fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru July 30, 2020

Jewel Changi Sudah Aman Dikunjungi, Yuk Intip Sebersih Apa

Bagikan

Apa yang paling dikangenin dari Singapura? Salah satunya pasti Jewel Changi yang memang sangat fenomenal. Air terjun indoor terbesar di dunia ini memang punya pesona sendiri. Ada banyak yang bilang, belum ke Singapura kalau nggak melihat Jewel dari dekat. Kini Jewel Changi sudah aman dikunjungi. Cek protokol keamanannya, ya.

Jewel Changi (IG:e.k.k.u)

Dilansir dari straitstimes.com, selama penutupan delapan minggu, atraksi Jewel Changi yang sebelumnua penuh oleh pengunjung itu dikosongkan. Kurang dari seperenam toko, juga gerai makanan dan minuman yang tetap buka.

Kathleen David, selaku Manajer Keuangan Jewel Changi akhirnya kembali ke bandara setelah berbulan-bulan tertinggal jauh. Jewel Changi sudah aman dikunjungi. #SGB_Family di Singapura bisa kembali menikmati air terjun indoor tertinggi di dunia tersebut. Termasuk mendapatkan makanan favoritmu.

“Sudah beberapa bulan sejak kami mengunjungi Jewel, tetapi Rain Vortex luar biasa seperti sebelumnya dan kami merasa aman. Mal itu bersih dan tidak penuh sesak, ”katanya bersemangat.

Persiapan Jewel Changi (PHOTO: TED CHEN)

Selama penutupan, staf Jewel beraksi di balik layar. Staf dilatih untuk beroperasi dalam pandemi, sebelum kasus pertama Covid-19 melanda Singapura. Hal ini berdasarkan pengalaman Bandara Changi sebelumnya dengan penyakit menular seperti H1N1 dan sindrom pernapasan akut (Sars).

Pembersihan Jewel Changi (PHOTO: TED CHEN)

“Kami selalu merencanakan pandemi besar berikutnya,” kata Mr Muhammad Fithri Abdul Jaffar, 33, manajer senior Jewel untuk pengalaman ritel. Termasuk memiliki rencana krisis dan kesinambungan bisnis sebelumnya, seperti prosedur pengecekan suhu dan rencana karantina untuk pengunjung yang tidak sehat.

Pokemon Store (PHOTO: TED CHEN)

Ketika akhirnya dibuka kembali untuk turis domestik, Jewel Changi sudah aman. Team yang beranggotakan sekitar 60 keryawan melakukan outsourcing pembersihan tempat, harus menyeimbangkan protokol kebersihan dan pembersihan yang ketat dengan pengalaman pelanggan dan harapan penyewa lebih dari 280 restoran dan toko.

“Untuk penyewa dengan pengikut besar seperti Pokemon, Shake Shack dan A&W, kami bekerja dengan mereka untuk meletakkan spidol lantai dan menawarkan ruang, seperti koridor umum, sehingga mereka dapat mengakomodasi pelanggan sambil memastikan mereka menjaga jarak yang aman,” kata Pak Fithri.

Pihak Jewel membantu para penyewa. Tim Pak Fithri berbicara kepada penyewa secara teratur untuk memahami tantangan mereka dan membantu menerapkan langkah-langkah manajemen yang aman dan benar.

Sky Net (PHOTO: TED CHEN)

Jewel Changi sudah aman dikunjungi, beberapa tempat juga siap menerima pengunjung. Sebelumnya, Canopy Park, taman dalam ruangan seukuran 11 kolam renang untuk Olimpiade di lantai paling atas Jewel sudah dibuka untuk umum mulai 3 Juli 2020 kemarin.

Pihak pengelola memperkerjakan kembali para staf dengan tugas-tugas lain, yaitu mengelola keramaian dan menegakkan langkah-langkah manajemen yang aman. Tempat lainnya adalah permukaan dengan sentuhan tinggi dan area bermain seperti Mirror Maze dan Sky Nets. Keduanya dilapisi dengan agen desinfektan yang disebut SDST, dapat bertahan selama 6 bulan.

Mirror Maze di Jewel (IG:ohitsdianne)

Lapisan ini berfungsi sebagai antimikroba yang dibuat di Amerika Serikat dan disetujui oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS. Perannya untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur setelah kontak dan tetap berada di tempatnya. Bahkan nggak hilang setelah digosok dan dibersihkan berulang kali.

Lapisan ini bahkan melindungi rumput di area bermain untuk anak-anak. Pihak Jewel mengaku sering membersihkan area dengan sentuhan tinggi. Hal ini disampaikan oleh Alex Foo, seorang manajer di tim Experience Retail Jewel.

Sertifikasi SG Clean dari STB

Tindakan cepat untuk meningkatkan tingkat keamanan dan kebersihan telah membuah hasil. Jewel Changi sudah aman, hal ini dibuktikan dengan penerimaan sertifikasi SG Clean dari Singapore Tourism Board. Pusat perbelanjaan pun terlihat mulai dikunjungi.

Julian Hu, selaku eksekutif senior di Jewel’s Guest Experience menyampaikan bahwa wisata Singapura satu ini kini membatasi pengunjung hingga 25% dari kapasitas normalnya. Pihak Jewel juga menyampaikan komitmennya untuk memastikan Jewel terus menjadi tujuan yang aman bagi semua orang dengan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Pengunjung bisa yakin bahwa kesehatan dan kesejahteraan mereka sangat penting dan pihak pengelola juga berharap para pengunjung bisa menikmati momen-momen indah di Jewel Changi meski masih ada kekhawatiran tentang Covid-19.

Nah, #SGB_Family yang berada di Singapura bisa sejenak menghibur diri bersama keluarga di wisata Singapura satu ini. Jewel Changi sudah aman, kok. Jangan lupa untuk tetap menggunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain. Untuk #SGB_Family yang di luar Singapura, sabar dulu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial