fbpx

Jenis Tempat Tinggal di Singapura, Pahami Sebelum Pindah!!

  • July 22, 2020
  • Dibaca 372 kali

Kalau di Indonesia, ada rumah, apartemen, kost, dan lain-lain. Berbeda lagi nih dengan yang ada di Negeri Singa. Kalau punya rencana pindah ke Singapura untuk sekolah atau bekerja, penting untuk #SGB_Family mengenali jenis-jenis tempat tinggal di Singapura. Perhatikan sebelum memilih dan sesuaikan dengan lokasi, juga budget. Sudah siap?

3Gen Flat (IG: samie.79)

Jenis tempat tinggal di Singapura yang sangat dikenal adalah HBD. Jenis ini pun memiliki banyak tipe. Dilansir dari 99.co, untuk mengakomodasi segmen masyarakat yang berbeda, HBD menawarkan perumahan umum dalam berbagai pilihan. Di antaranya adalah:

Studio Apartment

Apartmen Studio yang dirancang untuk memenuhi penghuni lanjut usia dengan sarana sederhana yang bertujuan untuk hidup mandiri. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 36 dan 45m persegi.

2-5 Room Flat

Ada juga jenis flat dengan jumlah kamar yang berbeda. Dari flat dengan dua kamar, hingga lima ruangan dengan luas kurang lebih 110 meter persegi. Biasanya dilengkapi dengan ruang makan tambahan. Selain itu ada 3Gen Flat yang dirancang untuk keluarga multi generasi dengan luas 115 meter persegi.

Executive Flats

Jenis lainnya adalah Rumah Susun Eksekutif dengan luas 130 meter persegi. Dilengkapi dengan ruang ekstra dan sangat cocok digunakan untuk ruang kerja atau ruang keluarga. Beberapa flat ini juga dilengkapi dengan balkon.

Flat DBBS

Flat DBBS adalah jenis tempat tinggal di Singapura yang dilirik oleh mereka yang berpenghasilan tinggi. Menawarkan pilihan ruangan lebih besar dan variasi luas. Kelasnya berada di antara flat HDB namun lebih besar dan kondominium eksekutif. Jenis ini menjadi pilihan menarik untuk si kaya.

Kondominium Eksekutif (IG: terssabell)

Jeni tempat tinggal di Singapura satu ini adalah properti yang awalnya adalah milik umum, namun akan menjadi miliki pribadi setelah lima tahun kepemilikan. Jadi mengapa lebih memilih kondo pribadi daripada kondo eksekutif yang lebih murah untuk dimiliki kolektor properti. Ternyata ada syarat-syaratnya, di antaranya:

  • Kondo Eksekutif dilengkapi dengan beberapa batasan kepemilikan. Dirancang untuk menghalangi investasi dan merangsang pembelian yang didorong oleh kepemilikan.
  • Kondo Eksekutif dilengkapi dengan (MOP) yaitu masa kerja minimum lima tahun. Artinya, kamu harus tinggal selama minimal lima tahun sebelum boleh menjualnya. Ini berlaku untuk warga negara Singapura dan pemegang PR.
  • Setelah lima tahun berikutnya, kondo akan memperoleh status “privatized”. Artinya pemilik berhak menjualnya.
  • Ada subsidi dari pemerintah untuk Kondo Eksekutif senilai mulai S$10.000, tergantung dari pendapatan.
  • Kondo mendapat 99 tahun untuk prasarana dan 999 tahun atau freehold.

Fasilitas kolam renang (unsplash)

Private Housing atau perumahan pribadi muncul karena banyaknya warga asing dengan penghasilan tinggi masuk Singapura. Jenis ini dibagi menjadi:

Kondominium

Kondominium merupakan tujuan paling popluer bagi mereka yang mencari properti pribadi. Jenis tempat tinggal di Singaprua satu ini adalah versi mewah dari HBD flats. Kondo tidak terikat seperti Kondo Eksekutif. Dan sudah dilengkapi dengan fasislitas seperti kolam renang, keamanan, gym, bahkan lapangan tenis. Jenis ini adalah alternatif karena rumah dengan tanah terlalu mahal.

Apartemen

Apartemen sebenarnya tidak beda jauh dari kondominium. Namun biasanya lebih sempit, dengan fasilitas yang tak terlalu lengkap. Untuk harga, apartemen lebih terjangkau dari pada rumah atau kondominium, namun tetap lebih mahal daripada apartemen HBD bersubsidi.

Walks Up

Tipe hunian ini adalah kondominium atau apartmen yang telah ditentukan dan tidak memiliki lift. Secara umum, tempat tingga jenis ini dibangun di daratan sehingga tidak membutuhkan lift, dan tidak perlu trekking untuk mencapai unit.

Ruko di Singapura (Photo by David Kubovsky on Unsplash)

Ini merupakan perumahan yang setara dengan mencapai tingkat teratas tangga sosial masyarakat. Tempat tinggal jenis ini memiliki biaya pemeliharaan yang cukup tinggi. Namun yang menjadi kelebihannya adalah ukuran yang sangat luas dan privasi yang terjamin.

Ada macam-macam properti di daratan, di antaranya adalah bungalow, rumah semi terpisah, rumah dengan teras, rumah toko atau ruko, bungalow mewah, cluster dan rumah perkotaan. #SGB_Family bisa memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Itulah beberapa jenis tempat tinggal di Singapura. #SGB_Family yang berencana pindah ke Negeri Singapura bisa mencari hunian yang nyaman dan sesuai dengan kantong. Selamat hunting hunian baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial