fbpx

Tips Terbang Jarak Jauh, Liburan Nanti Aman Tanpa Gangguan

  • August 6, 2020
  • Dibaca 203 kali

Sebelum banyak negara dibuka untuk turis dan traveling diizinkan, bakal seru liburan ke tempat yang jauh. Pesawat terbang jadi pilihan transportasi perjalanan jarak jauh. Hal ini dikarenakan nyaman dan jarak tempuh yang cukup singkat. Namun, namanya perjalanan jauh bisa jadi ada sedikit rasa nggak nyaman. Nah, untuk menghindari hal itu #SGB_Family bisa ikuti tips terbang jarak jauh yang dilansir dari skyscanner.net.

Tips Terbang Jarak Jauh
Ilustrasi memakai masker. Instagram @serxsl

Pakai baju yang nyaman selama penerbangan jarak jauh jadi salah satu kunci, nih. Jangan sampai #SGB_Family salah kostum dan bikin diri sendiri kurang nyaman. Kalau nggak tahan dingin, boleh banget pakai beberapa lembar pakaian soalnya bakal terpapar AC selama beberapa jam. Misalnya, pakai kaus, dilapisi kemeja, barulah sweater atau jaket. Jangan lupa untuk pakai masker, ya.

Sebaiknya pakai sepatu yang mudah dilepas. Jadi selama perjalanan nggak kedinginan, tapi kalau pengin dilepas pun gampang. Nah, untuk mengurangi rasa dingin, bisa juga pakai kaus kaki dulu.

Ilustrasi memilih kursi yang tepat. Photo by Suhyeon Choi on Unsplash
Ilustrasi memilih kursi yang tepat. Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Tips penerbangan jarak jauh yang nggak kalah penting selanjutnya adalah memilih posisi kursi yang tepat. Walaupun hal ini juga ditentukan oleh ketersediaan kursi, jadi ada baiknya #SGB_Family booking pesawat jauh-jauh hari dan check in awal. Masing-masing maskapai emang punya aturan tempat duduk, tapi paling nggak ada sejumlah aturan sederhana tentang kursi. Kalau ingin ruang kaki yang luas, pilih kursi dekat lorong. 

Kursi dekat lorong ini juga bisa dipilih kalau #SGB_Family tipe orang yang suka jalan atau bergerak di sekitar pesawat, mungkin untuk meregangkan badan. Kemudian, coba untuk nggak duduk di bagian depan pesawat apabila ingin menghindari tangisan anak. Karena biasanya spot itu merupakan tempat untuk persediaan khusus bagi bayi pada sejumlah penerbangan internasional.

Ilustrasi tidur di pesawat. Photo by Annie Theby on Unsplash
Ilustrasi tidur di pesawat. Photo by Annie Theby on Unsplash

Supaya badan segar ketika sampai di negara tujuan, #SGB_Family harus punya waktu dan kualitas tidur yang cukup. Maka siapkan peralatan yang bikin tidur makin nyaman. Misalnya selimut ringan, bantal leher, masker penutup mata, maupun penyumbat telinga jika diperlukan. Selain itu, bawa juga perlengkapan mandi pada tas kecil seperti sikat dan pasta gigi serta sabun cuci muka. Jadi sebelum mendarat atau saat tiba di bandara tujuan, #SGB_Family bisa segera menyegarkan wajah.

Tips Terbang Jarak Jauh
Ilustrasi membawa barang secukupnya. Photo by lutfi gaos on Unsplash

Apabila memungkinkan, usahakan bawa barang secukupnya dalam tas kabin. Supaya nggak ribet harus bawa tas berat, karena perjalanan panjang udah cukup menguras energi dan melelahkan. Jangan sampai dibuat ribet dengan barang overload. Jadi ada baiknya bawa 1 tas kabin dan 1 tas tangan atau tas punggung berukuran sedang. Sehingga barang penting bisa diletakkan di tas tangan/ tas punggung, lebih mudah mengambilnya saat perlu dalam perjalanan.

Ilustrasi camilan. Photo by Charles Deluvio on Unsplash
Ilustrasi camilan. Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Makanan tentunya tersedia pada penerbangan jarak jauh, tapi nggak ada salahnya membawa camilan sendiri. #SGB_Family bisa makan kapan saja saat perut bakal lapar. Sebaiknya bawa snack yang bikin kenyang, misalnya aja protein bar, cereal bar, atau buah kering. Nggak usah bawa terlalu banyak, secukupnya aja biar cukup ditaruh dalam tas tangan.

Ilustrasi meregangkan badan di pesawat. Photo by Steven Thompson on Unsplash
Ilustrasi meregangkan badan di pesawat. Photo by Steven Thompson on Unsplash

Selama perjalanan jauh, nggak jarang badan jadi pegal karena harus duduk selama seharian atau semalaman. Menyenangkan banget kalau ruang kaki cukup luas jadi bisa meregangkan badan di kursi. Saat lampu sabuk pengaman tidak menyala, #SGB_Family bisa coba jalan-jalan di dalam pesawat. Tentu dengan melihat waktu dan nggak membuat gaduh biar penumpang lain sama-sama merasa nyaman.

#SGB_Family juga bisa bangun tiap dua jam sekali dan melakukan olahraga kaki ringan di kursi untuk melancarkan sirkulasi darah. Ini nih alasan pentingnya memilih tempat duduk dengan area kaki yang luas.

Ilustrasi tetap terdehidrasi. Photo by Damir Spanic on Unsplash
Ilustrasi tetap terdehidrasi. Photo by Damir Spanic on Unsplash

Selain sirkulasi darah di kaki kurang lancar, risiko lain penerbangan jarak jauh adalah dehidrasi. Kabin pesawat terbang bisa jadi tempat yang kering. Maka rutin minum air secara perlahan dan teratur bakal membantu #SGB_Family tetap terhidrasi.

Selain itu, sebaiknya nggak minum terlalu banyak teh, kopi, maupun alkohol. Dehidrasi juga dapat memengaruhi kulit dan mata, coba bawa pelembap ukuran kecil untuk kulit dan obat tetes mata.

Tips Terbang Jarak Jauh
Ilustrasi membaca di pesawat. Photo by Mpumelelo Macu on Unsplash

Santai dan manfaatkan waktu dalam pesawat buat istirahat. Terdengar sepele, tapi cukup penting, loh. Selama penerbangan jarak jauh, #SGB_Family bisa sekalian bersantai apalagi nggak perlu bolak-balik cek pesan Whatsapp. Coba selesaiin buku yang masih dibaca setengah halaman atau tonton drama Korea kesukaan. Seru, kan? Perjalanan jarak jauh jadi bermanfaat juga.

#SGB_Family simpan tips terbang jarak jauh ini untuk nanti saat keadaan udah lebih aman dan bisa traveling nyaman tanpa khawatir. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan keamaan tiap maskapai penerbangan, ya. #SGB_Family punya cara lain biar perjalanan jarak jauh makin nyaman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial