fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru July 28, 2020

Nekad Terbang Tanpa Masker? Hati-hati Di-Banned!

Bagikan

Setelah memberlakukan berbagai batasan, banyak yang negara yang membuka pintu untuk perjalanan lintas negara. Bahkan Dubai sudah membuka pintu untuk wisatawan setelah mengklaim sebagai Destinasi Aman bagi turis. Salah satu protokol new normal adalah tetap menggunakan masker. Nekad terbang tanpa masker bisa membuatmu di-banned dari maskapai, lho. Baca terus untuk keterangan lebih lanjut.

Delta Airlines (IG:@diecastryan)

Dilansir dari travelpulse.com, pesawat dari maskapai Delta Airlines memutuskan dengan tujuan Atlanta putar balik ke Detroit karena ada penumpang yang terbang tanpa masker. Menurut laporan, dua penumpang menolak menggunakan masker selama penerbangan. Akhirnya, pesawat kembali ke Bandara Metro Detroit di pinggiran kota Romulus.

Juru bicara Delta Airlines menyatakan bahwa penerbangan ditunda karena ada penumpang yang tidak mematuhi instruksi kru. Penggunaan masker selama penerbangan sudah termasuk dalam serangkain peraturan terbaru untuk penerbangan selama pandemi.

Maskapai Delta (IG: delta)

Delta Airlines termasuk yang sangat tegas menegakkan peraturan ini. Seperti yang banyak diketahui, menggunakan masker adalah cara yang mudah dan sederhana untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19.

Pihak maskapai juga mengumumkan bahwa penumpang dengan kondisi kesehatan yang akan berbahaya jika terus menggunakan masker akan memerlukan evaluasi medis virtual. Dan, jika tidak memungkinkan, operator akan meminta penumpang mempertimbangkan kembali keputusannya untuk bepergian.

“Kami mendorong pelanggan yang dilarang memakai topeng karena kondisi kesehatan untuk mempertimbangkan kembali perjalanan,” kata Delta dalam sebuah pernyataan.

“Jika mereka memutuskan untuk bepergian, mereka akan disambut terbang setelah menyelesaikan konsultasi virtual sebelum keberangkatan di bandara untuk memastikan keselamatan semua orang, karena tidak ada yang lebih penting.

American Airlines (IG:americanair)

Maskapai akan menindaklanjuti penumpang yang bersikeras terbang tanpa masker. Dilansir dari edition.cnn.com, New York Airlines membuat ancaman agar melarang penumpang tersebut untuk ikut penerbangan di masa depan karena menolak menggunakan masker.

Delta Airlines juga menjadi maskapai terbaru yang mengumumkan larangan bagi sejumlah penumpang yang tidak mematuhi kebijakan industri untuk menggunakan masker.

“Sejauh ini, untungnya hanya ada segelintir kasus, tetapi kami telah melarang beberapa penumpang dari perjalanan di masa depan dengan Delta karena menolak untuk mengenakan masker,” tulis CEO Ed Bastian dalam memo kepada karyawan Delta.

American Airlines juga telah mengambil langkah untuk melarang penumpang, Brandon Straka yang diminta turun dari penerbangan New York ke Dallas karena memaksa terbang tanpa masker. Straka akan diizinkan kembali terbang ke Amerika setelah kebijakan menggunakan masker dicabut. Bisa jadi peraturan ini juga akan diberlakukan oleh maskapai lainnya, lho.

Karyawan Delta (IG:delta)

CEO Delta, Bastian menyampaikan bahwa pihaknya membela kebijakan tegas sebagai hal penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan penumpang, juga awak pesawat. Sangat penting untuk mematuhi pedoman keselamatan dan kesehatan yang telah dibuat agar tetap aman.

Bastian juga mengungkapkan bahwa dari 500 karyawannya telah diuji positif Covid-19 sejak Maret 2020 lalu, dan 10 di antaranya meninggal dunia. Dengan sekitar 90.000 karyawan, tingkat infeksi karyawan Delta kira-kira sejalan dengan populasi nasional. Selain penegakan aturan penggunakan masker, maskapai ini juga tidak akan menjual kursi tengah hingga setidaknya 30 September 2020.

Qatar Airways (IG:ifa_cr)

Aturan lebih ketat diberlakukan oleh Qatar Airways. Dilansir dari dailymail.co.uk, face shield wajib digunakan oleh penumpang kelas ekonomi. Pelindung wajah ini harus selalu digunakan di atas masker selama penerbangan.

Semua penumpang akan mendapat peralatan keselamatan yang berisi face shield, masker, sarung tangan, juga hand sanitizer berbahan dasar alkohol. Aturan ini tidak berlaku bagi penumpang kelas bisnis karena mereka mendapat ruangan yang lebih private.

Itulah beberapa peraturan baru untuk menggunakan transportasi udara. Pastikan #SGB_Family nggak bersikeras terbang tanpa masker kalau nggak mau dapat masalah, ya. Jika memang nggak ada kepentingan yang sangat mendesak, lebih baik tetap di rumah. Stay safe, all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial