fbpx
Topik / Artikel
Tips July 29, 2020

Tutorial Naik Kereta KTM Singapura – Malaysia, Harga Mulai $5 Saja!

Bagikan

#SGB_Family sedang berada yang berada di Singapura bisa sekalian menyempatkan diri liburan ke Malaysia. Nggak perlu naik pesawat, bisa pakai kereta aja. Tepatnya kereta KTM Intercity yang menghubungkan Singapura, Malaysia, dan Thailand. #SGB_Family berangkat dari Woodlands Train Checkpoint, Singapura menuju Johor Bahru Sentral (JB Sentral), Malaysia. Yuk simak tutorial naik kereta KTM Singapura Malaysia. Perhatikan, ya!

Tutorial naik kerata KTM Singapura Malaysia
Ilustrasi kereta KTM Berhad. Instagram @deezzullens.la.photographie

Untuk mencapai Malaysia dari Singapura naik kereta KTM Intercity, #SGB_Family harus beli tiket terlebih dahulu. Tiket yang disediakan dari Woodlands Train Checkpoint menuju Johor Bahru Sentral (JB Sentral) hanya ada satu jenis yaitu ekonomi dengan harga $5 atau Rp55.000-an untuk sekali jalan. Harga tiket dari JB Sentral ke Woodlands Train Checkpoint $2 atau Rp17.000-an. Tiket bisa dibeli melalui situs resmi KTMB.

Sebaiknya #SGB_Family beli sekalian tiket pulang pergi secara online maupun langsung di Woodlands Train Checkpoint. Tiket KTM Singapura-Malaysia ini cepat habis terutama saat weekend. Tiket bisa dibeli 60 hari sebelum jadwal keberangkatan.

KTM Intercity di Malaysia menyediakan 4 jenis kelas, sebagai berikut:

  • Superior Night Sleep: kapasitas 40 kasur susun yang dilengkapi fasilitas toilet.
  • Aircond Premier Class: kursi dengan susunan 2 dan 1 dan fasilitas toilet.
  • Aircond Superior Class: kapasitas 60 kursi dengan ruang kaki yang cukup luas dan fasilitas toilet.
  • Aircond Economy Class: kapasitas 74 kursi dengan susunan 2-2 menghadap ke depan dengan sandaran lengan dan toilet. 

Harga tiket masing-masing kelas bervariasi dan tergantung tujuan akhir. Misalnya dari JB Sentral ke Gemas di Negeri Sembilan, harga tiket mulai dari $7 atau Rp72.000-an. Sementara untuk kursi kelas 2 sekitar $10 atau Rp100.000-an, ruang tidur kelas 2 $12,5 atau Rp130.000-an, dan kabin mewah mulai dari $36 atau Rp380.000-an.

Ilustrasi KTM Berhad. Instagram @deezzullens.la.photographie
Ilustrasi KTM Berhad. Instagram @deezzullens.la.photographie

Rute KTM Intercity nggak hanya Woodland-JB Sentral, ada beragam rute yang menghubungkan wilayah di Malaysia. Berikut rute populernya:

  • Johor Bahru – Woodlands
  • Johor Bahru – Segamat
  • Johor Bahru – Gemas
  • Gemas – KL
  • Gemas – Mentakab
  • Gemas – Jerantut
  • Gemas – Kuala Lipis
  • Gemas – Gua Musang
  • Gemas – Krai
  • Gemas – Tanah Merah
  • Gemas – Pasir Mas
  • Gemas – Wakaf Baharu
  • Gemas – Tumpat
  • Woodlands – Johor Bahru
  • Gemas – Johor
  • Tumpat – Johor Bahru

Setelah tiba di JB Sentral, #SGB_Family bisa keliling Malaysia naik KTM Intercity. Tinggal pilh aja mau jalan-jalan ke wilayah mana dengan pilihan jadwal keberangkatan. Misalnya dari JB Sentral ke Gemas, ada 3 jadwal keberangkatan kereta yaitu pukul 9.15am, 2pm, dan 8.35pm. Rute dan jadwal selengkapnya bisa dicek di situs resmi KTMB.

Ilustrasi MRT di Singapura. Photo by Euan Cameron on Unsplash
Ilustrasi MRT di Singapura. Photo by Euan Cameron on Unsplash

Sebelum naik KTM Intercity menuju Malaysia, #SGB_Family harus sampai dulu di Woodlands Train Checkpoint. #SGB_Family bisa naik MRT maupun bus. Kalau berangkat dari Orchard MRT station, maka naiklah ke arah Marsiling MRT station. Berdasarkan rome2rio.com/, terdapat MRT menuju Marsiling setiap 5 menit sekali dengan harga tiket $1-$3 atau Rp10.000-Rp30.000-an. Perjalanan ini makan waktu sekitar 45 menit. 

Dari Orchard Road pun bisa naik bus menuju halte Blk 183-Ten Mile Junction station-Woodlands Train Checkpoint dengan jarak tempuh kira-kira 58 menit. Harga tiketnya sekitar $1-$6 atau Rp10.000-Rp60.000-an.

Ilustrasi paspor Singapura. Instagram @taurusqueen83
Ilustrasi paspor Singapura. Instagram @taurusqueen83

#SGB_Family harus tiba di stasiun kereta minimal 30 menit sebelum kereta berangkat karena harus melewati dua imigrasi, Singapura dan Malaysia. Apalagi menurut blog.moneysmart.sg, pintu keberangkatan akan ditutup 10 menit sebelum kereta berangkat. 

#SGB_Family akan melewati imigrasi Singapura untuk scan paspor dan sidik jari di gerbang otomatis. Setelah tiba di area Malaysia, kamu juga akan melalui bagian imigrasi untuk cek paspor. Lalu, letakkan tas di mesin scan untuk dicek. Kalau udah aman, tinggal ambil tas dan naik ke kereta. Ketika kembali ke Singapura dari Johor Bahru Sentral, #SGB_Family hanya perlu scan paspor di scanner otomatis. Nggak perlu menunjukkan boarding pass.

Kari kepala ikan di Restoran Kam Long Curry Fish Head. Instagram @whatisdigesting
Kari kepala ikan di Restoran Kam Long Curry Fish Head. Instagram @whatisdigesting

Setibanya di JB Sentral, #SGB_Family bisa mengunjungi beragam tempat wisata di Johor Bahru. Misalnya The Old Temple Of Johor Bahru yang usianya lebih dari 130 tahun. Dari stasiun, cukup jalan kaki sekitar 20 menit. Kulineran pun bisa ke Johor Bahru Kam Long Curry Fish Head. Kamu hanya perlu jalan kaki kira-kira 15 menit. Lanjutkan ke Johor Bahru City Square buat belanja. Untuk ke sini, #SGB_Family juga cuma perlu jalan kaki 20 menit.

Setelah baca tutorial naik kereta KTM Singapura Malaysia, #SGB_Family nggak perlu ragu lagi buat jalan-jalan ke Malaysia di akhir pekan. Nggak perlu beli tiket pesawat, cukup naik kereta dengan harga terjangkau. Bahkan kalau punya waktu lebih banyak, boleh banget sekalian ke wilayah lain di Malaysia selain Johor Bahru. Gimana, mau ajak siapa nih untuk berpetualang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial