fbpx

Tiong Bahru Bakery, Toko Roti Prancis Pertama di Singapura

  • July 28, 2020
  • Dibaca 23 kali
Tiong Bahru Bakery di Singapura

Sama seperti Chinatown, Little India, atau Kampong Glam, Tiong Bahru adalah salah satu destinasi wisata yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Singapura. Selain banyak kafe unik dan spot instagenic, kawasan ini juga memiliki toko roti yang terkenal enaknya. Menjual kudapan khas Prancis, nggak bakal nyesel deh mencicipi roti di Tiong Bahru Bakery Singapura. 

Tiong Bahru Bakery. Instagram @sabaipare
Tiong Bahru Bakery. Instagram @sabaipare

Tiong Bahru jadi salah satu kawasan wisata wajib dikunjungi kalau sedang liburan di Singapura. Daerah ini merupakan kawasan historis dengan cerita masa lalu yang kaya sejarah. Berawal dari dulunya yang merupakan kawasan pemakaman kemudian pada tahun 1930-an berubah jadi tempat yang menarik.

Beberapa bangunan masih bertahan dari dulu hingga sekarang, salah satunya Kuil Oi Tiang Gong. Perubahan penampilan tradisional kemudian bercampur dengan modern membuat kawasan Tiong Bahru penuh dengan perpaduan antara budaya tradisional dan modern. Nggak heran kalau di sini banyak kedai kopi kuno sampai tempat yang kekinian. Salah satunya Tiong Bahru Bakery yang menjadi toko roti Prancis pertama di Singapura.

Pembuatan Croissant. Instagram @dyutima_myfoodlens
Pembuatan Croissant. Instagram @dyutima_myfoodlens

Roti di Tiong Bahru Bakery dibuat oleh koki bernama Gontran Cherrier asal Prancis. Nggak heran kalau menu yang ada di sini khas negara tersebut. Sang koki datang dari Prancis beberapa kali dalam setahun untuk mengembangkan menu, kontrol kualitas, dan menyapa para pelanggan.

Tiong Bahru Bakery di Singapura
Tiong Bahru Bakery. Instagram @antoncruz

Ia adalah generasi keempat dari keluarga pembuat roti yang kini memutuskan untuk berjalan di jalannya sendiri. Cherrier sudah jatuh cinta dengan roti sejak kecil dan mulai belajar membuat roti dengan kakeknya.

Meski sudah berdiri sendiri, Gontran Cherrier tetap mempertahankan teknik memanggang tradisional turun temurun dari keluarganya. Tapi tetap, dengan gayanya sendiri dan disesuaikan dengan selera internasional. Cara memperlakukan rotinya pun berbeda dari negara asalnya karena punya iklim yang berbeda.

Tiong Bahru Bakery di Singapura
Kouign Amann. Instagram @tiongbahrubakery

Salah satu roti andalan di Tiong Bahru Bakery di Singapura ini adalah Kouign Amann, sebuah roti renyah yang manis. Roti berbentuk bulat ini adalah roti mentega dengan beberapa pilihan rasa. Ada rasa original, coklat, kismis, dan apel.

Croissant Mushroom. Instagram @tiongbahrubakery
Croissant Mushroom. Instagram @tiongbahrubakery

Salah satu pelanggan Tiong Bahru Bakery menyarankan untuk membeli roti andalan ini karena kelezatannya, renyah di luar dan agak kenyal di tengahnya. Kalau ingin membayangkan seperti apa Kouign Amann, bisa membayangkan perpaduan croissant dan cinnamon rolls tanpa kayu manis.

Menu lain yang nggak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah croissant yang bisa dipadu-padankan jadi manis atau gurih. Pecinta manis mungkin akan tertarik dengan  Almond Chocolate Croissant. Tapi kalau lebih suka yang gurih, bisa banget pesan croissant berlapis isian gurih, seperti Roast Beef Croissant Sandwich atau Brie & Roasted Mushroom Croissant.

Tiong Bahru Bakery di Singapura
Bangunan Tiong Bahru Bakery. Instagram @rain.travelonearth

Nggak cuma menyediakan roti yang enak, Tiong Bahru Bakery juga punya tempat yang nyaman. Akan sangat menyenangkan kalau memakan croissant di outdoor sambil menikmati pemandangan dan angin segar. Nilai plus lainnya dari tempat ini adalah #SGB_Family bisa menjadikan Tiong Bahru Bakery jadi tempat foto instagenic.

Spot Instagenic Tiong Bahru BakeryInstagram @prettyfrowns
Spot Instagenic Tiong Bahru BakeryInstagram @prettyfrowns

Dengan jendela lebar, cahaya akan sangat mudah masuk ke dalam jadi bisa menghasilkan foto yang bagus. Sebelum makan di sini, bisa juga mengambil foto OOTD di depan gedung dengan perpaduan warna putih dan turquoise ini. Mintalah bantuan teman untuk mengambil foto agak jauh dari toko jadi bisa menangkap gambar seluruh gedung serta langit biru.

#SGB_Family juga bisa memanfaatkan tanaman di depan atau samping Little Elephant Singapore yang ada di seberang Tiong Bahru Bakery. Kalau kebetulan sedang berbunga, bakal cantik banget deh hasilnya!

Redhill MRT Station. Instagram @dianaohy
Redhill MRT Station. Instagram @dianaohy

Setelah mampir sarapan di Tiong Bahru Bakery, nggak ada salahnya untuk jalan-jalan keliling Tiong Bahru. Suka baca buku? #SGB_Family mungkin akan suka saat mampir ke BooksActually dengan koleksi bukunya yang dijual mulai dari $10. Bisa juga mampir ke Woods in the Books yang menjual buku anak. Lumayan, bisa buat oleh-oleh.

Belanja fashion di DGA Threads juga bisa jadi pilihan karena di sana menjual berbagai jenis pakaian, mulai dari outer, atasan, bawahan, hingga asesorisnya. Tapi kalau ingin jalan-jalan aja, bisa banget mencari spot instagenic di sekitar Tiong Bahru. Setelah puas berkeliling Tiong Bahru, saatnya cari makan siang di Tiong Bahru Plaza karena di sana ada yang menjual makanan murah dan halal.

Tiong Bahru Bakery
Mulai dari $3,5
56 Eng Hoon Street #01-70 Singapore 160056
8am - 8pm
Outram Park
tiongbahrubakery.com

Makin nggak sabar kan untuk cicip menu yang ada di Tiong Bahru Bakery di Singapura ini? Dengan harga cukup terjangkau dan tempat yang nyaman, #SGB_Family bisa menikmati seporsi croissant dengan kopi panas di pagi hari deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×