fbpx

Hari Nasional Singapura 2020, Ada Pertunjukkan Cahaya di 10 Tempat Wisata Instagenic

  • August 5, 2020
  • Dibaca 439 kali

National Day atau Hari Nasional Singapura 2020 akan segera tiba tepatnya pada 9 Agustus, menandakan kemerdekaan negara ini selama 55 tahun. Sejak 1 Agustus 2020, #SGB_Family udah bisa menyaksikan sejumlah pertunjukan proyeksi digital dan cahaya di sejumlah monumen nasional. Yuk baca artikel ini untuk mengetahui di mana dan aturan apa yang harus dipatuhi kalau mau ikut parade.

Fort Canning Park. Instagram @alexdxb
Fort Canning Park. Instagram @alexdxb

Mengutip eresources.nlb.gov.sg/, 9 Agustus 1966 merupakan ulang tahun pertama kemerdekaan Singapura. Kala itu dilaksanakan pawai bernama Parade Hari Nasional yang diadakan di Padang, Singapura. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 23.000-an orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Pawai dimulai sekitar jam 9am setelah kedatangan presiden pertama Singapura, Yusof Ishak.

Selain pawai, ada juga pertunjukan kembang api di Fort Canning selama lebih kurang 90 menit dan float berbentuk naga raksasa yang berjalan di perairan sekitar. Pertunjukan budaya, makan malam, pidato, dan acara komunitas pun diselenggarakan sepanjang minggu ini untuk merayakan National Day.

National Museum of Singapore. Instagram @vincentphotogram
National Museum of Singapore. Instagram @vincentphotogram

Perayaan National Day di Singapura tahun ini cukup berbeda, mengingat masih masa pandemi Covid-19. Namun bukan berarti nggak ada perayaan, karena pada ulang tahun Singapura ke-55 ini #SGB_Family bisa menyaksikan pertunjukan proyeksi digital dan cahaya pada 10 tempat wisata Singapura di Bras Basah Precinct and Civic District. Menurut todayonline.com, masing-masing karya proyeksi itu mempunyai kisah tersendiri.

Daftar 10 monumen dan institusi nasional yang akan bertabur cahaya putih merah dan menampilkan pertunjukan proyeksi digital adalah:

  • The Armenian Church: 60 Hill Street, Singapore 179366
  • Asian Civilisations Museum (ACM): 1 Empress Place, Singapore 179555
  • Cathedral of the Good Shepherd: A Queen Street, Singapore 188533
  • Central Fire Station: 62 Hill Street, Singapore 179367
  • CHIJMES: 30 Victoria Street, Singapore 187996
  • Esplanade – Theatres on the Bay: 1 Esplanade Drive, Singapore 038981
  • National Gallery Singapore: 1 St Andrew’s Road, Singapore 178957
  • National Museum of Singapore: 93 Stamford Road, Singapore 178891
  • The Arts House: 1 Old Parliament Lane, Singapore 179429
  • Victoria Theatre and Victoria Concert Hall (VTVCH): 9 Empress Place, Singapore 179556

Selain pertunjukan proyeksi digital pada 10 monumen, akan dilaksakan National Day Parade 2020 di Padang dan The Star Performing Arts Center di Star Vista. Melansir channelnewsasia.com, parade kali ini merupakan acara khusus dengan tingkat keamanan tinggi di bawah Public Order Act (undang-undang ketertiban umum di Singapura). Area di sekitar dua lokasi itu pun ditetapkan sebagai kawasan khusus yang tingkat keamanannya diperketat.

Hari Nasional Singapura
Pertunjukan proyeksi digital dan cahaya dalam rangka National Day Singapore. Instagram @claudio.chock

Perayaan ulang tahun Singapura ke-55 dilaksanakan di Bras Basah.Bugis (BBB) karena kawasan ini salah satu distrik tertua yang muncul pada peta GD Coleman pada 1835. Dulunya area ini bernama Brass Bassa. Sampai kini, banyak monumen, karya seni, dan museum yang berlokasi di BBB. Seperti Museum Nasional Singapura, Museum Seni Singapura, Museum Peranakan, dan Museum Filateli Singapura, dan masih banyak lainnya.

Bisa dibilang, Bras Basah.Bugis ini wilayah unik perpaduan warisan budaya masa lalu dengan seni kontemporer dan arsitektur bangunan nan indah. BBB merupakan pusat kota modern yang berkembang pesat terutama pada komunitas industri kreatifnya, seperti dilansir dari nhb.gov.sg.

Hari Nasional Singapura
National Gallery Singapore. Instagram @stanley_chee

#SGB_Family tertarik mengikuti kegiatan ini? Berikut beberapa barang yang dilarang:

  • Benda atau zat berbahaya
  • Beragam jenis suar, generator asap, sinyal marabahaya, dan segara perangkat yang biasanya digunakan untuk memberi sinyal, penyelamatan, peringatan, dan tujuan serupa.
  • Minyak atau bahan yang mudah terbakar.
  • Bahan yang mudah meledak dan senjata.
  • Cat semprot atau segala benda yang biasa digunakan untuk grafiti.
  • Segala bentuk pengeras suara.
  • Drone.

Selain daftar di atas, masih ada sejumlah larangan yang dapat #SGB_Family intip di channelnewsasia.com/. Nantinya semua kendaraan dan orang yang masuk ke area khusus akan di-screening. Setiap orang yang datang juga diwajibkan mengenakan masker dan menjaga jarak.

National Day Singapore
Bras Basah.Bugis, Padang, dan The Star Vista
Bras Basah.Bugis: 1 - 30 Agustus 2020 7.30pm - 12am | Padang: 9 Agustus 2020 5am - 2pm | The Star Vista 9 Agustus 2020 3pm - 11.59pm
Bugis
nhb.gov.sg

Buat #SGB_Family yang lebih nyaman menyaksikan dari rumah, program dan perayaan Hari Nasional Singapura 2020 juga dilaksanakan via online pada situs resmi masing-masing monumen. Untuk informasi lebih lanjut bisa ikuti update di sini, ya. Stay safe, all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial