fbpx

Tips Traveling Saat Pandemi, Minimalisir Terpapar atau Menyebarkan Virus

  • August 21, 2020
  • Dibaca 110 kali

Coronavirus telah menghambat berbagai kegiatan termasuk traveling. Banyak negara menutup akses masuk untuk wisatawan demi mencegah penyebaran virus. Bahkan peraturan lockdown sempat diberlakukan di berbagai negara. Kini beberapa negara mulai membuka perbatasan dan mengizinkan traveler masuk. Agar tetap aman, praktekkan tips traveling saat pandemi di bawah ini. Langsung catat, ya.

SGB Merchandise

Sering-sering mencuci tangan (unsplash)

Dilansir dari mayoclinic.org, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit atau CDC merekomendasikan beberapa langkah untuk melindungi diri dan orang lain selama bepergian seperti berikut ini.

  • Berjaga jarak setidaknya 2 meter antara satu sama lain.
  • Hindari melakukan kontak dengan siapapun yang sakit.
  • Batasi menyentuh permukaan yang berpotensi disentuh banyak orang seperti pegangan tangga, tombol elevator, kios, dan lain-lain. Jika memang terpaksa harus menyentuhnya, pastikan untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelahnya.
  • Selalu gunakan masker kain.
  • Jangan menyentuh mata, hidung maupun mulut.
  • Tutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin.
  • Selalu cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah ke kamar mandi, sebelum makan, serta setelah batuk, bersin atau membersihkan hidung.
  • Saat mencuci tangan, gunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Namun jika tidak tersedia sabun, gunakan hand sanitizer yang mengandung 60% alkohol. Pastikan seluruh bagian tangan dibersihkan dan gosokkan kedua tangan hingga terasa kering.

Selalu menggunakan masker (unsplash)

Setiap daerah ataupun negara memiliki beberapa persyaratan atau peraturan terkait pencegahan virus corona. Misalnya, mewajibkan untuk selalu menggunakan masker dan mewajibkan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari bagi siapa saja yang baru melakukan perjalanan. Bahkan beberapa negara mengharuskan pengunjung untuk membawa surat pernyataan negatif COVID-19. Cek peraturan penumpang di Bandara Indonesia, ya.

Pastikan #SGB_Family mencari tahu terlebih dahulu tentang batasan dan peraturan yang berlaku di daerah yang akan Anda kunjungi. Ingatlah bahwa peraturan ini juga dapat berubah dengan cepat tergantung kondisi lokal, terutama di masa pandemi yang serba tidak menentu ini. Jadi, pastikan untuk selalu mencari informasi terbaru tentang peraturan yang ada.

Praktekkan social distancing di pesawat dan mengenakan masker (unsplash)

Tips traveling saat pandemi selanjutnya adalah saat naik pesawat. Udara bersirkulasi dan difilter dengan baik di dalam pesawat, jadi biasanya virus tidak akan mudah menyebar di dalam pesawat. Namun, penerbangan yang penuh sesak membuat social distancing mustahil dilakukan. Apalagi Anda juga harus antri bersama banyak orang lainnya di terminal bandara sehingga meningkatkan risiko bersinggungan dengan orang lain.

Untuk menghindari penyebaran virus, pastikan untuk memakai masker selama perjalanan. Selanjutnya, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan setelah melewati pemeriksaan di bandara.

Protokol kesehatan yang berlaku di bandara juga bisa berbeda di masa pandemi ini. Misalnya, boarding pass sekarang tidak lagi perlu diserahkan kepada petugas pemeriksa, namun langsung diletakkan pada alat pemindai atau ditunjukkan kepada petugas tanpa perlu menyerahkannya.

Protokol lainnya adalah masing-masing penumpang dapat membawa satu botol kecil hand sanitizer berukuran 350ml di tas tangan. Makanan harus dibungkus kantong plastik. Serta barang pribadi seperti kunci, dompet dan ponsel harus diletakkan di tas tangan utuk mengurangi kontak saat melakukan pemindaian.

Berkendara dengan mobil (Photo by Alex Jumper on Unsplash)

Berkendara dengan mobil sendiri memberikan Anda kendali lebih baik saat melakukan perjalanan. Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati dan melakukan persiapan lebih baik demi mencegah penyebaran virus. Berikut tips traveling saat pandemi dengan mobil:

  • Rencanakan perjalanan agar tidak terlalu sering berhenti mampir di suatu tempat. Tapi pastikan untuk tetap berhenti berkendara saat mulai merasa lelah atau mengantuk.
  • Pastikan untuk membawa banyak masker, hand sanitizer dan tisu desinfektan serta letakkan di tempat yang mudah dijangkau.
  • Siapkan makanan dan minuman untuk di perjalanan. Lebih baik lagi jika membawa makanan yang tidak mudah basi sehingga Anda tidak perlu bingung untuk makan jika akses ke restoran atau tempat belanja sulit atau terbatas.
  • Saat membeli bahan bakar, gunakan tisu desinfektan untuk membersihkan pegangan atau tombol-tombol yang Anda sentuh. Setelah selesai mengisi bensin, cuci tangan dengan air dan sabun selama setidaknya 20 detik.
  • Jika berencana makan di jalan, lebih baik pilih yang menawarkan layanan drive-thru.

Tips traveling saat pandemi selanjutnya untuk #SGB_Family yang menggunakan alat transportasi seperti mobil jemputan atau bus. Salah satunya, usahakan untuk tidak duduk di samping sopir. Upayakan untuk memegang tas Anda sendiri saat naik atau turun dari kendaraan. Juga, hindari menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain sebelum membersihkannya.

Jika menggunakan alat transportasi umum lainnya, pastikan untuk selalu menerapkan social distancing, menggunakan masker, dan gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah sampai di tempat tujuan.

Banyak negara terima turis dengan untuk menyeimbangkan kembali perekonomian negara. Pastikan #SGB_Family selalu mematuhi protokol kesehatan demi keamanan Anda sendiri dan orang lain di sekitar. Juga, pratekkan tips traveling saat pandemi di atas, ya. Stay safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial