fbpx

RTS Singapura – Malaysia Akan Jadi Kenyataan, Kapan Nih?

  • July 22, 2020
  • Dibaca 12 kali

Pasti seru kalau ada transportasi cepat yang menghubungkan Singapura dan Malaysia. #SGB_Family bisa menghemat waktu saat backpackeran, nih. Rencana ini sudah lama digodok oleh kedua negara. Kabar terbaru, akhirnya perjanjian tentang RTS Singapura – Malaysia sudah selesai. Jadi kapan kira-kira armada ini bisa dinikmati? Baca terus informasi di bawah ini, ya.

Upacara Penandatangan Perjanjian

Johor – Singapore Causeway (IG: chinaxinhuanews)

Dilansir dari channelnewsasia.com, Menteri Transportasi Malaysia, Wee Ka Siong telah mengkonfiormasi bahwa upacara penandatanganan akan diadakan akan 30 Juli untuk menyelesaikan perjanjian antara Singapura dan Malaysia untuk melanjutkan protek Link Rapid Transit System (RTS). Upacara tersebut akan diadakan di Johor – Singapore Causeway.

Negoisasi untuk proyek RTS Singapura – Malaysia menyangkut perjanjian bilateral, perjanjian konsesi, dan perjanjian untuk membentuk perusahaan patungan untuk mengoperasikan jalur kereta api.

Mulai Pembangunan Segera

Artist’s impression of the RTS Link Woodlands North Station. (Image: LTA)

Dr Wee menjelaskan bahwa pembangunan RTS Singapura – Malaysia akan segera dimulai setelah persetujuan diperoleh pada Januari 2021. Dan diharapkan RTS sudah bisa beroperasi pada akhir 2026.

Pembangunannya akan terjadi dalam dua tahap. Fase pengembangan dan sipil akan berlangsung dari 2021 hingga 2024. Sementara fase commisioning dan pengujian akan berlangsung dari 2025 hingga akhir 2026.

Rute RTS Singapura – Malaysia

Ilustrasi RTS (Photo by Macau Photo Agency on Unsplash)

RTS Link bertujuan untuk menghubungkan Bukit Chagar di Johor Bahru ke Woodlands di Singapura. Armada cepat ini akan melayani sekitar 10.000 penumpang per jam setiap jalan untuk membantu mengurangi kemacetan lalu lintas di Causeway. Sebelumnya, proyek ini ditargetkan selesai pada tahun 2024. Namun telah terjadi penundaan sebanyak tiga kali.

Khaw Boon Wan selaku Menteri Perhubungan menyatakan bahwa perpanjangan akhir telah memungkinkan kedua belah pihak untuk meninjau perubahan yang telah diusulkan Malaysia untuk proyek tersebut.

“Namun COVID-19 memengaruhi kecepatan diskusi, tetapi itu tidak mengurangi antusiasme untuk proyek tersebut,” tulisnya dalam posting Facebook. Dinyatakan juga bahwa tempat acarauntuk menandai dimulainya kembali proyek, menambahkan bahwa lokasi harus unik.

Memakan Biaya Biaya Miliaran

Malaysia (IG:@nikita_apalko)

Dr Wee menyatakan bahwa proyek RTS Singapura – Malaysia akan memakan biaya sekitar RM3,7 Miliar (S$1,206 miliar). Khususnya setelah relokasi dari Mandai di Singapura ke Johor Baru. Ada biaya tambahan sekitar RM500 juta dari perkiraan sebelumnya.

Disampaikan juga, “Untuk tujuan pemeliharaan, kami akan membangun jalur dari Bukit Chagar ke Wadi Hana. Juga akan ada akuisisi tanah pribadi untuk tujuan ini. Selain itu, depot akan memiliki fitur keamanan sesuai persyaratan kedua negara, ”katanya.

Pilihan Transportasi Singapura – Malaysia Lainnya

Bis Singapura – Malaysia (IG: jackiestylez)

Sambil menunggi RTS Singapura-Malaysia selesai dan bisa dinikmati, #SGB_Family masih bisa keliling dengan pilihan transportasi lainnya, lho. Kamu bisa memilih naik pesawat dengan kisaran harga 500 ribuan. Perjalanannya hanya memakan waktu 65 menit saja. Praktis dan hemat waktu.

Pilihan transportasi Singapura – Malaysia lainnya dan paling banyak digemari adalah naik bus. Dari harga mulai 300 ribuan, #SGB_Family sudah bisa menikmati tempat duduk nyaman, pendingin ruangan, dan lain-lain. Perjalanan dengan bus membutuhkan wakti sekitar 7 jam.

Ada juga KTM, yaitu kereta Malaysia. Kelasnya pun bisa dipilih, sesuakan dengan budget travelingmu, ya. Ada yang mulai SGD 11 dengan ruang tidur kelas 2. Untuk ruang mewah dengan kamar mandi pribadi tiketnya sekitar $36.

Wah nggak sabar ya bisa nyobain langsung perjalanan nyaman dan cepat dengan RTS Singapura – Malaysia. Gimana, #SGB_Family tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×