fbpx

Tips Dapat Skor IELTS Tinggi, Salah Satu Syarat Kerja di Singapura

  • August 19, 2020
  • Dibaca 12 kali
Tips Dapat Skor IELTS Tinggi

Ada yang bercita-cita ingin bekerja di Singapura? Ada beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Singapura. Salah satunya adalah harus punya kemampuan Bahasa Inggris yang bagus. Punya kemampuan aja nggak cukup tanpa dibuktikan dengan hasil tes IELTS yang bagus. Nah, #SGB_Team punya tips bagaimana caranya agar #SGB_Family bisa dapat skor IELTS yang tinggi. Simak terus tipsnya ya!

SGB Merchandise

Ilustrasi Orang Mencatat. Photo by Startup Stock Photos from Pexels
Ilustrasi Orang Mencatat. Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Sebelum mengambil tes IELTS, tentunya #SGB_Family harus paham dulu sistem dan skor IELTS. Ada dua jenis tes IELTS, yaitu The IELTS Academic (akademik) dan The IELTS General Training (umum). Kalau bertujuan untuk sekolah, #SGB_Family bisa mengambil tes akademik, sedangkan untuk bekerja #SGB_Family harus mengambil tes umum. Di setiap jenis tes ada 4 bagian, yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara).


Baik tes IELTS untuk akademik maupun umum, punya waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada materi tes Reading dan Writing yang diberikan. Waktu untuk mengerjakan tes IELTS adalah 30 menit untuk Listening, masing-masing 60 menit untuk Reading dan Writing, kalau Speaking antara 11-14 menit. Pemberian nilai pada tes IELTS ada pada rentang 1 sampai 9 di setiap bagian tes. Sedangkan skor yang akan #SGB_Family dapat adalah hasil dari rata-rata 4 skor bagian tersebut.

Tips Dapat Skor IELTS Tinggi
Ilustrasi Latihan Soal. Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Menyelesaikan latihan soal sudah jadi hal yang harus dilakukan kalau mau dapat skor IELTS tinggi. Bukan mengerjakan latihan begitu saja, tapi #SGB_Family harus konsisten setiap harinya menyempatkan diri untuk latihan soal 2 sampai 3 jam.

#SGB_Family bisa mendapatkan contoh soal secara online dari banyak sumber, salah satunya dari website IELTS. Setelah mengerjakan latihan soal dan mengetahui jawabannya, catat kosakata yang menurut #SGB_Family sulit dan hapalkan juga pahami maknanya.

Tips Dapat Skor IELTS Tinggi
Ilustrasi Menonton Film. Photo by Wes Hicks on Unsplash

Latihan Listening bisa dari menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris, mendengarkan musik atau podcast berbahasa Inggris. Rutin mendengarkan tujuannya untuk membiasakan diri dengan pengucapan dan aksen Bahasa Inggris.

#SGB_Family juga bisa menebak penulisan dan arti kata dalam dialog film atau musik sebelum melihat subtitle atau lirik. Setelah itu pastikan arti dan penulisannya dengan melihat kamus. Pilih tema yang #SGB_Family suka, agar berlatih tetap menyenangkan.

Ilustrasi Membaca Buku Bahasa Inggris. Photo by Min An from Pexels
Ilustrasi Membaca Buku Bahasa Inggris. Photo by Min An from Pexels

Gunakan setiap kesempatan untuk menggunakan Bahasa Inggris. Perkaya kosakata dengan menetapkan goals, misal 5-10 kosakata baru setiap harinya. #SGB_Family bisa memulai dengan membaca teks yang pendek kemudian tingkatkan sampai yang panjang dan hitung waktu kecepatan membaca dan memahami. Jangan lupa untuk menggarisbawahi kata yang masih asing atau sulit diingat.

Ajak orang lain di sekitar #SGB_Family untuk membiasakan berbicara Bahasa Inggris sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Menulis atau berbicara hal-hal yang sederhana pun usahakan menggunakan Bahasa Inggris agar semakin terbiasa. Jangan lupa untuk selalu meninjau setiap kemajuan yang #SGB_Family lakukan.

Ilustrasi Soal Ujian. Photo by iMattSmart on Unsplash
Ilustrasi Soal Ujian. Photo by iMattSmart on Unsplash

Tips untuk dapat skor IELTS tinggi saat sedang menjalani tes adalah membacaaca setiap pertanyaan kemudian garis bawahi kata kuncinya. ini penting dilakukan agar tidak terkecoh atau melewatkan kata kunci yang penting. Ada baiknya untuk mengubah kata kunci dengan kata-kata #SGB_Family sendiri agar lebih cepat paham.

Ilustrasi Soal Ujian. Photo by Annie Spratt on Unsplash
Ilustrasi Soal Ujian. Photo by Annie Spratt on Unsplash

Meski sudah sering mengerjakan soal latihan, #SGB_Family tetap harus membaca instruksi dengan teliti karena bisa saja instruksi atau soal yang ada berbeda dari latihan. Jangan sampai terkecoh dengan pertanyaan seperti bukan, tidak pernah, dan sejenisnya.

Tips Dapat Skor IELTS Tinggi
Ilustrasi Ujian. Photo by Roxanne Minnish from Pexels

Ada waktu 30-60 detik sebelum Listening dimulai, pastikan menggunakan waktu tersebut untuk membaca pertanyaan dan instruksi. Jangan langsung menjawab pertanyaan di lembar jawaban tapi di lembar soal dulu. Usahakan tidak melebihi 1 menit dalam menjawab soal, kalau sudah lebih dari 1 menit sebaiknya lanjut ke pertanyaan selanjutnya dulu.

Tips Dapat Skor IELTS Tinggi
Ilustrasi Cek Jawaban. Photo by Jeswin Thomas from Pexels

Pastikan semua jawaban sudah dipindah ke lembar jawaban ya. Jangan ada jawaban yang kosong meskipun ragu atau tidak tahu jawabannya. Saat tidak tahu jawabannya, tebaklah sebaik mungkin.

Dari skor 1-9, hasil tes IELTS untuk bisa kerja di Singapura adalah minimal 6,5. Untuk bisa dapat skor IELTS minimal 6,5 atau lebih tinggi, #SGB_Family bisa melakukan tips yang sudah #SGB_Team jelaskan. Kalau #SGB_Family sudah siap melakukan tes IELTS, #SGB_Family bisa mendaftar di kota terdekat. Sedangkan untuk biayanya, tes IELTS membutuhkan biaya Rp2.900.000. Jadi, udah siap tes IELTS dan bekerja di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×