fbpx

Ditemukan Coronavirus di Frozen Food, Baca Keterangan Detailnya, Ya!

  • August 13, 2020
  • Dibaca 20 kali

Seperti yang banyak diberitakan, menurut penelitian, Covid-19 menyebar melalui droplet. Karenanya, salah satu cara pencegahan tertular Covid-19 adalah dengan mengenakan masker. Virus ini juga nggak bisa bertahan lama pada benda padat. Kabar terbaru, ternyata ditemukan coronavirus di frozen food udang di Cina. Seperti apa jelasnya? Baca terus, ya.

Ilustrasi makanan laut (Photo by Arina Ertman on Unsplash)

Dilansir dari channelnewsasia.com, sebuah kota di provinsi Anhui timur Cina menemukan coronavirus baru di kemasna udang dari Ekuador. Media pemerintah melaporkan hal ini pada hari Rabu, 12 Agustus. Ini merupakan contoh virus terbaru yang terdeteksi pada produk impor.

Ditemukan coronavirus di frozen food bagian luar yang dibeli oleh sebuah restoran di kota Wuhu. Hal ini ditemukan ketika pihak berwenang setempat melakukan pemeriksaan rutin, seperti yang disampaikan oleh televisi pemerintah Cina.

Ilustrasi frozen food (Photo by AM FL on Unsplash)

Disampaikan juga bahwa sejak Juli 2020, beberapa kota di China lainnya juga telah melaporkan kasus serupa, termasuk kota Xiamen dan Dalian yang akhirnya mendorong Cina menghentikan pembelian impor dari tiga prodesun udang Ekuador.

Produk yang terkontaminasi telah disimpan dalam freezer sejak pembelian. Bahkan semua produk terkait yang ada di kota tersebut telah ditutup.

Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash
Ilustrasi Tes Swab Covid-19. Photo by @unitednations on Unsplash

Tes asam nuklat untuk virus pada pekerja, makanan dan area dalam restoran, serta staf untuk perusahaan gorisr udang dan anggota keluarga, semuanya menunjukkan hasil negatif. Tes juga dilakukan pada staf, makanan, dan lingkungan restoran lain di kota yang juga menbeli udang tersebut.

Ditemukannya coronavirus di frozen food ini menyebabkan Covid-19 baru telah muncul di pasar makanan laut dan satwa liar di kota Wuhan, Cina pada akhir tahun lalu. Cina juga telah memulai pemeriksaan instensif untuk wadah daging dan makanan laut di pelabuhan utama, setelah wabah baru dikaitkan dengan pasar makanan grosir di Beijing pada Juni lalu.

Dalian Harbour (IG:zhizhi4125)

Dilansir dari thejakartapost.com, telah ditemukan Coronavirus pada frozen food impor yang tiba dari kota pelabuhan Dalian, yang baru-baru ini memerangi lonjakan kasus. Virus tersebut ditemukan pada kemasan luar makanan laut beku yang dibeli oleh tiga perusahaan di Yantai, kota pelabuhan di provinsi Shandong timur.

Disampaikan juga bahwa pemerintah kota Yantai menyatakan bahwa makanan laut itu berasal dari pengiriman impor yang mendarat di Dalian, tapi tidak membuka dari mana asalnya.

Beberapa makanan laut yang dibeli oleh tiga perusahaan Yantai telah diproses untuk diekspor, sedangkan sisanya disimpan di lemari pendingin dan belum masuk pasar. Pihak berwenang pun telah menutup gudang barang-barang tersebut. Setiap orang yang terlibat telah dikarantina dan dinyatakan negatif virus Corona.

Update covid-19 (unsplash)

Wabah terbaru Coronavirus di kota Dalian dimulai pada akhir Juli 2020. Seperti yang diberitakan, kasus pertama ditemukan di sebuah perusahaan pengolahan makanan laut. Hingga tanggal 9 Agustus 2020, Dalian telah melaporkan total 92 kasus positif Covid-19.

Air Purfier (IG;dr.organicmommy)

Sebelumnya, Covid-19 juga sempat tidak diyakini bahwa dapat disebarkan juga melalui partikel-partikel yang melayang di udara. Dilansir dari bbc.com, akhirnya Organisasi Kesehatan Dunia ini pun mengakui.

Dengan ini, artinya Covid-19 lebih berbahaya dari biasanya. Mencuci saja tidak akan cukup. #SGB_Family perlu menjaga agar sebisa mungkin tidak berada di dalam ruangan. Khususnya jika sirkulasi udara tidak baik.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan sirkulasi udara secara khusus. #SGB_Family bisa menambahkan filter pembersih udara dengan efisiensi tinggi (HEPA) protable atau lamuUV yang memungkinkan membunuh kuman.

Itulah berita terbaru tentang Covid-19. Semoga vaksin virus ini cepat ditemukan sebelum Covid-19 berevolusi dan menjadi jenis baru yang lebih berbahaya atau berita ditemukan Coronavirus di frozen food ini bisa menjadi kabar buruk terakhir. Pastikan #SGB_Family tetap mengenakan masker dan mencuci tangan, ya. Stay safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×