fbpx

Nongkrong New Normal? Ini Tips Agar Tetap Aman di Kafe dan Restoran!

  • August 10, 2020
  • Dibaca 12 kali

PSBB di Indonesia dan Circuit Breaker Singapura sudah berlalu. Beberapa bisnis, seperti tempat wisata Singapura dan pusat perbelanjaan kembali beroperasi dan bisa dkunjungi. Namun yang perlu diingat, Covid-19 masih di luaran sana. Mau tetap bisa nongkrong new normal? Perhatikan tips agar tetap bisa aman saat di kafe atau restoran. Catat, ya.

Risiko Nongkrong New Normal (IG:zebwalkerdesign)

Nggak sedikit kafe dan restoran yang sudah buka seperti biasa. Namun, sebelum memutuskan untuk nongkrong new normal, #SGB_Family hendaknya mempertimbangkan bagaimana risiko terinfeksi. Dimulai sejak kamu harus menyentuh pegangan pintu yang mungkin terkena virus.

Jika berhasil bebas dari kemungkinan menyentuh pintu, risiko terinfeksi lainnya adalah saat #SGB_Family duduk dan menyentuh meja ata kursi. Terlebih jika tanpa sadar langung menyentuh wajah. Maka #SGB_Family sudah berisiko terkena infeksi. Risiko serupa terjadi saat harus menyentuh alat makan. Ada baiknya kamu membawa alat makan sendiri.

Pertimbangkan juga jika pramusaji tempat kamu nongkrong new normal merupakan OTG (Orang tanpa gejala). Mereka dapat mencemari peralatan makan yang akan #SGB_Family gunakan. Mereka juga akan berada dekat dengan kamu saat mengantar makanan.

Pintu toilet (IG:eok.d)

Kalau #SGB_Family memutuskan untuk nongkrong new normal, ada banyak yang harus diperhatikan. Virus mungkin nggak akan ditularkan melalui makanan. Dilansir dari canberratimes.com.au, pendingin udara dapat membantu virus menyebar melalui udara. Mungkin dari orang yang terinfeksi di meja sebelah dan bersin atau batuk tak terkendali.

Bahkan, saat #SGB_Family berjalan ke kamar mandi, akan kembali berisiko karena harus menyentuh pintu dan permukaan lainnya. Pastikan menyediakan waktu untuk mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun.

Perlu diingat, jika tak mengeringkan tangan dengan benar, maka risiko akan lebih besar. Tangan yang basah lebih mungkin menangkap mikroba. Tangan akan sangat mungkin kembali terkontaminasi saat membuka pintu dan kembali ke meja. Menyediakan semprotan desinfektan mungkin bisa lebih praktis.

Alat pembayaran (Photo by Blake Wisz on Unsplash)

Tips lainnya saat nongkrong new normal adalah tentang pilihan alat pembayaran. Uang tunai bisa menjadi sumber infeksi. Meski berisiko, namun hingga kini belum ada bukti adanya kasus yang terkait uang.

Untuk berjaga-jaga, mungkin ada baiknya #SGB_Family menyiapkan pembayaran dengank kartu. Cara ini pun memiliki risiko saat #SGB_Family harus menyentuh alat untuk mengetik PIN. Bagaimana dengan pembayaran dengan e-money? Cara ini hanya perlu memberikan no teleponmu pada kasir, kan?

Protokol keamanan wisata Singapura
Ilustrasi orang cuci tangan. Photo by Jason Jarrach on Unsplash

Jika benar-benar tidak tahan berada di rumah saja dan memutuskan untuk menikmati makanan dan kopi sambil nongkrong new normal, ada beberapa hal yang bisa mengurangi risiko, meski tidak sepenuhnya. Tetap rajin cuci tangan dan keringkan tangan secara menyeluruh. Bawa selalu pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Pastikan untuk menghindari menyentuh wajah, termasuk menyeka mata. Apalagi menjilat jarimu. Makan dengan sendok dan garpumu sendiri, ya.

Yang nggak kalah penting dilakukan saat nongkrong new normal adalah menjaga jarak setidaknya 1.5 meter dari orang lain. Cafe atau restoran outdoor lebih baik, karena udara bisa dengan bebas dibersihkan.

Tips lain adalah memilih restoran yang meningkatkan standar kebersihan dan kesehatan. Meja dan tempat duduk diberi jarak yang wajar. #SGB_Family juga bisa memilih restoran yang sudah menyediakan pembatas plastik di setiap meja.

Perhatikan juga apakah cafe atau restoran pilihanmu membersihkan meja dan kursi secara teratur dengan menggunakan sanitizer kimiawi. Termasuk gagang pintu masuk dan kamar mandi.

Itulah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan saat memutuskan nongkrong new normal. Tips agar bisa aman dan meminimalisir risiko penularan juga sudah dijelaskan di atas. Perhatikan juga gejala Covid-19 yang mungkin muncul setelah keluar rumah. Jika memungkinkan, #SGB_Family tetep di rumah saja. Masih ada delivery, kok! Stay safe, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×