fbpx

Tips Magang di Google Singapura buat Mahasiswa, Siap-siap dari Sekarang!

  • August 2, 2020
  • Dibaca 187 kali
Magang di Google Singapura

Magang di Google bisa dibilang menjadi cara menyerap semua ilmu sebelum bekerja full time, baik di Google maupun perusahaan lain. Kantor Google Singapura berada di area Mapletree Business City. Hampir setiap tahun Google menerima lamaran magang dari orang dengan beragam latar belakang pendidikan, mulai dari mahasiswa S1 sampai yang udah lulus. Gimana sih tips magang di Google Singapura? Simak yuk ulasan berikut.

Magang di Google Singapura
Kantor Google di Singapura. Instagram @lilfreak95

Menurut news.efinancialcareers.com, durasi magang di Google sekitar 14 minggu dan dilaksanakan antara Mei dan September. Gaji magang di Google Singapura lebih kurang $1.300 atau Rp14.000.000 per bulan, seperti yang tertera pada glassdoor.com. Pendapatan bergantung juga pada posisi yang diduduki dan projek yang dilakukan.

Magang di Google Singapura nggak harus berasal dari pendidikan teknik. Ada juga pekerjaan Finance, People Operations, Marketing, dan Legal. Selain itu, apa sih kerjaan yang dilakukan Googler, sebutan untuk pekerja Google? 

Nah, ada tim advertising dan Cloud yang membantu bisnis lokal dan multinasional, tim kemitraan (partnership) mendukung kreator, developer, dan publisher di seluruh kawasan. Untuk pekerja di bidang teknis, mereka membangun produk baru dan produk global seperti Google Play, sesuai dengan yang dikatakan pada situs resmi Google Singapura.

Untuk syarat magang, tergantung pada latar pendidikan yang #SGB_Family miliki. Nantinya, tim dari Google akan melakukan interview dan mengarahkan sebaiknya #SGB_Family terlibat pada projek apa. Tenang aja, magang di Google Singapura ini layaknya bekerja pada umumnya. Jadi selesai magang, #SGB_Family benar-benar bakal dapat mengasah skill dan pengalaman penting. 

Lowongan magang di Google Singapura dapat dilihat di careers.google.com/locations/sing/. Setelah magang di sini, emang nggak menjamin #SGB_Family bakal jadi pekerja full time di Google Singapura. Tapi projek yang dilakukan selama magang bakal memengaruhi pencarian kerja selanjutnya, baik di Google maupun perusahaan lain.

Ilustrasi interview kerja. Photo by Jonathan Borba on Unsplash
Ilustrasi interview kerja. Photo by Jonathan Borba on Unsplash

Melalui medium.com, seorang pekerja magang Software Engineer membagikan pengalaman proses interview di Google Singapura. Sebelum apply, siapkan resume 1 lembar aja berisi pengalaman kerja maupun projek yang berhubungan dengan posisi yang #SGB_Family incar di Google Singapura. Selain itu harus menguasai ilmu teknis yang berhubungan dengan posisi magang. Tips magang di Singapura satu ini berguna buat proses interview.

Ahmad Izzan, nama intern tersebut, menyampaikan bahwa dia melewati 5 proses seleksi. Gambarannya seperti ini:

  1. Phone Screening Round: interview melalui telepon dengan tim HR (Human resources) selama 20 menit. Pertanyaan seputar pengetahuan dasar algoritma dan struktur data.
  2. Phone Technical Interview 1: interview dengan Google Engineer. Di sini Ahmad Izzan diberikan kasus/soal yang berhubungan dengan algoritma, struktur data, dan atau pemrograman yang berorientasi pada objek tertentu.
  3. Phone Technical Interview 2: Menyelesaikan 2 kasus/soal.
  4. Host Matching: kemampuan pelamar akan dicocokkan dengan host atau bidang yang ada di Google Singapura. Kalau nggak ada yang cocok, maka bisa aja nggak diterima. Pengisi mengisi formulir tentang keterampilan dan preferensi projek yang diinginkan, serta menulis essay.
  5. Hiring Committee: resume, hasil interview, dan problem yang dikerjakan pelamar dikirim kepada hiring committee yang berjumlah lebih dari satu orang. Mereka akan diskusi apakah pelamar akan diterima atau tidak. Pada proses ini ada 3 kemungkinan: diterima, ditolak, atau menjalani interview lagi.

Kalau diterima, #SGB_Family akan diberi penawaran gaji atau istilahnya paket kompensasi. Setelah itu, tim perekrut dari Google Singapura akan mengirimkan surat penawaran resmi. Pada tanggal yang disepakati, #SGB_Family bisa mulai magang.

Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Zac Ong on Unsplash
Ilustrasi tempat tinggal di Singapura. Photo by Zac Ong on Unsplash

Biaya hidup di Singapura cukup beragam bergantung pada prioritas pengeluaran masing-masing tapi untuk kebutuhan pokok lebih kurang $750-$2.000 atau Rp8.000.000-Rp21.000.000 per bulan. Setidaknya siapkan biaya untuk tempat tinggal, listrik, air, makan, transportasi, pulsa/ paket internet, asuransi kesehatan, dan pengeluaran pribadi. Rinciannya kira-kira seperti ini:

  • Akomodasi $200-$700 atau Rp2.000.000-Rp7.000.000-an
  • Utilitas (termasuk air dan listrik) $40-$100 atau Rp400.000-Rp1.000.000-an
  • Makan 3 kali sehari $300-$450 atau Rp3.000.000-Rp4.500.000-an ($10-$15 per hari)
  • Transportasi $50 atau Rp500.000-an
  • Telekomunikasi $50 atau Rp500.000-an
  • Pengeluaran pribadi $100 atau Rp1.000.000-an
  • Asuransi kesehatan mulai dari $60 atau Rp600.000-an per bulan

Nah, #SGB_Family bisa pilih dari setidaknya 4 jenis tempat tinggal. Di antaranya hostel mahasiswa $1.700 atau Rp18.000.000-an per semester, apartemen private untuk mahasiswa $1.500 atau Rp16.000.000-an per bulan, Housing Development Board (HDB atau rumah subsidi dari pemerintah Singapura) $1.000–$2.000 atau Rp10.000.000-Rp20.000.000-an per bulan, dan condo/studio flat $1.000 atau Rp10.000.000-an per bulan.

Untuk informasi tempat tinggal di Singapura, #SGB_Family bisa intip di student.com/sg/singapore dan universityliving.com/singapore/singapore.

Magang di Google Singapura
Ilustrasi mahasiswa magang. Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Kalau #SGB_Family adalah mahasiswa yang kuliah di Indonesia alias mahasiswa nggak kuliah di Singapura, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk bisa kerja. Melansir dari mom.gov.sg/passes-and-permits/training-employment-pass/, mahasiswa asing harus punya izin kerja bernama Training Employment Pass. Izin kerja ini nggak bisa diperbarui dan valid hingga 3 bulan. Dokumen yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Paspor
  • Keterangan lengkap tentang program magang; seperti tujuan, tipe training, lokasi, dan durasi.
  • Dokumen pendidikan seperti ijazah. Kalau masih kuliah, siapkan surat pernyataan dari institusi pendidikan tempat #SGB_Family kuliah, menyatakan bahwa pelamar sedang proses menyelesaikan studi dengan melakukan magang. Selengkapnya lihat di sini.

Syarat dan ketentuan untuk bisa magang di Singapura:

  • Training attachment (magang/ kerja) yang dilakukan di Singapura merupakan bagian dari program studi kuliah.
  • Belajar di institusi yang ditentukan oleh MOM dan atau gaji bulanan tetap (fixed monthly salary) di perusahaan minimal $3.000 atau Rp32.000.000-an. Lihat daftar institusi di situs ini.
  • Disponsori (diterima) oleh perusahaan terdaftar Singapura.

Terkait panduan magang di Singapura buat mahasiswa asing bisa dibaca di artikel ini.

Google Singapura
Mapletree Business City: 70 Pasir Panjang Rd, #03-71, Singapore 117371
Senin - Jumat 8.30am – 5.30pm
Labrador Park
google.com.sg/about/careers/locations/sing

Nah, sekarang udah kebayang kan gimana caranya magang di Google Singapura. Tapi berhubung sekarang masa pandemi, belum diketahui ada lowongan magang atau tidak. Pastikan dengan cek di careers.google.com/locations/sing/. #SGB_Family berencana magang di posisi apa, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×