fbpx

Cara Bikin Akun Bank di Singapura Cukup Scan Wajah, Makin Gampang!

  • August 5, 2020
  • Dibaca 3 kali
FI Ilustrasi fitur digital. Photo by William Iven on Pixabay

Di era modern dan masa pandemi Covid-19, layanan digital semakin meningkat salah satunya bikin akun bank di Singapura yang cukup pakai scan wajah. Teknologi bernama SingPass Face Verification ini berlaku untuk pemegang SingPass yang akan mendaftar untuk layanan perbankan digital DBS. Sebelum memanfaatkan fasilitas scan wajah ini, ketahui dulu cara bikin akun bank di Singapura seperti dilansir dari straitstimes.com. Baca untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Cara Bikin Akun Bank di Singapura
Ilustrasi daftar akun bank via handphone. Photo by Gerd Altmann on Pixabay

SingPass Face Verification adalah aplikasi yang menggunakan teknologi pencocokan wajah yang berbasis dari data biometrik pemerintah Singapura. Pada data ini terdapat scan wajah dan identitas lebih kurang 4 juta warga Singapura usia 15 tahun ke atas. Data tersebut digunakan juga untuk paspor dan NRIC (National Registration Identity Card) alias kartu identitas warga Singapura. 

Sejauh ini SingPass Face Verification digunakan untuk tujuan resmi seperti verifikasi di pos pemeriksaan perbatasan dan sejumlah gedung pemerintah untuk membatasi hak akses masuk. Kini, nggak cuma badan pemerintah, melainkan sektor swasta pun bisa menggunakan identitas digital tersebut untuk transaksi online lebih tepatnya bikin akun bank di Singapura. DBS Bank menjadi sektor swasta pertama yang melakukan uji coba layanan ini, nantinya juga terintegrasi pada aplikasi digibank.

Ilustrasi kartu kredit. Photo by Ahmad Ardity on Pixabay
Ilustrasi kartu kredit. Photo by Ahmad Ardity on Pixabay

Berdasarkan straitstimes.com, lebih dari 100 warga senior dan mahasiswa di ITE College West udah mencoba daftar akun DBS dengan fitur SingPass Face Verification. Uji coba  ini dilakukan awal Juli 2020. Kelebihan scan wajah untuk daftar akun bank DSB online yaitu pengguna nggak perlu khawatir kalau lupa PIN atau harus menyediakan ATM, kartu kredit, atau debit. 

Selain itu, pengguna nggak perlu menunggu sampai beberapa hari hanya untuk mengaktifkan akun bank digital mereka. Rencananya pada akhir 2020, DBS juga akan mengintegrasi SingPass Face Verification untuk mendaftar produk dan layanan lain milik DBS.

Ilustrasi scan wajah. Photo by Jerzy Gorecki on Pixabay
Ilustrasi scan wajah. Photo by Jerzy Gorecki on Pixabay

Untuk bikin akun bank secara online, diperlukan SingPass Face Verification. Nah, sebelumnya #SGB_Family harus punya akun SingPass alias Singapore Personal Access. SingPass adalah identias digital yang berfungsi untuk mengakses di lebih dari 60 agen pemerintah secara online dan aman. Selain warga negara dan penduduk tetap Singapura, pengguna yang bisa mendaftar akun SingPass haruslah mempunyai salah satu dari pemilik izin berikut:

  • Employment Pass dan Personalised Employment Pass
  • EntrePass
  • S-Pass
  • Dependant Pass (of EP, PEP, EntrePass and S-Pass)
  • Long Term Visit Pass-Plus (LTVP+)
  • Long Term Visit Pass
  • Work Permit

Kalau mau bikin akun SingPass, bisa langsung klik di sini, ya. Pendaftar SingPass harus berusia 15 tahun ke atas. Setelah itu, instal aplikasi SingPass Mobile. Pilih layanan digital di beranda, verifikasi identitas dengan sidik jari, scan wajah, atau kode sandi 6 digit, lalu akan diarahkan ke layanan yang dipilih.

Cara Bikin Akun Bank di Singapura
Ilustrasi fitur digital. Photo by William Iven on Pixabay

Dengan adanya integrasi antara SingPass Face Verification dengan digibank, memudahkan warga Singapura yang ingin mendaftar akun bank online. Nggak perlu memasukkan nomor ATM, kredit atau kartu debit, maupun PIN yang sesuai. Identitas cukup pakai scan wajah. Selain itu, beberapa bulan mendatang pelanggan baru juga dapat memindai wajah mereka dari jarak jauh untuk verifikasi diri tanpa harus mengunggah gambar NRIC mereka atau datang ke lokasi misalnya untuk buka rekening bank.

#SGB_Family mau buka akun bank secara online, ikuti tata cara berikut:

  • Instal aplikasi digibank DBS terbaru.
  • Pilh jenis identitas: NRIC, kartu identitas Malaysia, atau paspor.
  • Masukkan nomor identitas.
  • Pilih SingPass Face Verification untuk memverifikasi pengguna.
  • Ambil selfie.
  • Foto akan dicocokkan dengan catatan terbaru dalam database biometrik pemerintah Singapura.
  • Setelah pencocokan berhasil, DBS akan mengirim kata sandi satu kali (OTP) ke nomor ponsel terdaftar pengguna melalui SMS.
  • Masukkan OTP dan buat ID pengguna untuk mendaftarkan akun online supaya bisa mengakses layanan mobile banking.
  • Data wajah nggak akan disimpan oleh bank.

Nah, bisa disimpulkan kalau mau daftar akun DBS dengan scan wajah, harus memiliki akun SingPass. Jadi makin gampang deh cara bikin akun bank di Singapura, karena nggak perlu keluar rumah. Tetap aman dan bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada digibank. Gimana, siap liburan tanpa repot? Langsung pratekkan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×