fbpx

Malaysia Buka Pintu Lebih Lebar, Siapa yang Boleh Masuk?

  • July 23, 2020
  • Dibaca 32 kali

Malaysia adalah salah satu negara yang memberlakukan lockdown mulai 18 Maret 2020 guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Keadaan mulai terkendali sehingga negara ini berani mengakhiri penutupan dan turis dari negara hijau pun diterima. Kini Malaysia buka pintu lebih lebar. Siapa saja yang boleh masuk?

Masjid Albukhary (IG:@nanaashrina)

Dilansir dari inews.id, Malaysia mempertimbangkan membuka pintu bagi turis dari negara hijau. Artinya negara ini dinilai berhasil mengendalikan wabah virus sehingga tidak menyebar terlalu luas.

Noor Hisham Abdullah menyatakan enam negara tersebut adalah Singapura, Brunei Darussalam, Australia, New Zealand, Jepang, dan Korea Selatan. Indonesia belum termasuk, ya. Disampaikan juga bahwa Malaysia memastikan bahwa kedua negara harus menyetujui persyaratan, di antaranya di sektor bisnis, pendidikan, atau pariwisata.

Menara Petronas (@reffandy)

Seperti yang banyak diberitakan, Malaysia masih menutup perbatasan bagi turis hingga tanggal 31 Agustus. Namun, ada perubahan peraturan yang diterbitkan bulan Juli 2020 ini. Dilansir dari traveloffpath.com, Malaysia buka pintu lebih lebar. Beberapa jenis turis akan diizinkan untuk melewati perbatasan.

Serupa dengan Thailand, Malaysia buka pintu lebih lebar untuk medical tourism mulai 1 Juli 2020. Langkah ini dinilai bagus untuk memulai sektor pariwisata untuk bangkit secara perlahan. Hal ini juga akan memberi jalan bagi turis untuk berinvestasi di Malaysia.

Alor, Malaysia (IG:@coupleofcoordinates)

Adapun syarat-syarat dan ketentuan bagi #SGB_Family yang ingin mengikuti medical tourism di Malaysia adalah:

  • Turis asing yang tiba di Malaysia untuk tujuan medical tourism harus melalui Kementrian Kesehatan dan mendaftar ke Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)
  • Turis harus menjalani tes Covid-19 PCR di negara asal sebelum keberangkatan. Mereka akan diminta tes ulang di Malaysia
  • Karantina akan mulai berlaku dan turis diharapkan untuk memeriksa langsung ke rumah sakit atau klinik untuk perawatan
  • Turis dapat membawa satu wali untuk menemani mereka. Namun, wali juga harus mengikuti semua persyaratan di atas.

Daftar turis yang diizinkan masuk ke Malaysia masih belum beriubah. Pemerintah akan memberikan izin pasien dari zona hijau untuk mendapat perawatan di Malaysia mulai 21 Juli 2020. Negara-negara tersebut di antaranya adalah Brunei, Singapore, Korea Selatan, Jepang, Australia, New Zealand.

(Traveloff)
(travelioff)

#SGB_Family berencana melakukan medical tourism di Malaysia? Pastikan menyiapkan beberapa dokumen berikut:

  • Mencetak dan membawa surat dokter dari doktermu yang diterbitkan oleh rumah sakit penerima
  • Surat izin masuk dari Malaysia Healtchare Travel Council, hasil Tes PCR untuk pasien dan wali.
  • Menginformasikan rumah sakit mengenai detail perjalananmu
  • Download aplikasi “My Sejahtera” dan daftar sebelum keberangkatan atau tiba di Malaysia.
(traveloff)

Malaysia (IG:@blushblushtomato)

Malaysia membuat beberapa pengecualian lainnya. Malaysia buka pintu lebih lebar untuk orang asing. Di antaranya ekspatriat yang memegang posisi manajemen tinggi dengan Employment Pass kategoru 1 (EP1), Professional Visit Pass dan Resident Talent Pass, pasangan asing dengan pass jangka panjang.

#SGB_Family yang belum berkepentingan harap sabar ya. Malaysia bisa saja memperbarui perbatasan pada tanggal 31 Agustus 2020, namun bisa juga menghapusnya. Perlu diketahui, telah dibuka perjalanan Singapura – Malaysia mulai 10 Agustus 2020. Hal ini akan membantu pekerja harian yang harus bekerja di negara tetangga.

Kedua negara telah menetapkan skema Jalur Hijau Resprokal dan Kesepakatan Komuter Periodik dalam pernyataan sikap bersama. Perizinan ini dilakukan dengan tujuan memudahkan kedua negara mengembalikan interaksi manusia dan ekonomi lintasan perbatasan, jelas pemerintah Singapura.

Perlu diingat bahwa semua orang yang bepergian diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang disepakati kedua negara, termasuk swab tes. Selain itu, mereka juga mewajibkan mengirim jadwal rutinistas selama di negara tujuan.

Itulah beberapa update singkat tentang Malaysia buka pintu lebih lebar untuk medical tourism. Pastikan untuk tetap disiplin mematuhi new normal protokol seperti mengenakan masker dan cuci tangan dengan sabun. Stay safe, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×