fbpx

Alat Pembayaran di Singapura, Cash sampai Digital!

  • August 9, 2020
  • Dibaca 176 kali

Buat #SGB_Family yang ingin tinggal di Singapura, baik itu untuk menempuh pendidikan atau bekerja, pasti harus merencanakan dan mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan Negeri Singa ini. Nah, salah satu hal yang penting adalah alat pembayaran yang berlaku di Singapura. Agar nggak keliru, simak ulasan yang dilansir dari internations.org dan mas.gov.sg berikut ini ya!

Ilustrasi pembayaran dengan uang tunai. Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash
Ilustrasi pembayaran dengan uang tunai. Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Alat pembayaran pertama di Singapura tentu saja uang tunai. Meski belakangan sudah banyak yang menggunakan cashless, tapi uang tunai masih dibutuhkan lho. Uang tunai bisa dijadikan untuk pembayaran bisnis yang lebih kecil, selain kafe, restoran, atau hotel. Contohnya saja saat #SGB_Family ingin mampir ke hawker centre, beberapa kios hawker masih membutuhkan pembayaran secara tunai.

Uang tunai juga bisa digunakan untuk pemberian tip, meski sebenarnya pelayanan di Singapura sudah ada 10% yang termasuk tip di dalamnya.

Ilustrasi penarikan uang di ATM. Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash
Ilustrasi penarikan uang di ATM. Photo by Nick Pampoukidis on Unsplash

Nah, untuk mendapatkan uang tunai pastinya harus mengambil di ATM. Tenang aja, banyak ATM tersedia di Singapura, seperti di bandara, stasiun MRT, atau pusat perbelanjaan. Kalau #SGB_Family menggunakan Visa atau MasterCard, maka akan lebih mudah mendapatkan ATM yang bisa diakses. Tapi kalau menggunakan kartu kredit dari negara asal, mungkin akan ada penarikan biaya untuk konversi mata uang asing.

Alat Pembayaran di Singapura
Ilustrasi pembayaran dengan kartu kredit. Photo by Clay Banks on Unsplash

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kartu kredit bisa digunakan untuk menarik uang tunai di ATM dan membutuhkan biaya tambahan. Sebagian besar kartu kredit bisa diterima di pusat perbelanjaan, hotel, atau fasilitas lainnya. Kalau akan melakukan tagihan yang besar, perlu memberikan detail kartu lebih dulu seperti untuk menyewa mobil, apartemen, atau untuk pengobatan.

Walaupun bisa pakai kartu kredit, tapi akan lebih memudahkan membuka rekening bank lokal. Jadi, lebih mudah kalau mau menarik uang tunai. Tapi, hal ini lebih baik dilakukan kalau memang ingin tinggal lebih lama di Singapura.

Alat Pembayaran di Singapura
Ilustrasi pembayaran non-tunai. Instagram @snnngorious

Pembayaran cashless atau non-tunai bisa dilakukan selain menggunakan kartu kredit. NETS adalah sebuah langkah awal jangka panjang untuk pembayaran tidak tunai. NETS Cash Card adalah kartu untuk pembayaran di toko ritel, telepon umum, mesin penjual otomatis, parkir mobil, atau jalan tol. Kartu ini bisa dibeli di pusat layanan NETS, toko Seven-Eleven, atau lokasi lainnya dan bisa diisi ulang maksimal sampai $500.

Ada juga alat pembayaran berupa kartu NETS FlashPay yang bisa digunakan untuk transportasi umum di Singapura. Selain itu, ada NETS Card yang dikeluarkan oleh bank ketika #SGB_Family membuka rekening di bank lokal. Kartu ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di toko retail, restoran, tempat hiburan, atau taksi.

Ilustrasi pembayaran digital. Photo by Markus Winkler on Unsplash
Ilustrasi pembayaran digital. Photo by Markus Winkler on Unsplash

Di Singapura terdapat beberapa dompet digital yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi. Tanpa menghitung kembalian, tanpa mengharuskan tangan bersentuhan dengan uang tunai, dompet digital menjadi salah satu pilihan yang memudahkan. Ada beberapa dompet digital, seperti SGQR, FAST, UPOS, dan PayNow.

SGQR (Singapore Quick Response Code)

Pembayaran yang menggunakan scan QR code atau pemindaian kode QR emang memudahkan pengguna karena cukup membuka aplikasi di HP, memindai, kemudian terbayar sudah tagihan yang ingin dilunasi. Tapi, banyaknya pembayaran menggunakan kode QR, menjadikan pengguna bingung mau menggunakan aplikasi yang mana yang bisa digunakan di kebanyakan tempat.

Nah, SGQR ini memungkinkan pengguna untuk memindai kode QR dari beberapa servis menjadi satu. Pembayaran ini bisa digunakan di tempat yang terdapat logo SGQR di tempat pemindaian kode QR-nya. Beberapa pembayaran yang bisa dilakukan adalah untuk MasterCard, Visa, DBS Paylah!, EzLink, GrabPay, UOB Mighty, OCBC PayAnyone, PayNow, dan beberapa servis lainnya.

FAST (Fast And Secure Transfers)

Layanan transfer dana elektronik ini bisa digunakan untuk mentransfer dana dollar Singapura dari satu bank ke lintas bank. Menggunakan FAST, bisa bertransaksi maksimal sampai $200.000. Yang bisa menggunakan servis ini adalah yang memiliki salah satu akun dari 20 bank yang berpartisipasi dengan FAST. Beberapa di antara 20 bank tersebut adalah CIMB Bank, Citibank, Maybank, juga OCBC Bank.

Sayangnya, FAST tidak bisa digunakan untuk transfer ke bank-bank yang tidak berpartisipasi dengan FAST. Kalau ingin transfer ke bank yang tidak berpartisipasi dengan FAST, bisa melalui Interbank GIRO. FAST juga hanya bisa digunakan untuk dollar Singapura di bank yang ada di Singapura.

PayNow

Hampir sama seperti FAST, PayNow juga memungkinkan pengguna untuk transfer dana hanya dengan menggunakan HP. Ada 9 bank yang bekerja sama dengan PayNow, beberapa di antaranya adalah Citibank Singapore Limited, Maybank, OCBC Bank, UOB, dan lainnya. Transfer menggunakan PayNow hanya menggunakan nomor HP atau NRIC / FIN Singapura, jadi tidak perlu tahu bank dan nomor rekeningnya.

Sama seperti di Indonesia, Singapura nggak hanya menyediakan pembayaran tunai aja ya. Jadi, buat #SGB_Family yang ingin tinggal di Singapura, bisa melakukan pembayaran dengan alat di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial