fbpx

5 Kerjaan Part Time buat Mahasiswa, Nggak Ganggu Kuliah

  • August 20, 2020
  • Dibaca 271 kali
Kerjaan Part Time Mahasiswa

Sebelum mulai terjun ke dunia kerja yang sebenarnya, ada baiknya mencari dan mengumpulkan pengalaman kerja lebih dulu. Cari pengalaman kerja sekaligus uang jajan tambahan nggak cuma bisa dengan magang, tapi juga bisa dengan part time. Karena dengan part time, kuliah nggak bakal terganggu. Nah, kerjaan part time apa sih yang cocok buat mahasiswa yang masih aktif kuliah? Simak daftarnya berikut ini ya!

SGB Merchandise

Kerjaan Part Time Mahasiswa
Ilustrasi part time admin. Photo by Icons8 Team on Unsplash

Kerjaan part time buat mahasiswa yang pertama adalah admin. Admin di sini adalah bagian entry data. Dengan menjadi admin, #SGB_Family bertugas memasukkan data, mulai dari mengumpulkan juga menyortir data terlebih dahulu sebelum data dimasukkan. Menjadi admin entry data, harus mahir mengetik, nggak cuma cepat tapi juga tepat karena salah memasukkan data sedikit aja bakal mempengaruhi keseluruhan data. 

#SGB_Family juga harus punya pengetahuan perangkat lunak yang setidaknya berhubungan dengan Microsoft Office. Bakal lebih membantu kalau hafal shortcut Microsoft Office di luar kepala, jadi kerja akan semakin cepat. Nggak cuma skill yang berhubungan dengan memasukkan data aja yang dibutuhkan kalau mau jadi admin entry data, tapi juga kemampuan komunikasi yang baik, pandai mengorganisir, dan lainnya.

Bekerja sebagai part time admin di Singapura, akan mendapat gaji kira-kira $1.000. Lumayan kan untuk menambah uang saku?

Ilustrasi kerja di kafe. Photo by Bonnie Kittle on Unsplash
Ilustrasi kerja di kafe. Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

Freelanc bisa jadi kerjaan part time andalan buat mahasiswa di Singapura. Karena dengan freelance, bisa bekerja di mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke kantor. Sambil rebahan di kos, cari suasana di kafe, atau di tempat lain yang menurut #SGB_Family nyaman. Laptop dan koneksi internet stabil adalah dua hal yang wajib banget ada untuk freelancer.

#SGB_Family bisa memilih freelance di bidang yang nantinya bakal dijadikan pekerjaan setelah lulus, bidang yang sama dengan jurusan kuliah, atau freelance pekerjaan yang sedang banyak dibutuhkan di Singapura. Salah satu contoh freelance yang punya banyak kesempatan adalah desainer grafis yang bakal dapat gaji kira-kira $15 per jam. Selain itu juga ada freelance programer, web desain, atau content writer.

Tapi ingat konsekuensi kalau freelance tanpa harus ke kantor, tetap harus menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline dan mengatur waktu dengan kuliah.

Kerjaan Part Time Mahasiswa
Ilustrasi jadi pelayan di restoran. Photo by Petr Sevcovic on Unsplash

Untuk menjadi pelayan atau staf di restoran atau kafe, harus cekatan, hafal menu saat ditanya, dan bisa menyarankan menu pengganti saat ada menu yang dipilih pengunjung sedang tidak tersedia. Selain itu, #SGB_Family harus menjaga stamina karena akan berkeliling restoran atau kafe untuk melayani pengunjung, apalagi di saat jam padat pengunjung.

Jangan sampai terlalu lelah sehingga kuliah jadi terbengkalai. Biasanya, ada pergantian shift antar pelayan atau staf, nah pilih shift yang terbaik menyesuaikan jam kuliah ya. Untuk rata-rata pendapatan pelayan di restoran sendiri adalah $8 per jam.

Kerjaan Part Time Mahasiswa
Ilustrasi bekerja di depan laptop. Photo by cottonbro on Pexels

Pilihan kerjaan part time buat mahasiswa selanjutnya adalah interpreter atau penerjemah. Pekerjaan ini cocok banget buat #SGB_Family yang kuliah jurusan bahasa atau yang mahir bahasa asing. Nggak cuma penerjemah bahasa asing aja, kalau punya kemampuan untuk menerjemahkan bahasa isyarat juga bisa loh.

#SGB_Family tentunya harus punya skill bagus dalam berkomunikasi agar tidak terjadi salah paham. Sama seperti freelance, kalau bekerja sebagai penerjemah tertulis dan bisa dikerjakan online, bisa mengerjakan di mana aja. Pendapatan penerjemah di Singapura kira-kira sebesar $3.000 per bulan.

Ilustrasi menata buku di perpustakaan. Photo by Samantha Hentosh on Unsplash
Ilustrasi menata buku di perpustakaan. Photo by Samantha Hentosh on Unsplash

Aktiflah memeriksa lowongan part time di kampus karena biasanya kampus akan menyediakan pekerjaan yang ditargetkan untuk mahasiswa yang membutuhkan pengalaman atau uang tambahan. #SGB_Family bisa mencoba untuk bekerja di perpustakaan sebagai asisten perpustakaan. Tanggung jawabnya adalah membantu pustakawan dengan audit buku dan mengaturnya. Biasanya, gaji menjadi asisten perpustakaan kira-kira $7 per jam.

Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Akson on Unsplash
Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Photo by Akson on Unsplash

Pelajar bukan kewarganegaraan Singapura dan masih kuliah full time di salah satu kampus di Singapura diperbolehkan untuk bekerja kalau memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Memegang Student Pass di Singapura
  • Harus sekolah di salah satu kampus yang ditentukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura.
  • Pertukaran pelajar yang melakukan modul studi di Singapura
  • Maksimal kerja 16 jam per minggu

Bekerja saat musim liburan juga diperbolehkan, bahkan nggak usah mengantongi izin dan tanpa lapor ke Kementerian Ketenagakerjaan Singapura sebelumnya. Tapi, tetap harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Sudah berumur minimal 14 tahun
  • Punya Student Pass yang dikeluarkan Immigration and Checkpoints Authority (ICA)
  • Jadi mahasiswa yang terdaftar pada instiusi pendidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Singapura.

Kalau #SGB_Family sedang menempuh pendidikan di Singapura, bisa banget memilih salah satu kerjaan part time buat mahasiswa di atas. Jangan lupa pastikan memenuhi syarat untuk bisa part time ya! Bagaimana, #SGB_Family makin tertarik menambah pengalaman dan uang saku dengan part time, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial