fbpx

Cara Ganti Paspor Hilang di Luar Negeri, Ikuti Langkah Ini!

  • August 22, 2020
  • Dibaca 184 kali
Ilustrasi paspor Indonesia. Instagram @adesoeharso

Selama melakukan perjalanan di luar negeri tentu penginnya semua berjalan lancar tanpa kendala. Tapi nggak menutup kemungkinan bakal terjadi hal tak terduga misalnya paspor hilang, baik karena lalai atau bencana. #SGB_Family bisa mengurus kembali paspor hilang setelah kembali ke Indonesia. Lalu apa yang harus dilakukan saat masih berada di negara tujuan wisata? Simak dulu cara ganti paspor hilang di luar negeri berikut.

SGB Merchandise

Ilustrasi paspor. Photo by Luke Littlefield on Unsplash
Ilustrasi paspor. Photo by Luke Littlefield on Unsplash

Sebagai langkah antisipatif, ada baiknya #SGB_Family menyiapkan scan semua data diri sebelum berangkat ke luar negeri. Mulai dari KTP sampai halaman depan paspor. Setelah itu, simpan di beberapa perangkat yaitu email pribadi, handphone, dan print out scan data diri tersebut di tas. Selain itu, bawa juga pas foto berbagai ukuran dan berwarna. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga aja.


Ilustrasi kantor polisi. Photo by Meric Dagli on Unsplash
Ilustrasi kantor polisi. Photo by Meric Dagli on Unsplash

Selagi berada di luar negeri baik untuk liburan, sekolah, maupun bisnis kemudian kehilangan paspor. Khawatir itu wajar tapi segera lapor ke kepolisian setempat. Di sini, #SGB_Family akan ditanya berbagai keterangan mulai dari data diri sampai detail paspor hilang. 

Jangan lupa untuk meminta surat keterangan hilang dari kepolisian atau otoritas yang berwajib, karena nantinya berguna untuk ganti paspor yang hilang di luar negeri tersebut. Ketika melakukan laporan di kepolisian setempat, ada baiknya #SGB_Family juga mencatat nama petugas yang mengurus surat kehilangan dan atau nomor surat jika memungkinkan.

Ilustrasi kantor KBRI di Singapura. Instagram @dheaardhyag
Ilustrasi kantor KBRI di Singapura. Instagram @dheaardhyag

Langkah selanjutnya setelah mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian atau pihak berwajib setempat, saatnya mengajukan Surat Perjalanan Laksana Paspor Republik Indonesia (SPLP RI). Berdasarkan kemlu.go.id, SPLP RI adalah dokumen pengganti paspor yang diberikan dalam keadaan tertentu, berlaku selama jangka waktu tertentu. 

Misalnya, #SGB_Family kehilangan paspor di Singapura dan nggak berdomisili di Singapura, maka syarat permohonan SPLP RI menurut kemlu.go.id/singapore sebagai berikut:

  • Mengisi secara lengkap formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk WNI
  • Laporan kehilangan paspor dari polisi setempat
  • Fotokopi paspor yang hilang
  • Fotokopi KTP

Apabila paspor hilang karena force majeur misalnya bencana atau adanya kerusuhan maka ada tambahan persyaratan yaitu:

  • Surat permohonan penggantian paspor hilang kepada kepala kantor imigrasi yang berisi nama, tempat/tanggal lahir, alamat domisili, pekerjaan, dan alasan permohonan.
  • Surat keterangan dari kelurahan/otoritas yang berwenang sesuai domisili yang pemohon yang menyatakan bahwa pemohon mengalami keadaan force majeur.

Setelah menyiapkan dokumen, #SGB_Family datang ke KBRI untuk mengajukan permohohan SPLP, kemudian bayar biaya sekitar $10. Untuk proses penerbitan SPLP sekitar 2 hari kerja. Jam operasional KBRI Singapura Senin s/d Jumat kecuali hari libur, 09am – 12pm (pengajuan) dan 09am – 12am (pengambilan). Ketika mengambil SPLP, bawa tanda bukti pembayaran asli.

Perhatikan juga, permohonan SPLP nggak akan diproses kalau persyaratan nggak lengkap, data paspor dan KTP berbeda, serta fotokopi persyaratan nggak jelas, nggak terbaca, ada coretan atau tipe-x maupun bekas hapusan maupun tanda apapun yang bisa menimbulkan keraguan.

Perlu diketahui juga bahwa biaya dan persyaratan permohonan SPLP mungkin aja berbeda di tiap KBRI, lebih baik cek dulu di situs Kementerian Luar Negeri Indonesia masing-masing negara. Jam operasional juga bisa jadi nggak sama.

Ilustrasi kantor imigrasi di Indonesia. Instagram @ditjen_imigrasi
Ilustrasi kantor imigrasi di Indonesia. Instagram @ditjen_imigrasi

Setelah kembali ke Indonesia, segera urus paspor baru dengan menyiapkan persyaratan seperti tertera di imigrasi.go.id berupa:

  • Surat laporan kehilangan dari kepolisian setempat (tempat paspor hilang)
  • Kartu tanda penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Kartu keluarga

Setelah itu, daftar aplikasi Antrian Paspor Online. Cara daftar layanan antrean online dapat dibaca pada artikel ini. Proses selanjutnya sama seperti pengajuan paspor biasa yaitu datang ke kantor imigrasi untuk pengecekan berkas, pengambilan foto dan sidik jari, dan wawancara. Tak lupa harus bayar denda paspor hilang sekitar Rp 1.000.000. Sementara, kalau paspor hilang karena force majeur nggak dikenakan biaya denda.

Ilustrasi paspor Indonesia. Instagram @adesoeharso
Ilustrasi paspor Indonesia. Instagram @adesoeharso

Kalau dalam proses pemeriksaan ditemukan bahwa paspor hilang karena kurang hati-hati dan terjadi di luar kemampuan pemegang paspor, maka pemohon akan diberi penggantioan paspor biasa. Tapi kalau ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian dengan alasan yang nggak bisa diterima, pemberian paspor biasa dapat ditangguhkan setidaknya 6 bulan dan paling lama 2 tahun.

Sewaktu melakukan perjalanan di luar negeri baik untuk liburan, sekolah, bisnis, maupun keperluan lain sebaiknya tetap menjaga paspor dengan baik. Tapi kalau sampai hilang, ikuti cara ganti paspor hilang di luar negeri seperti yang tertera di atas. #SGB_Family pernah punya pengalaman terkait paspor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial