselen. Instagram @sceneshang

Bagi foodies, bisa banget bawa pulang piring porselen dengan motif khas Singapura seperti merlion. Nah, foto makanan nantinya jadi makin estetik. Nggak cuma piring, tersedia juga mangkuk, gelas, dan peralatan rumah tangga porselen lainnya. Untuk mendapatkan piring porselen cantik, bisa ke Supermama atau Scene Shang. Keduanya berada di Kampong Glam, nggak jauh dari Masjid Sultan. Harga satu buah piring porselen sekitar $36 atau Rp390.000-an.

Oleh-Oleh Khas Singapura
Tumblr. Singapore Guide Book

Sebagai traveler, tempat minum jadi peralatan penting karena membawa minuman sendiri lebih ekonomis dan higienis. Coba intip tumbler stainless steel dengan motif bangunan ikonik Singapura melalui singaporeguidebook.com. #SGB_Family bisa dapatkan 1 tumbler dengan harga promo sebesar Rp150.000. Tersedia 4 bentuk tumbler dengan motif dan warna hitam, putih, dan merah.

Oleh-oleh Khas Singapura
Bumbu kuliner di Prima Taste. Instagram @primataste

Udah merasakan kelezatan kuliner khas Singapura seperti nasi ayam Hainan sampai chili crab, ketika sampai di Indonesia bisa jadi bakal kangen. Nggak perlu bingung, karena #SGB_Family bisa beli bumbu makanan kemasan dengan harga mulai dari $6 atau Rp65.000-an. Selain bumbu, dijual juga makanan siap masak yang biasanya dalam kemasan vakum supaya tetap awet.

Dengan memberikan oleh-oleh ini kepada keluarga atau teman, mereka juga bisa merasakan lagi kenikmatan makanan Singapura ini. Bumbu makanan khas Singapura bisa dibeli di supermarket atau Prima Taste dan Hais.

Jajanan tradisional di Biscuit King. Instagram @sharron.jy
Jajanan tradisional di Biscuit King. Instagram @sharron.jy

Jajanan jadul khas Singapura seperti ais gem, wafer coklat, biskuit bentuk binatang, sampai biskuit bentuk merlion bisa #SGB_Family jadikan oleh-oleh. Bukan oleh-oleh biasa, jajanan jadul bisa membawa kenangan saat saudara atau teman #SGB_Family. Ngemil sambil bernostalgia.

Ada yang dijual kemasan maupun kiloan. Salah satu toko jajanan jadul halal di Singapura adalah Biscuit King. Di toko ini sendiri, suasanya seperti era 90-an di Singapura. Sudah bisa memilih oleh-oleh dengan suasana nyaman, sekaligus nostalgia juga. Harga ½ kilogram biskuit mulai dari $6 atau Rp65.000-an.

Oleh-Oleh Khas Singapura
Masker Scuba. Singapore Guide Book

Di masa yang harus serba bersih ini, masker jadi elemen penting setiap bepergian. Supaya anti-mainstream, bisa coba masker scuba dengan motif bangunan ikonik Singapura. #SGB_Family bisa dapatkan masker scuba melalui singaporeguidebook.com. Pilihan warnanya hitam dan kuning. Sekarang sedang ada promo, harganya jadi Rp45.000.

Literatur Singapura (SingLit). Instagram @cynthiacimin
Literatur Singapura (SingLit). Instagram @cynthiacimin

Literatur Singapura atau disingkat SingLit cocok sebagai oleh-oleh untuk #SGB_Family yang suka membaca. Buku tersebut bisa ditemukan di toko buku lokal seperti Littered Books dan BooksActually. Jelajahi toko buku tersebut dan temukan beragam koleksi literatur Singapura mulai dari kumpulan puisi sampai novel berbagai genre. Harganya mulai dari $10 atau Rp108.000-an.

Permen White Rabbit. Instagram @harry_nuchiimilk
Permen White Rabbit. Instagram @harry_nuchiimilk

Permen susu rasa vanila White Rabbit ini berasal dari China dan populer juga di Singapura. Dinamakan White Rabbit karena bungkus permen bergambar kelinci putih. Permen ini bisa ditemukan di supermarket dengan harga mulai dari $3 atau Rp33.000-an per kemasan. Serunya, ada juga White Rabbit Bubble Tea. Walau nggak bisa dibawa pulang, #SGB_Family bisa menikmatinya selagi di Singapura.

Patung Merlion. Instagram @agrawal_karan07
Patung Merlion. Instagram @agrawal_karan07

Oleh-oleh khas Singapura selanjutnya patung merlion. Tentu bukan yang berukuran raksasa seperti aslinya, hanya miniatur aja. Sebagai simbol ikonik Singapura, emang lebih afdal kalau bawa pulang miniatur patung merlion. #SGB_Family bisa menemukan benda khas Singapura ini di toko oleh-oleh, misalnya di kawasan Chinatown dan Little India.

Selain miniatur patung, tersedia juga berbagai benda dan makanan dengan bentuk merlion. Misalnya aja coklat, gantungan kunci, cetakan es, anting-anting, nampan kayu, pouch, dan banyak lainnya. Nggak perlu nyiapin budget besar, cukup mulai dari $2 atau Rp22.000-an untuk mendapatkan suvenir berbentuk merlion.

Oleh-Oleh Khas Singapura
Tote Bag. Singapore Guide Book

Tote bag canvas dengan motif bangunan ikonik Singapura pun dapat #SGB_Family jadikan buah tangan. Pakai tote bag bikin belanja lebih praktis dan juga membantu mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai. Temukan tote bag canvas melalui singaporeguidebook.com dengan harga promo Rp75.000. Bisa sekalian kembaran bareng temen-temen deh!

Perhiasan Bentuk Bunga Nasional Singapura. Instagram @risisofficial
Perhiasan Bentuk Bunga Nasional Singapura. Instagram @risisofficial

Mau bawain oleh-oleh fancy, #SGB_Family bisa dapatkan perhiasan dengan bentuk bunga nasional Singapura yaitu anggrek Papilionanthe Miss Joaquim atau disebut juga Vanda Miss Joaquim. Pilihannya ada kalung, gelang, anting-anting, liontion, dan bros. Siapkan budget mulai dari $150 atau Rp1.600.000-an.

Mainan Jadul. Instagram @thebettertoystore
Mainan Jadul. Instagram @thebettertoystore

Mainan jadul bisa dijadikan oleh-oleh sepulang dari Singapura. Misalnya aja bestman balloons alias mainan balon tiup. Cara memainkannya, pencet kemasan, akan keluar seperti gel padat. Letakkan di sedotan kecil, lalu tiup sisi lain dari sedotan. Maka akan muncul balon. Ada juga slinky warna-warni, chapteh yang berbentuk seperti kok yang cara memainkannya pakai kaki, dan masih banyak lainnya. Harga mainan jadul mulai dari $1 atau Rp11.000-an.

Kue Pandan. Instagram @sgfoodie_ting
Kue Pandan. Instagram @sgfoodie_ting

Kue pandan yang merupakan kue nasional Singapura juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Kue dengan tekstur empuk dan lembut ini punya warna hijau berkat penggunaan daun pandan. Selain enak, wangi pandan juga akan menambah selera makan. Cocok banget dimakan sore-sore sambil minum teh bareng keluarga. #SGB_Family bisa mendapatkan kue pandan di toko roti lokal. Harganya mulai dari $4 atau Rp43.000-an.

Oleh-Oleh Khas Singapura
T-shirt Lengan Panjang. Singapore Guide Book

T-shirt atau kaus biasanya menjadi oleh-oleh khas tiap liburan termasuk di Singapura. Tentunya yang bikin beda adalah motif kaus, mulai dari merlion sampai Marina Bay Sands. #SGB_Family bisa temukan kaus lengan panjang dengan motif menarik di singaporeguidebook.com dengan harga promo Rp135.000. Tersedia dalam 6 pilihan warna mulai dari hitam sampai pastel pink, ukuran S sampai XXXL.

Parfum Aroma Anggrek. Instagram @singaporememories
Parfum Aroma Anggrek. Instagram @singaporememories

Nggak cuma perhiasan, ada juga benda lain yang berhubungan dengan anggrek sebagai bunga nasi Singapura yaitu parfum. Bener banget, #SGB_Family bisa bawa pulang parfum aroma anggrek. Bawa keharuman khas Singapura ke rumah, biarkan tempat tinggal kalian bau semerbak anggrek yang menenangkan.

Biasanya, parfum beraroma anggrek dijual dalam kemasan botol kaca dengan beragam aroma baik untuk cewek maupun cowok. Parfum aroma anggrek dijual mulai dari $28 atau Rp302.000-an. Harga tergantung volume parfum.

Pressed Pennies. Instagram @ginaleev
Pressed Pennies. Instagram @ginaleev

Oleh-oleh khas Singapura berikutnya adalah koin atau uang receh. Sebenarnya koin ini bukan mata uang Singapura, hanya sebagai buah tangan aja. Serunya, #SGB_Family bisa mendapatkan koin yang disebut pressed pennies ini secara manual. Tersedia mesin koin ini di sejumlah tempat seperti Suntec City Mall, Universal Studios Singapore, Gardens By The Bay, National Museum of Singapore, Resorts World Sentosa, dan Singapore Coins and Notes Museum.

Cara mendapatkan koin unik ini:

  • Masukkan uang untuk beli koin sekitar $2 atau Rp22.000-an
  • Pilih desain yang diinginkan
  • Putar mesin sampai koin keluar

Oleh-Oleh Khas Singapura
T-shirt Lengan Pendek. Singapore Guide Book

Selain kaus lengan panjang dengan motif unik, kaus lengan pendek juga bisa banget dibawa pulang. #SGB_Family bisa dapatkan dengan harga promo Rp120.000 melalui singaporeguidebook.com. Pilihan warnanya adalah hitam, abu-abu, navy, merah marun, biru pastel, pink pastel, merah, putih, dan kuning. Untuk ukurannya pun beragam mulai dari S sampai XXXL.

Kini #SGB_Family nggak perlu bingung mau bawa oleh-oleh khas Singapura apa aja. Pilihannya banyak banget, bahkan boleh banget kalau mau borong. Bisa untuk diberikan kepada teman, saudara, atau disimpan sendiri agar jadi obat kangen Singapura. Tapi tetap perhatikan muatan bagasi dan pajak yang berlaku, ya. Pengin beli apa aja, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×