fbpx
Topik / Artikel
Atraksi July 20, 2020

5 Spot Instagenic di Joo Chiat & Katong, Hidup Penuh Warna

Bagikan

Katong dulunya area perkebunan kelapa yang jadi tempat liburan keluarga kota, lama-lama jadi permukiman. Joo Chiat juga sebuah area yang letaknya nggak jauh dari Katong. Area ini diambil dari nama Chew Joo Chiat, seorang tuan tanah keturununan China pada abad ke-20. Nah, selain kaya cerita, Joo Chiat & Katong penuh spot instagenic. Siap-siap kagum, ya.

Peranakan Houses, Joo Chiat. Instagram @sharonyws

Spot instagenic yang nggak boleh dilewatin kalau #SGB_Family mampir ke Joo Chiat & Katong adalah Peranakan Houses alias rumah toko (ruko) yang ditinggali Peranakan. Sederet rumah di sini benar-benar penuh warna dan bakal keren banget kalau difoto pas pagi hari. Lebih seru lagi kalau #SGB_Family pake OOTD yang pas dengan latar belakang warna rumah di sini. Tapi cukup foto di depan rumah, ya.

Spot instagenic Joo Chiat Katong
Peranakan Houses, Joo Chiat. Instagram @taramilktea

Peranakan adalah sebutan buat keturunan China dan Melayu/ Indonesia. Ruko milik peranakan ini tersebar di penjuru Singapura. Mereka dikenal sebagai pedagang untuk China dan kolonial di Singapura. Berdasarkan theculturetrip.com, orang peranakan terbilang kaya yang ditunjukkan dari fasad rumah mereka yang warna-warni dan terlihat fancy.

Peranakan Houses
Singapore, 287 Joo Chiat Rd, Singapore 427540
Eunos

Spot instagenic Joo Chiat Katong
Koon Seng Road. Instagram @clyx.photo

JK Centre udah ada sejak 1928, dulunya tempat ini 6 ruko lalu dijadikan 1. Tempat ini punya arsitektur kuno yang keren banget kalau dijadiin latar foto. Nah, JK Centre ini terletak di persimpangan Joo Chiat Road dan Koon Seng Road. Nggak cuma fasad yang keren, bahkan #SGB_Family bisa juga foto di bagian lorong depan JK Centre. Tinggal sesuaikan angle dan pakai OOTD Keren, hasil foto bakal keren.

JK Centre. Facebook @jkcentresingapore

JK Centre termasuk bangunan warisan budaya yang berfungsi sebagai tempat belanja. Ada beragam barang yang dijual di sini, terutama kebutuhan harian. Jadi #SGB_Family boleh banget sekalian belanja di JK Centre setelah puas foto seru.

JK Centre
291 Joo Chiat Rd, #01-01 JK Centre, Singapore 427543
Eunos
https://www.facebook.com/jkcentresingapore

Spot instagenic Joo Chiat Katong
Red House Bakery. Instagram @ssshu

Kalau jalan-jalan di Katong dan menemukan rumah berwarna merah, itulah yang dinamakan Red House. Jangan lewatkan buat foto di depan bangunan bersejarah yang udah ada sejak 1920-an ini. Tapi berhubung tempat ini kafe, jadi bakal ramai pengunjung. Lebih baik lagi kalau #SGB_Family sekalian ngopi di sini, jadi bisa juga berfoto di bagian dalam bangunan yang nggak kalah instagenic.

Red House Bakery. Instagram @rhosecoronado

Red House Bakery atau dulu dikenal sebagai Katong Bakery & Confectionery, toko roti yang populer di 1920-an. Mereka terkenal akan roti Swiss, puff, dan wedding cake. Walaupun Red House Bakery udah nggak beroperasi tapi bangunan ini tetap ada dan dijadikan kafe bernama Micro Bakery & Kitchen. Tetap menjual aneka roti seperti baguette. Ditambah beragam menu ala western dan kopi.

Red House Bakery
Kue mulai dari $5 75 E Coast Rd, Singapore 428782
75 E Coast Rd, Singapore 428782
Rabu - Jumat 8.30am - 4pm | Sabtu - Minggu 8.30am - 5pm
Eunos
https://www.microbakerykitchen.com/redhouse

Spot instagenic Joo Chiat Katong
Sri Senpaga Vinayagar Temple. Instagram @mandarin_org

Bukan cuma budaya Peranakan, kawasan Joo Chiat & Katong juga jadi tempat keberagaman di Singapura. #SGB_Family akan menemukan Sri Senpaga Vinayagar Temple, kuil Hindu tertua kedua di Singapura yang dibangun pada abad ke-19. Fasad kuil ini begitu indah, didominasi warna kuning dan biru. #SGB_Family bisa berfoto di depan fasad, ada baiknya izin dulu, ya.

Sri Senpaga Vinayagar Temple. Instagram @ilexluxurytravel
Sri Senpaga Vinayagar Temple
19 Ceylon Rd, Singapore 429613
Senin - Minggu 6.30am – 12pm, 6.30pm – 9pm
Eunos
https://www.facebook.com/pages/Sri-Senpaga-Vinayagar-Temple/394404280614492

Peranakan Inn Restaurant. Instagram @gabriel_yap
Peranakan Inn Restaurant. Instagram @gabriel_yap

Sama dengan Peranakan House yang berwarna, restoran satu ini juga punya warna yang khas. Kesan ‘zaman dulu’ kental banget saat berada di bangunan yang berwarna turquoise ini. Nggak heran sih, karena bangunan ini udah berdiri sejak 1937 dan masih kokoh sampai sekarang. Dari luar aja, bisa dijadikan tempat yang instagenic, cukup berdiri di dekat pagar Peranakan Inn Restaurant dan ambil foto yang memperlihatkan dari atas bangunan sampai bawah.

House of Peranakan
Spot Instagenic. Instagram @hellomisslou

Nggak cuma di luarnya, di bagian dalam pun juga instagenic. #SGB_Family bisa pesan kuliner khas Peranakan Inn Restaurant, seperti Ayam Buah Keluak seharga kisaran $12 atau sekitar Rp120.000-an. Kalau mau lebih hemat, bisa cicip kudapan yang lebih murah yaitu Pulot Hitam yang manis dan cukup membayar sekitar $3,5 atau Rp37.000-an. Jangan lupa ambil foto saat duduk di dekat jendela dengan gorden renda putih yang terkesan tempo dulu agar instagenic.

Peranakan Inn Restaurant
Kisaran $12
210 E Coast Rd, Singapore 428909
11am-3pm, 6pm-10pm
Eunos
http://www.houseofperanakan.com.sg

Nggak cukup sehari buat keliling Joo Chiat & Katong, buat mengulik cerita dan foto di spot instagenicnya. Area ini juga punya tempat kuliner dan kerajinan khas Peranakan, boleh banget puasin makan dan belanja oleh-oleh di sini. Kalau ke Joo Chiat & Katong, #SGB_Family bisa dapat macam-macam jenis wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×