fbpx

Tips Belanja di Toko Bebas Pajak Changi Airport Singapura, LAGI PROMO!

  • August 14, 2020
  • Dibaca 13 kali
FI Ilustrasi toko TWG Tea di Changi Airport. Instagram @changiairport

Changi Airport bukan aja punya fasilitas dan terminal keren, melainkan juga tempat hiburan dan toko yang beragam. Nah, di sini tersedia juga toko bebas pajak. Nantinya #SGB_Family bisa mengajukan GST refund setelah belanja. Yuk, kepoin tips belanja di toko bebas pajak Changi Airport, seperti dilansir dari nowboarding.changiairport.com.

Ilustrasi belanja online. Photo by Brooke Lark on Unsplash
Ilustrasi belanja online. Photo by Brooke Lark on Unsplash

Bandara Changi menyediakan ratusan toko yang menjual beragam produk mulai dari minuman, produk fesyen, sampai barang elektronik. Jika berencana belanja di sini, #SGB_Team sarankan untuk memakai aplikasi iShopChangi sebelum terbang. Apalagi kalau diburu waktu, sehingga #SGB_Family bisa lebih hemat waktu. Nantinya tinggal ambil barang belanjaan di pusat pengambilan bandara. #SGB_Family bisa belanja pakai aplikasi online 30 hari sampai 18 jam sebelum jam keberangkatan pesawat.

Ilustrasi toko bebas pajak di Changi Airport. Instagram @changiairport
Ilustrasi toko bebas pajak di Changi Airport. Instagram @changiairport

Bandara Changi mematahkan anggapan kalau toko di bandara memasang tarif mahal. Pasalnya, harga barang belanjaan di Changi Airport cenderung lebih murah daripada tempat belanja di area Singapura lainnya. Setidaknya semua barang harganya sekitar 7 persen lebih murah berkat adanya kebijakan refund GST (Good and Services Tax) atau dikenal juga sebagai Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Namun hanya berlaku pada toko berlabel bebas pajak alias tax free.

#SGB_Family akan menemukan barang yang mencantumkan harga tetap seperti tas karya desainer, perhiasan, jam, dan barang elektronik. Sementara, produk kecantikan biasanya 40 persen lebih murah daripada di area kota Singapura. Ternyata, merek di Changi Airport yang bagian dari chain store nggak boleh mematok harga lebih mahal daripada di pusat kota.

Ilustrasi beragam toko di Changi Airport. Instagram @changiairport
Ilustrasi beragam toko di Changi Airport. Instagram @changiairport

Changi Airport memang dikenal sebagai bandara terbaik dunia, salah satunya berkat fasilitas dan pelayanannya. Nah, rupanya bandara di Singapura ini juga menjadi tempat buat ratusan toko-toko terbaik. Ditambah lagi ada 140 pilihan makanan. Berhubung Changi Airport disinggahi oleh traveler dari berbagai negara, toko di sini pun menjual macam-macam merek mulai dari produk low-end sampai high-end termasuk karya desainer ternama.

Punya waktu lebih banyak di bandara, ada baiknya bandingkan dulu harga di berbagai toko sebelum putuskan untuk belanja. Terdapat dua cara, keliling langsung saat di bandara atau melalui aplikasi iShopChangi. Lebih disarankan bandingkan harga menggunakan aplikasi, mengingat ada banyak banget toko. Selain itu, barang belanjaan juga dicari berdasarkan merek maupun kategori.

Ilustrasi toko TWG Tea di Changi Airport. Instagram @changiairport
Ilustrasi toko TWG Tea di Changi Airport. Instagram @changiairport

Udah menemukan mau beli barang apa dan di toko yang mana? Saatnya memanfaatkan diskon dan voucher yang tersedia. Terdapat beragam jenis diskon dan voucher belanja. Misalnya yang diskon yang sedang berlaku sekarang adalah potongan harga dalam rangka Hari Nasional Singapura, bisa dicek di aplikasi iShopChangi. Salah satunya diskon sampai 55 persen dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Diskon ini berlaku sampai 16 Agustus 2020.

Ada juga voucher belanja dengan ketentuan harus naik maskapai tertentu, nantinya akan dapat voucher 20 persen. Misalnya Changi Transit Voucher kalau naik Singapore Airlines, SilkAir, atau Air New Zealand. Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada situs ini.

Ilustrasi kaya jam untuk oleh-oleh. Instagram @nikahmadfarhan
Ilustrasi kaya jam untuk oleh-oleh. Instagram @nikahmadfarhan

Kurang afdol rasanya kalau nggak menjajal beli makanan untuk dibawa pulang, bisa dimakan sendiri atau untuk oleh-oleh. Berada di Changi Airport, serasa di surga makanan. Sekitar 140 pilihan makanan tersedia di sini, mulai dari kuliner tradisional sampai kekinian.

Kalau beli makan untuk oleh-oleh sebaiknya beli yang awet, misalnya kaya (selai kelapa telur), bumbu jadi kuliner Singapura, TWG Tea, dan makanan lainnya. Daftar pilihan makanan di Changi Airport dapat dilihat pada situs ini.

Ilustrasi Terminal Changi Airport Singapura. Photo by Grace Lim on Unsplash
Ilustrasi Terminal Changi Airport Singapura. Photo by Grace Lim on Unsplash

Belanja dan makan di Changi Airport memang seru, tapi jangan sampai lupa waktu apalagi sampai ketinggalan pesawat. Nah, untuk menghindari hal tersebut, #SGB_Family bisa coba pakai aplikasi iChangi untuk traveler. Di sini, pengguna bisa tahu update jadwal penerbangan, peta terminal, daftar toko belanja dan tempat makan. Paling penting, ada alarm untuk mengingatkan jam penerbangan.

Changi Airport Terminal 3. Photo by Chuttersnap on Unsplash
Changi Airport Terminal 3. Photo by Chuttersnap on Unsplash

Belanja di toko Changi Airport Tax Free, #SGB_Family bisa mendapatkan pengembalian dana GST senilai 7 persen. Saat belanja, jangan lupa minta nota pembelian dan nota pengembalian dana alias refund. Tapi barang belanjaan harus senilai minimal $100 atau Rp1.000.000-an dalam satu toko. Sebelumnya, ketahui dulu syarat dan ketentuan pengajuan refund GST berikut:

  • Warga negara asing berusia di atas 16 tahun, bukan warga Singapura maupun penduduk tetap Singapura.
  • Nggak kerja di Singapura dalam kurun waktu 6 bulan sejak tanggal pembelian.
  • Bukan kru maskapai penerbangan, kapal laut, atau transportasi lain untuk keluar dari Singapura.
  • Melakukan transaksi dalam 2 bulan sejak tanggal permohonan untuk prosedur pengembalian pajak.

Kalau udah memenuhi syarat di atas, ikuti langkah-langkah pengembalian dana pajak. Lebih kurang seperti ini:

  • Datang lebih awal paling nggak 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Cari konter GST refund
  • Lakukan pengembalian pajak pada self-service eTRS machine
  • Isi data dan ikuti petunjuk
  • Menerima nota pernyataan penerimaan atau penolakan pengajuan refund
  • Kalau diterima, bisa langsung masuk ke bandara. Jika tak diterima, hubungi staf setempat agar nota dicek manual.
  • Check-in dan ambil uang di konter GST refund dalam bandara setelah konter imigrasi. #SGB_Family harus pergi ke dua konter GST refund, sebelum dan setelah check-in

Sebenarnya nggak hanya traveler yang bisa mengajukan GST refund saat belanja di Changi Aiport. Selain traveler pun bisa tapi hanya berlaku bagi member Changi Rewards saat belanja di area publik Changi Airport.

Changi Aiport
Airport Blvd, Singapore
Changi Airport
changiairport.com

Tips belanja di toko bebas pajak Changi Airport bakal berguna kalau #SGB_Family mau beli oleh-oleh langsung di satu lokasi. Bisa hemat waktu dan cenderung lebih hemat. Apa sih barang yang pengin dibeli saat jelajah toko di Changi Airport?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×