fbpx

Cara Jadi Tour Guide Berlisensi di Singapura, Gajinya Lumayan!

  • July 21, 2020
  • Dibaca 26 kali
Tour Guide Berlisensi di Singapura

Rasanya nggak pernah bosan menelusuri setiap sudut Singapura. Banyak destinasi wisata yang sayang banget untuk dilewatkan, dari Marina Bay Sands, Pulau Sentosa, dan lain lain. Kalau biasanya ke Negeri Singa untuk liburan, pernah kepikiran nggak untuk jadi tour guide? #SGB_Family bisa menghasilkan uang sekaligus jalan-jalan. Tertarik jadi tour guide berlisensi di Singapura? Catat caranya ya!

Ilustrasi Tour Guide. Andrea Piacquadio from Pexels
Ilustrasi Tour Guide. Andrea Piacquadio from Pexels

Untuk bisa jadi tour guide di Singapura, pertama-tama #SGB_Family  tentunya harus menjalani latihan khusus tour guide. Program ini disediakan oleh penyedia layanan pelatihan yang udah disetujui SkillsFuture Singapore (SSG), ialah Workforce Skills Qualifications (WSQ) Tourist Guide (TG) Course. #SGB_Family  harus melalui semua penilaian yang berhubungan dengan tour guide sebelum lisensinya dikeluarkan. Klik di sini untuk cek lebih lanjut.

Syarat untuk bisa mengikuti pelatihan adalah memenuhi kriteria berikut:

  • Sudah berumur lebih dari 21 tahun
  • Sehat secara medis
  • Mahir banget dengan bahasa yang akan #SGB_Family gunakan untuk memandu turis
  • Punya pendidikan menengah dalam bahasa yang dikuasai (GCE ‘O’ Level atau yang setara). GCE ‘O’ Level adalah The Singapore-Cambridge General Certificate of Education Ordinary Level.

Nah, beda bahasa yang akan digunakan untuk memandu, beda juga persyaratannya.

Kalau ingin memandu dalam bahasa Inggris, #SGB_Family harus:

  • Punya GCE ‘O’ Level Certificate bahasa Inggris dengan minimal Grade B4, atau
  • WSQ WPL Level 6 dalam bahasa Inggris

Kalau ingin memandu dalam bahasa Mandarin, #SGB_Family harus punya Primary 6 pass atau WSQ WPL Level 3 dalam bahasa Inggris dan memiliki salah satu di sertifikat di bawah ini:

  • GCE ‘O’ Level Higher Chinese atau bahasa China sebagai bahasa pertama (minimal Grade C6), atau
  • GCE ‘O’ Level bahasa China sebagai bahasa kedua (minimal Grade B4), atau
  • WSQ Business Test Level 4 dalam bahasa China.

Sedangkan kalau menggunakan selain bahasa Inggris dan China, #SGB_Family harus punya:

  • Kemampuan dengan standar tinggi dalam bahasa yang akan digunakan
  •  Primary 6 pass atau WSQ WPL Level 3 dalam bahasa Inggris

Tour Guide Berlisensi di Singapura
Kursus di TMIS. Facebook Tourism Management Institute of Singapore (TMIS)

Untuk bisa ikut ujian dan mendapatkan lisensi tour guide di STB (Singapore Tourism Board), biaya yang harus dikeluarkan adalah $72 atau sekitar Rp766.000-an. Setelah mendapatkan lisensinya, #SGB_Family bisa jadi tour guide berlisensi di Singapura dan berlaku sampai 3 tahun. Biasanya, pemrosesan lisensi baru akan memakan waktu sekitar 4 minggu dari hari terakhir ujian praktek Tourist Guide (TG).

Tour Guide Berlisensi di Singapura
Peserta Training. Facebook William Angliss Institute Singapore

Tertarik? Berikut 3 penyedia layanan pelatihan yang udah disetujui SkillsFuture Singapore (SSG). Di antaranya adalah Singapore Chinese Chamber Institute of Business (SCCIOB), William Angliss Institute Pte Ltd (WAI), dan Tourism Management Institute of Singapore (TMIS).

1. Singapore Chinese Chamber Institute of Business (SCCIOB)

Untuk #SGB_Family  yang ingin memandu dengan menggunakan bahasa China, bisa mendaftar pelatihan di SCCIOB. Karena di sini, mereka akan membantu tour guide mahir berbahasa China serta jadi paham tentang sejarah, budaya, dan atraksi pemandangan di Singapura. Nggak hanya itu, mereka juga akan membantu untuk bisa mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari untuk meningkatkan profesionalisme #SGB_Family.

Total waktu pelatihan di SCCIOB adalah sekitar 4,5 bulan sampai 6,5 bulan. Waktunya pun bisa memilih antara part time atau full time, tergantung kesanggupan #SGB_Family.

Singapore Chinese Chamber Institute of Business (SCCIOB)
Biaya registrasi: $53.5 (termasuk pajak, tidak bisa dikembalikan) Biaya kursus: $2250 (belum termasuk pajak)
111 North Bridge Road, #06-05/06 Peninsula Plaza, Singapore 179098
(Jam operasional kantor) Senin - Jumat 9am - 6pm, Sabtu 9am - 1pm
City Hall
http://www.scciob.edu.sg

2. William Angliss Institute Pte Ltd (WAI)

Di WAI, #SGB_Family bisa mengikuti kursus yang menyenangkan dan nggak ketinggalan turun lapang sehingga bisa mengetahui kondisi di lapangan. Setelah menyelesaikan kursus di WAI maka akan mendapatkan 6 WSQ Statement of Attainments (SOAs) yang jadi syarat untuk bisa dapat lisensi di Singapore Tourism Board (STB). Sedikit berbeda dari SCCIOB, durasi kursus di WAI bisa memakan waktu 4 bulan untuk full-time sedangkan kalau memilih part-time akan memakan waktu 7 bulan.

William Angliss Institute Pte Ltd (WAI)
WSQ Tourist Guide Courses - NC/NAP $5,000
Starhub Centre #10-14/17, 51 Cuppage Rd, Singapore 229469
Somerset
https://www.angliss.edu.sg

3. Tourism Management Institute of Singapore (TMIS)

Nggak jauh berbeda dengan SCCIOB dan WAI, #SGB_Family akan mendapatkan pengetahuan dan melakukan latihan praktek wisata di lapangan kalau memilih kursus di TMIS.

Tourism Management Institute of Singapore (TMIS)
Biaya kursus $5183
9 Ah Hood Rd, Singapore 329975
(Jam operasional kantor) Senin - Jumat 9am - 6pm, Sabtu 9am - 1pm
Novena
http://www.tmis.edu.sg

Ilustrasi Pemandu Wisata. Andrea Piacquadio from Pexels
Ilustrasi Pemandu Wisata. Andrea Piacquadio from Pexels

Karena sudah memiliki lisensi resmi, maka prospek kerja menjadi tour guide di Singapura juga semakin besar. Ada sederet agensi perjalanan yang juga berlisensi di Singapura, jadi #SGB_Family bisa mencoba untuk bergabung dengan mereka. Pendapatan pun cukup lumayan loh! Menurut sg.indeed.com, rata-rata pendapatan sebagai tour guide di Singapura adalah $2819 per bulan, atau sekitar Rp30.000.000.

Setelah mendapatkan lisensi sebagai tour guide, #SGB_Family bisa mencari pekerjaan sebagai tour guide di situs lowongan pekerjaan, seperti sg.indeed.com, jobstreet.com.sg, atau yang lainnya.

Gimana, apakah #SGB_Family makin tertarik untuk jadi tour guide berlisensi di Singapura? Caranya nggak susah dan pendapatan per bulannya juga menggiurkan. #SGB_Family bisa liburan menikmati keindahan Singapura sembari menghasilkan uang, menarik banget kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×