fbpx

Tips Mengisi Arrival Card Singapura, Wajib Dilakukan Traveler!

  • August 16, 2020
  • Dibaca 25 kali
Tips Mengisi Arrival Card Singapura. Photo by Palu Malerba from Pexels

Setiap kali masuk ke Singapura, para traveler diwajibkan mengisi Disembarkation/Embarkation (DE). Nah, mulai tahun 2020, Singapura mengganti DE dengan Arrival Card yang harus diisi traveler. Apa sih Arrival Card itu dan bagaimana cara mengisinya? Simak ya tips mengisi Arrival Card Singapura biar bisa liburan ke Singapura!

SGB Merchandise

Ilustrasi Terminal di Bandara Changi. Instagram @changiairport
Ilustrasi Terminal di Bandara Changi. Instagram @changiairport

Sudah disinggung sebelumnya kalau dulu traveler yang akan masuk ke Singapura harus mengisi Disembarkation/Embarkation (DE). Nah, kartu yang biasa dikenal dengan white card ini harus diserahkan para traveler saat kedatangan di Singapura. Nah, Arrival Card ini adalah versi elektronik dari white card yang makin memudahkan traveler menuju Singapura.

Kemudahan yang didapat traveler bukan hanya dari segi pengisian data pribadi, detail pertanyaan, pernyataan kesehatan, tapi juga akan mempersingkat waktu selama di immigration clearance. Jadi, kalian hanya perlu menunjukkan Arrival Card aja saat sampai di titik perbatasan Singapura. Pengisian dan penggunaan Arrival Card ini gratis kok!

Tips Mengisi Arrival Card Singapura. Photo by Palu Malerba from Pexels
Gardens by the Bay Singapura. Instagram @jizellewandertales

Selain gratis, pengisian Arrival Card ini juga gampang banget lho! Kalian bisa memilih mengisi melalui aplikasi atau website. Kalian bisa download aplikasi SG Arrival Card di App Store atau Google Play. Bisa juga daftar online melalui website ICA. Setelah buka aplikasi atau masuk ke website-nya, akan ada pilihan Individual Submission dan Group Submission.

Kalau ingin mengisi informasi sebagai bagian dari sebuah grup bisa mengakses di Group Submission. Maksimal ada 10 orang per grup ya. Nah, kalau kalian ingin mengisi untuk pribadi, bisa akses Individual Submission.

Isi data  yang dibutuhkan, di antaranya adalah kapan akan datang ke Singapura, menggunakan akomodasi apa, tinggal di mana selama di Singapura, sampai kapan akan keluar dari Singapura. Selama adanya pandemi Covid-19, akan ada pertanyaan yang berhubungan seperti memiliki gejala penyakit tertentu, apakah sempat kontak dengan orang yang terkena Covid-19, sampai pernah mengunjungi beberapa daerah selama 7 hari sebelum keberangkatan ke Singapura.

Setelah mengisi data, jangan lupa untuk mengecek lagi kebenaran dan kelengkapannya. Kalian akan mendapatkan DE Number berupa barcode dan nomor unik yang tertera bersama informasi pribadi, seperti nama dan nomor paspor. DE Number bisa didownload dalam bentuk PDF kalau mendaftar lewat website, dikirim melalui email, atau tertera di aplikasi SG Arrival Card.

Photo by VisionPic .net from Pexels
Photo by VisionPic .net from Pexels

Semua traveler wajib mengisi Arrival Card dan bisa menggunakannya saat sampai di Singapura. Perlu diingat ya kalau Arrival Card bukan Visa ataupun sebagai pengganti Visa, ya. Visa Singapura yang masih berlaku tetap dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ke Singapura juga untuk perizinan masuk ke Singapura.

Visa masih dibutuhkan karena Arrival Card ini fungsinya hanya untuk informasi keberangkatan traveler. Kartu elektronik satu ini juga bisa menghindari penundaan saat di pos pemeriksaan izin imigrasi. Perlu diingat juga kalau kalian hanya transit di Singapura, nggak perlu mengisi Arrival Card ya.

Tips Mengisi Arrival Card Singapura. Photo by Palu Malerba from Pexels
Ilustrasi Bandara Changi. Photo by Stijn Dijkstra from Pexels

Mengisi informasi di Arrival Card bisa dilakukan maksimal 3 hari sebelum tanggal kedatangan di Singapura. Sedangkan hari kedatangan yang akan didaftarkan nggak boleh melebihi 14 hari setelah hari pengisian Arrival Card. Setelah mengantongi Arrival Card, kalian bisa datang ke petugas ICA yang ada di konter imigrasi saat udah sampai di Singapura. Di sana, kalian harus menunjukkan dokumen perjalanan kalian.

Selain Arrival Card, ada beberapa persyaratan lain yang juga harus dipenuhi sebelum dipertimbangkan untuk boleh masuk ke Singapura. Persayaratannya adalah:

  • Paspor yang masih berlaku maksimal sampai 6 bulan. Tenang #SGB_Team udah menjelaskan cara bikin paspor online kok!
  • Dana yang bisa menutupi kebutuhan kalian selama ada di Singapura
  • Visa Singapura
  • Kalau sudah punya tiket lanjutan atau tiket pulang yang sudah dikonfirmasi
  • Bukti kalau kalian diizinkan masuk ke negara tujuan kalian setelah dari Singapura, contohnya Visa
  • Yellow Fever Vaccination Certificate kalau ada

Nggak sulit kan untuk mengisi Arrival Card setelah membaca tips mengisi Arrival Card Singapura? Selain mudah, prosesnya juga nggak dipungut biaya sama sekali. Jadi, kalian sudah siap liburan ke Singapura?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×