fbpx

5 Wisata Sejarah Instagenic di Bras Basah Singapura, OOTD Yuk!

  • August 10, 2020
  • Dibaca 15 kali

Kalau mau jalan-jalan sekaligus mempelajari budaya dan sejarah, bisa banget berkunjung ke wisata sejarah di Singapura. Selain terkenal di Chinatown, Little India, Kampong Glam, di Bras Basah juga ada lho! Nggak cuma kaya sejarah, tapi tempatnya juga instagenic. Cocok banget buat #SGB_Family yang pingin jelajah sejarah sekaligus dapat konten keren. Di mana aja sih wisata sejarah instagenic di Singapura? Catat daftarnya ya!

The Armenian Church (IG:nationalmonuments_sg)

The Armenian Church sudah dibangun sejak tahun 1835 dengan gaya yang megah. Saat berada di depan gereja, #SGB_Family bakal bisa melihat menara tinggi yang ada di bagian depan gereja juga tiang kokoh yang menopang atap. Nggak cuma tempat ibadah, gereja ini juga punya taman memorial dan museum yang ada di satu kawasan juga.

Wisata sejarah instagenic: The Armenian Heritage (IG:victor_neo)

Di bagian belakang gereja, terdapat The Memorial Garden dengan deretan batu nisan orang terkenal dari Armenia yang berjajar melengkung. Ada juga The Armenian Heritage Gallery, di mana #SGB_Family bisa menjelajah perjalanan komunitas Armenia di Singapura juga Asia sejak awal pemukiman sampai saat ini. Museum, perpustakaan, toko souvenir, dan banyak barang bersejarah di satu tempat. Super seru!

Gereja biasanya dibuka mulai dari 10am – 6pm. Namun, karena adanya Covid-19, jumlah pengunjung dibatasi dan harus membuat janji lebih dulu. Begitu pula kalau mau ke Gallery harus membuat janji minimal dua hari sebelumnya.

The Armenian Church
60 Hill St, Singapore 179366
10am - 6pm
City Hall
armeniansinasia.org

Wisata Sejarah Singapura Instagenic
Wisata Sejarah Instagenci: Asian Civilisations Museum. Instagram @janeenyay

Di Asian Civilisations Museum, #SGB_Family bisa menyaksikan warisan budaya dan seni Asia, terutama Singapura. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1997 dengan berbagai koleksinya yang menakjubkan. Tempat ini juga terhubung dengan Museum Raffles yang berdiri di pertengahan abad ke-19.  Beberapa di antara koleksinya ada benda dari perpustakaan dan museum Raffles di masa kolonial.

Asian Civilisations Museum. Instagram @eileenmak
Wisata Sejarah Instagenic: Asian Civilisations Museum. Instagram @eileenmak

Nggak cuma bisa belajar sejarah, di Asian Civilisations #SGB_Family juga bisa dapat tempat foto yang keren. Apalagi, di seberang museum ada deretan bola kaca besar yang unik. Dengan rerumputan yang hijau dan berlatar gedung merah serta bola kaca, pasti hasil fotonya bakal keren banget.

Setelah masuk fase 2 Covid-19, Asian Civilisations Museum sudah buka lagi dengan ketentuan baru. Sementara nggak bakal ada tur dengan pemandu atau program dan saat ke sini harus memperhatikan protokol kesehatan. #SGB_Family arus menggunakan SafeEntry saat masuk dan keluar, pengukuran temperatur, jaga jarak, selalu pakai masker, dan maksimal 5 orang dalam satu grup kunjungan.

Asian Civilisations Museum
Dewasa $8 (di atas 6 tahun), Pelajar, lansia (di atas 60 tahun), berkebutuhan khusus $4
1 Empress Pl, Singapore 179555
10am - 7pm, Jumat 10am - 9pm
Raffles Place
nhb.gov.sg/acm

Chijmes (IG:lecinlurvee)

Chijmes ditemukan di tahun 1852 dengan nama Caldwell House. Bangunan ini berubah fungsi jadi sekolah Katolik anak perempuan sampai tahun 1983. Sekarang, Chijmes jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Beberapa kegiatan bisa dilakukan sekaligus di sini, mulai cicip kuliner di banyak outlet restoran, tempat fitnes, sampai salon pun ada.

Chijmes (IG:dyepoi.p.da)

Dengan arsitektur megah yang tetap dipertahankan jadi salah satu daya tarik bangunan yang sekilas seperti gereja ini. Dengan jendela yang tinggi, ornamen keren, juga pepohonan rindang, banyak sudut yang membuat Chijmes jadi tempat keren untuk dijadikan latar foto.

Untuk tetap bisa ke Chijmes saat pandemi, harus mengikuti protokol kesehatan yang ada. Seperti tetap pakai masker dan jaga jarak saat berada di sini. Fasilitas drive-through juga sudah tersedia untuk outlet restoran di Chijmes.

CHIJMES
30 Victoria St, Singapore 187996
24 jam
Bras Basah
chijmes.com.sg

Wisata Sejarah Singapura Instagenic
National Gallery Singapore. Instagram @_girlaroundtheworld_

National Gallery Singapore menyuguhkan seni visual yang luar biasa. Punya koleksi publik terbesar dari Singapura dan Asia Tenggara yang bisa dinikmati. Museum ini terdiri dari dua gedung, yaitu bekas Supreme Court dan City Hall. Ada dua jembatan penghubung dua gedung tersebut dengan tiang berbentuk seperti pohon yang menopang atap dari kaca. Selain jembatan, interior di sekitarnya punya keunikan tersendiri untuk dijadikan latar foto.

Wisata Sejarah Singapura Instagenic
National Gallery Singapore. Instagram @thehappycrayon

Apalagi saat siang hari, cahaya matahari bisa memberikan efek bayangan dari atap kaca dan membuat hasil foto semakin keren. Di antara keindahan interior National Gallery Singapore, ada salah satu yang unik. Bangunan bekas Supreme Court ini punya dua kubah, yang besar bisa dilihat dari luar gedung dan yang kecil adalah kubah Rotunda. Kubah kecil ini bisa dilihat melalui teras Supreme Court dan bakal keren untuk dijadikan latar foto saat berada di tangga kayu di dekatnya.

National Gallery Singapore (IG:sgryokousha)

Sebelum ke sini, pastikan untuk beli tiket secara online lalu menukarkannya saat hari kunjungan di loket tiket. Selain itu, wajib menggunakan masker, melalui pengecekan suhu tubuh dan check-in dengan sistem SafeEntry sebelum masuk.

National Gallery Singapore
Gratis khusus orang Singapura (sampai 31 Agustus 2020)
1 St Andrew's Rd, Singapore 178957
10am - 7pm
Dhoby Ghaut
nationalgallery.sg

Wisata Sejarah Singapura Instagenic
National Museum of Singapore. Instagram @soonstergram

Wisata sejarah instagenic di Singapura selanjutnya nggak begitu jauh dari National Gallery Singapore, cukup jalan kaki sekitar 15 menit saja sudah sampai. Merupakan museum negara tertua sejak tahun 1887. Setiap tahunnya, National Museum of Singapore mengadakan berbagai kegiatan, salah satu yang paling banyak disukai adalah Night Festival. Di acara ini, #SGB_Family bisa melihat instalasi seni, pantulan cahaya di bagian fasad yang memukau.

Wisata Sejarah Singapura Instagenic
National Museum of Singapore. Instagram @mandyyy0301

Bangunan megah khas eksterior kolonial abad ke-19 dengan kubah besar di atasnya, menjadikan National Museum of Singapore menarik untuk dikunjungi. Apalagi jendela berukuran besar dan tinggi dengan kisi-kisi kayu yang nostalgic, cocok banget buat background foto.

Nggak jauh berbeda dari wisata sejarah instagenic sebelumnya, museum ini juga memiliki protokol kesehatan yang sama. Harus membeli tiket secara online, menjaga jarak, memakai masker, masuk menggunakan SafeEntry, dan maksimal 5 orang dalam grup sekali kunjungan.

National Museum of Singapore
Dewasa $15, Pelajar, lansia (di atas 60 tahun), berkebutuhan khusus $10
93 Stamford Rd, Singapore 178897
10am - 7pm
Dhoby Ghaut
nhb.gov.sg/nationalmuseum

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat keliling di Negeri Singa ya, nggak cuma bisa jalan-jalan atau cicip kuliner, tapi juga bisa berkunjung ke wisata sejarah instagenic di Singapura. Sudah bisa menambah wawasan, tapi juga sekalian bisa dapet foto instagenic! Jadi, mau berkunjung ke wisata yang mana dulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×