fbpx

Baru: Ez-Link Contactless Singapura-Malaysia, Lebih Aman Deh!

  • August 18, 2020
  • Dibaca 98 kali

Berbagai inovasi dan kemudahan terus dikembangkan dalam bertransaksi di Singapura. Selain agar transaksi bisa dilakukan dengan cepat, sekaligus mengembangkan metode pembayaran cashless yang semakin penting dalam masa pandemic ini. EZ – Link contactless Singapura dan Touch ‘n Go Malaysia mengeluarkan terobosan baru untuk mempermudah transaksi bagi mereka yang sering bepergian ke kedua negara tersebut. Yuk baca lebih lengkap tentang Ez-Link contactless ini.

SGB Merchandise

Ez-Link contactless (IG:theonlinecitizen)

Dilansir dari channelnewsasia.com, EZ – Link dan Touch ‘n Go meluncurkan kartu lintas perbatasan dengan dua mata uang. Terobosan baru dan pertama di kedua negara ini akan memungkinkan penggunanya untuk menyimpan mata uang dolar Singapura dan ringgit Malayasia di dua dompet elektronik pada satu kartu yang sama. 

Kartu yang disebut EZ – Link x Touch ‘n Go Motoring Card ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas pilihan pembayaran di kedua negara. Sehingga, transaksi akan lebih mudah dilakukan serta sebagai upaya pencegahan tertular Covid-19. Adanya Ez-Link conctactless ini juga memungkinkan para pengendara memulai perjalanan lintas perbatasan antara Singapura-Malaysia yang perlahan mulai dibuka kembali dengan berlakunya Jalur Hijau Resiprokal.

Bisa untuk bayar parkir (Photo by Ruffa Jane Reyes on Unsplash)

Kartu hasil kerjasama dari EZ – Link contactless Singapura dan Touch ‘n Go Malaysia ini dapat digunakan di Singapura untuk pembayaran Electronic Road Pricing (ERP), biaya pemeriksaan tol, dan pembayaran parkir di beberapa tempat parkir. Praktis banget, kan?

Sedangkan di Malaysia, kartu ini dapat digunakan untuk membayar jalan bebas hambatan, biaya pemeriksaan tol, biaya parkir, MRT dan tiket bis. Kartu ini juga bisa digunakan di beberapa gerai retail Touch n’ Go. Satu kartu bisa untuk semua, nih!

7Eleven Singapore (IG:victdewi)

Pada tahap awal peluncurannya, Ez-Link Contactless ini hanya akan diterbitkan dalam jumlah terbatas dan bisa dibeli di toko resmi EZ – Link di Lazada Singapura mulai hari Senin seharga S$7.

Meski awalnya hanya tersedia di Lazada, namun pada akhirnya akan tersedia di toko 7 – Eleven di Singapura. Nantinya, kartu ini akan dijual seharga S$10 dengan kartu yang sudah terisi S$3 di dompet EZ – Link mulai September mendatang.

Pengisian ulang atau top up dompet EZ – Link dan dompet Touch ‘n Go dapat dilakukan di jalur umum Singapura ataupun Malaysia. Adanya kartu ini memberikan kemudahan, fleksibilitas sekaligus rasa aman melalui pilihan pembayaran contactless bagi pengendara yang harus sering melakukan perjalanan antara kedua negara.

Woodlands Check Point (IG: ida_in)

Setelah lebih dari 4 bulan ditutup akibat pandemic Covid-19, perbatasan Singapura-Malaysia telah mulai dibuka kembali. Namun tidak sembarang orang bisa bebas keluar masuk kedua negara tersebut. Mereka yang melintasi perbatasan harus mengikuti dua skema perizinan yaitu Jaur Hijau Resiprokal dan Pengaturan Komuter Berkala.

Jalur Hijau Resiprokal memberikan izin kepada wisatawan untuk memasuki negara untuk tujuan kunjungan jangka pendek. Wisatawan tersebut harus melakukan tes Covid-19 dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan dan mendapatkan sertifikat yang menyatakan hasil tes tersebut negatif dari laboratorium yang terakreditasi. 

Sertifikat tersebut harus ditunjukkan ketika tiba di Singapura. Selain itu, para wisatawan juga harus melakukan tes swab lagi ketika sampai dan tinggal di akomodasi sementara sampai didapatkan hasil tes tersebut negatif. 

Skema lainnya adalah Pengaturan Komuter Berkala yang mengizinkan imigrasi jangka panjang untuk urusan bisnis dan pekerjaan. Dalam izin ini, pengunjung harus tetap berada di negara tujuan selama setidaknya 90 hari sebelum melakukan perjalanan kembali ke negara asalnya. 

Pengunjung dengan skema ini hanya dapat masuk atau keluar melalui dua pos penjagaan darat yaitu Woodlands atau Tuas. Mereka juga harus mengikuti periode isolasi mandiri di rumah selama 7 hari dan tidak diizinkan naik kereta api atau bis sampai mereka dipastikan negatif Covid-19.

Selain Ez-Link contactless yang langsung pengen dimiliki, itulah beberapa update Singapura. Masih sabar kan menunggu bukanya tempat wisata Singapura untuk wisawatan mancanegara. Semoga nggak lama lagi, ya! Mau ajak siapa nih begitu sudah boleh liburan di Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial