fbpx

5 Tempat Pottery di Singapura, Liburan Anti-Mainstream dan Instagenic

  • July 24, 2020
  • Dibaca 30 kali
Tempat Pottery di Singapura

Kalau ke Singapura hanya jalan-jalan rasanya sudah biasa. Nah, ada nih liburan anti-mainstream yang bisa dilakukan saat ada di Negeri Singa. Ada beberapa tempat pottery di Singapura yang bisa dikunjungi sembari belajar bagaimana cara membuat pottery. Selain bisa belajar caranya, #SGB_Family juga bisa membawa pulang hasil karya sebagai buah tangan yang nggak biasa. Ada spot-spot instagenic-nya juga lho. Tertarik? Catat tempatnya ya!

Tempat Pottery di Singapura
Thow Kwang Pottery Jungle. Instagram @annabelledietitian

Thow Kwang Pottery Jungle termasuk salah satu budaya warisan yang ada di Singapura, lho! Bisnis pottery ini dijalankan turun temurun hingga generasi ke-3 sejak 1965. Mereka memiliki tempat pembakaran yang masih tradisional, proses pembakarannya menggunakan kayu. Tempat pembakaran ini disebut Dragon Kiln dan jadi yang tertua di Singapura. Nggak hanya seni, Thow Kwang Pottery juga menyuguhkan sejarah dan budaya yang menarik.

Thow Kwang Pottery Jungle. Instagram @rachelkalexa
Thow Kwang Pottery Jungle. Instagram @rachelkalexa

Di sini, bisa mengikuti workshop Trial Potter’s Wheel Workshop yang berlangsung selama 2 jam. Dengan mengikuti workshop ini, #SGB_Family bisa belajar cara dasar membuat barang sederhana dari tanah liat dengan menggunakan alat pemutar elektrik.

Tumpukan vas keramik yang ada di Thow Kwang Pottery Jungle sangat bermacam-macam. Dengan latar belakang vas keramik berwarna-warni ini, #SGB_Family bisa menjadikannya spot instagenic. Selain itu, Dragon Kiln juga nggak kalah menarik buat dijadikan tempat foto. Meski berbentuk lorong, tapi justru romantik abis kalau dibuat foto couple.

Thow Kwang Pottery Jungle
Mulai dari $75
85 Lor Tawas, Singapore 639823
Nanyang Crescent Hall Bus Station
potteryjungle.com

The Potters’ Guilt. Instagram @rebqueenn
The Potters’ Guilt. Instagram @rebqueenn

Chinatown adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi kala berlibur ke Singapura. Ada keunikan budaya, kekayaan sejarah, dan beragam kuliner lezat rasanya sudah jadi kegiatan yang biasa dilakukan para pelancong. Agar makin luar biasa, #SGB_Family bisa mendaftar workshop di The Potters’ Guilt. Tempatnya yang nggak jauh dari Chinatown, membuat #SGB_Family bisa menuju lokasi setelah asik mengelilingi Chinatown.

Tempat Pottery di Singapura
The Potters’ Guilt. Instagram @gisellecho

Dengan mengikuti workshop Pottery on the Wheel Experience selama 1,5 jam, #SGB_Family bisa mempelajari bagaimana caranya menggunakan alat pemutar tanah liat. Selain itu, #SGB_Family juga bisa membawa pulang sebuah maha karya buatan sendiri.

Kalau di Thow Kwang Pottery Jungle #SGB_Family bisa berfoto dengan keramik atau di Dragon Kiln, di The Potters’ Guilt saatnya menunjukkan sisi belepotan. Bakal jadi keren banget untuk memperlihatkan proses pembuatannya kan?

The Potters’ Guilt
Mulai dari $55
195 Pearl's Hill Terrace, #01-03, Singapore 168976
Outram Park
thepottersguilt.com

Mud Rock Ceramics. Instagram @shutterlaxx
Mud Rock Ceramics. Instagram @shutterlaxx

Didirikan oleh dua seniman keramik profesional, Mud Rock Ceramics menawarkan liburan anti-mainstream yang menyenangkan. Tempatnya yang nggak jauh dari Kampong Glam bisa ditemukan dengan mudah. Sama seperti tempat pottery sebelumnya, di Mud Rock Ceramics #SGB_Family juga bisa mempelajari cara membuat keramik dari dasar. Workshop akan berlangsung selama sekitar 2,5 jam sehingga nggak akan memotong banyak waktu untuk liburan.

Tempat Pottery di Singapura
Mud Rock Ceramics. Instagram @darrengabrielleow

Dengan studio yang memiliki jendela yang luas, #SGB_Family bisa dengan mudah mendapatkan cahaya alami di tempat ini. Bisa banget foto dekat jendela atau berpose di depan rak dengan keramik-keramik kecil yang menggemaskan.

Mud Rock Ceramics
Mulai dari $83
85 Maude Rd, Singapore 208357
Lavender
mudrockceramics.com

Weekend Worker. Instagram @weekendworker
Weekend Worker. Instagram @weekendworker

Di Weekend Worker, #SGB_Family bisa membuat peralatan makan seperti yang mereka buat di stuido. Tidak jauh berbeda dengan workshop di tempat pottery sebelumnya, Weekend Worker menyediakan kelas selama 3 jam yang bisa diikuti. Bersama dengan beberapa orang lainnya, #SGB_Family juga bisa mempelajari bagaimana cara menggunakan alat pemutar tanah liat elektrik.

Weekend Worker. Instagram @hello_fj
Weekend Worker. Instagram @hello_fj

Latar belakang studio dengan peralatan pembuat pottery sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik. Jangan lupa tunjukkan juga sisi serius #SGB_Family saat membuat keramik ya!

Weekend Worker
Mulai dari $150
426 Clemenceau Ave N, Singapore 229516
Newton
shopusuallyusual.com

Goodman Ceramic Studio. Instagram @tina_yong
Goodman Ceramic Studio. Instagram @tina_yong

Tempat Pottery di Singapura selanjutnya adalah Goodman Ceramics Studio yang terletak di Goodman Arts Centre. Selain bisa mengikuti kelas untuk membuat pottery, #SGB_Family juga bisa mengikuti kelas khusus untuk dip glazing.

Tempat Pottery di Singapura
Goodman Ceramic Studio. Instagram @alistsg

Dip glazing adalah salah satu metode untuk mengaplikasikan glaze pada keramik. Metode ini adalah metode yang paling tua dan tradisional, tentunya butuh ketelitian. Bisa jadi alternatif liburan yang anti membosankan, kan?

Goodman Ceramic Studio
Mulai dari $68
90, #01-37 Goodman Rd, Block F Goodman Arts Centre, Singapore 439053
Mountbatten
goodmanceramicstudio.com

Tempat pottery di Singapura ini nggak cuma jadi tempat belajar yang menyenangkan, #SGB_Family juga bisa merelaksasikan pikiran dan badan di sela liburan di Singapura. Pikiran tenang setelah melakukan pottery, bisa semakin asik untuk lanjut keliling Singapura. #SGB_Family ada yang sudah pernah coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×