fbpx

6 Kuliner Sarapan Khas Singapura Murah, Mulai $3 Sudah Kenyang!

  • July 27, 2020
  • Dibaca 198 kali

Mau sarapan saat berada di Singapura, nggak usah bingung. Di sini tersedia banyak pilihan kuliner yang bakal #SGB_Family temuin di pagi hari. Mulai dari yang ringan seperti kaya toast sampai yang mengenyangkan banget seperti nasi lemak. Mau tahu apa aja kuliner sarapan khas Singapura? Yuk simak ulasan berikut.

Kuliner sarapan Singapura
Kaya toast. Instagram @eatwhattonight

Kaya toast adalah roti tawar panggang diolesi selai kaya. Olesan ini terbuat dari campuran kelapa dan telur. Nah, kaya toast nggak disantap sendirian. Biasanya dimakan bareng telur rebus setengah matang (soft-boiled egg) dan secangkir kopi hitam. Tempat makan penjual kaya toast menyediakan roti tawar tradisional, roti gandum, roti bulat, maupun semacam baguette. Uniknya, roti tawar ini biasanya dipanggang di atas panggangan arang.

Menyantap kaya toast dan telur rebus setengah matang ini ada caranya sendiri. Pertama, telur direbus dulu dalam panci. Lamanya tergantung tingkat kematangan yang diinginkan. Untuk mendapatkan telur setengah matang, paling nggak direbus antara 7-10 menit. Setelah itu, telur dipecahkan dalam mangkuk kecil. Celupkan kaya toast ke dalam telur. Sesekali minumlah kopi yang disediakan. Ada banyak tempat yang menjual hidangan ini, salah satunya adalah Killiney Kopitiam.

Killiney Kopitiam
Kisaran $3 - $5
67 Killiney Road, Singapore 239525
Senin, Rabu - Sabtu 6am - 10pm, Selasa&Minggu 6am - 6pm
Somerset
killiney-kopitiam.com

Kuliner sarapan Singapura
Fried carrot cake. Instagram @xlbcr

Apa yang terbayang waktu dengar kata fried carrot cake? Kuliner sarapan khas Singapura ini bukan berbentuk cake, tapi seperti telur dadar tebal. Isian fried carrot cake adalah irisan lobak putih atau disebut white carrot, acar lobak (chai poh), dan tepung kue. 

#SGB_Family juga bakal nemuin versi lebih krispi, karena adonan carrot cake digoreng di atas kocokan telur dan potongan white carrot. Makan fried carrot cake biasanya pakai saus manis. Untuk mendapatkan carrot cake, diperlukan dua cara memasak. Pertama dikukus dulu, lalu dipotong kotak-kotak, barulah digoreng. Penasaran rasanya? #SGB_Family bisa mencobanya di berbagai hawker centre, seperti Chomp Chomp Food Centre.

Carrot Cake
Kisaran $3 - $5
20 Kensington Park Road, Chomp Chomp Food Centre, Singapore 557269
4pm - 12.30am
Serangoon Gdn Circus

Lor mee. Instagram @nicfoodventure
Lor mee. Instagram @nicfoodventure

Kuliner sarapan di Singapura selanjutnya adalah lor mee yang merupakan makanan khas Hokkien. Lor atau jus alami dari daging direbus beberapa jam dengan rempah, kaldu daging, putih telur, dan tepung jagung. Kemudian disajikan dengan mie kuning pipih.

Biasanya ditambah bahan makanan lain seperti daging babi rebus, ikan goreng tepung, fish cake, dan bakso goreng. Untuk topping, ada telur rebus, semacam sambal, daun ketumbar, dan irisan bawang mentah. Nggak lupa ditambah cuka beras hitam yang bisa ditambah ke dalam kuah sebanyak yang #SGB_Family suka. Salah satu tempat yang terkenal dengan kuliner ini adalah Lor Mee 178.

Lor Mee 178
Kisaran $3 - $4
Tiong Bahru Market & Food Centre: Seng Poh Road #02-23, 168898, Singapore
7am - 2.30pm
Tiong Bahru

Kuliner sarapan Singapura
Chwee kueh. Instagram @today_i_had

Chwee kueh, kalau diterjemahkan artinya ‘kue air’. Dinamakan seperti itu karena bahan utamanya air dan beras putih. Kemudian dimasak dalam cetakan aluminium kecil dan dikukus. Chwee kueh diberi topping acar lobak (chai poh) dan dimakan dengan saus cabai. Tiga komponen yang bikin chwee kueh enak adalah tekstur agak padat dari kueh, rasa asin manis seimbang, dan saus cabai. Jadwalkan sarapan menu ini di Jian Bo Shui Kueh kalau sedang berada di kawasan Tiong Bahru, ya.

Jian Bo Shui Kueh
Kisaran $3 - $5
Tiong Bahru Market & Food Centre: 30 Seng Poh Road #02-05, 168898, Singapore
6.30am - 9pm
Tiong Bahru
jianboshuikueh.com

Roti prata. Instagram @jackmagnifico
Roti prata. Instagram @jackmagnifico

Roti prata berarti roti pipih khas India Selatan yang punya tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Konon, roti prata ini terinspirasi dari resep pancake khas Punjab di India. Cara membuat roti prata cukup sederhana, adonan dipipihkan lalu dibumbui dengan ghee (mentega India) dan digoreng. Nah, #SGB_Family harus makan roti prata ini pakai kari ikan atau daging kambing. Perpaduan sempurna, deh. 

Versi original prata biasanya nggak berisi atau diberi telur, tapi sekarang ada juga isi keju, coklat, es krim, bahkan durian. Setelah makan roti prata, jangan lupa minum teh tarik khas dengan rasa manis yang pas. #SGB_Family bisa mencobanya di Zam Zam Singapore atau restoran India lainnya yang tersebar di Singapura.

Zam Zam Singapore
Kisaran $3 - $17
697-699 North Bridge Rd, Singapore 198675
7am - 11pm
Bugis
zamzamsingapore.com

Nasi lemak. Instagram @missha
Nasi lemak. Instagram @missha

Kuliner sarapan di Singapura berikutnya adalah nasi lemak yang merupakan makanan khas Melayu. Dalam satu porsi, #SGB_Family bakal merasakan nasi yang telah dimasak dengan santan dan daun pandan, ditambah ikan goreng, otah, ikan bilis goreng, irisan telur, timun, dan tentunya sambal pedas.

Selain nasi lemak Melayu, ada juga versi Tionghoa yang berbeda pada lauk. Biasanya dimakan dengan ayam kecap, ikan goreng tepung, paha ayam goreng, dan kari sayur maupun daging. Coba singgah di Tree Coconut Nasi Lemak dan sarapan menu ini sebelum mulai petualanganmu jelajah Negeri Singa.

Tree Coconut Nasi Lemak
Mulai $3,80
166 Jln Besar, Singapore 208877
8.30am - 3pm
Bugis
instagram.com/treecoconut.sg

Enam kuliner sarapan khas Singapura di atas bisa jadi pilihan saat #SGB_Family lagi pengin sarapan di luar dengan harga murah. Modal $3 udah bisa makan kenyang di kedai favorit. #SGB_Family suka sarapan pakai apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial