fbpx

Panduan Magang di Singapura, Bekal Kerja Full Time!

  • July 19, 2020
  • Dibaca 34 kali
Ilustrasi sekelompok orang sedang magang. You X Ventures on Unsplash

Magang di Singapura terbuka bagi siapapun tapi emang syarat dan prosesnya lumayan banyak, nggak cuma kemampuan Bahasa Inggris. Nggak usah khawatir, #SGB_Team bakal kasih panduan magang di Singapura dan situs penting. Kesempatan magang berlaku buat warga Indonesia yang kuliah full time di Singapura dan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Indonesia. Yuk, intip panduan yang dilansir dari mom.gov.sg/passes-and-permits/.

Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Akson on Unsplash
Ilustrasi mahasiswa sedang kerja di masa kuliah. Akson on Unsplash

Buat #SGB_Family yang sedang kuliah di Singapura dan punya Student Pass, bisa magang waktu kuliah sedang libur, atau selama masa kuliah tanpa perlu work pass (izin kerja). Namun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Ministry of Manpower (MOM), kementerian ketenagakerjaan di Singapura. Sebagai mahasiswa tanpa izin kerja, #SGB_Family nggak diizinkan magang kalau:

  • Nggak sedang belajar di institusi pendidikan yang ditentukan oleh MOM. Daftar institusi pendidikan bisa dilihat di sini.
  • Exchange student yang sedang melakukan modul studi (seperti short course) di Singapura.

#SGB_Family boleh kerja selama musim liburan tanpa izin kerja dan tak perlu lapor ke MOM kalau memenuhi kriteria berikut:

  • Berstatus mahasiswa full-time matriculated atau mahasiswa terdaftar pada institusi pendidikan yang dikeluarkan oleh MOM. Lihat daftar di sini.
  • Mempunyai Student Pass yang dikeluarkan oleh Immigration and Checkpoints Authority (ICA).
  • Berumur 14 tahun ke atas.

Tips buat #SGB_Family yang terdaftar sebagai mahasiswa di institusi pendidikan terkait tapi sedang menunggu hasil akhir ujian atau mahasiswa baru yang masih nunggu waktu kuliah. Tetap bisa magang tanpa izin kerja selama periode menunggu itu berada dalam masa liburan. Begitu kuliah di Singapura udah resmi selesai dan Student Pass tak berlaku, perlu work pass untuk kerja di Singapura.

Ilustrasi mahasiswa sedang kerja. Marvin Meyer on Unsplash
Ilustrasi mahasiswa sedang kerja. Marvin Meyer on Unsplash

Selanjutnya, #SGB_Family juga bisa kerja selama masa kuliah tanpa izin kerja dan tak perlu lapor ke MOM kalau memenuhi kriteria berikut:

  • Berstatus mahasiswa full-time matriculated atau mahasiswa terdaftar pada institusi pendidikan yang dikeluarkan oleh MOM. Lihat daftar di sini.
  • Mempunyai Student Pass yang dikeluarkan oleh Immigration and Checkpoints Authority (ICA).

Selain itu, pekerjaan atau magang #SGB_Family harus sesuai salah satu dari 2 syarat ini:

  • Maksimal 16 jam kerja per minggu.
  • Universitas atau lembaga pendidikan tempat #SGB_Family kuliah mengharuskan atau memperbolehkan magang yang memengaruhi kelulusan.

Sebagai catatan, ada institusi pendidikan yang mewajibkan mahasiswanya magang sebagai syarat kelulusan. Ada juga yang menempatkan magang sebagai pilihan untuk mahasiswa, tapi perusahaan magang biasanya udah ditentukan atau disetujui universitas.

Baik wajib atau pilihan, kalau magang disetujui kampus maka akan dinilai yang memengaruhi kelulusan. Nah, #SGB_Family harus mengajukan permohonan izin kerja kalau mau cuti selama masa sekolah untuk magang yang tidak berkontribusi bagi kelulusan.

Ilustrasi mahasiswa Indonesia sedang apply magang. Jess Foami on Pixabay
Ilustrasi mahasiswa Indonesia sedang apply magang. Jess Foami on Pixabay

Buat mahasiswa Indonesia yang mau magang di Singapura, harus punya izin kerja namanya Training Employment Pass. Izin kerja satu ini valid sampai 3 bulan dan tidak dapat diperbarui. Nah, ketahui dulu syarat dan ketentuannya, ya:

  • Training attachment (magang/ kerja) yang dilakukan di Singapura merupakan bagian dari program studi kuliah.
  • Belajar di institusi yang ditentukan atau gaji bulanan tetap (fixed monthly salary) minimal $3.000 atau Rp32.000.000-an. Lihat daftar institusi di sini.
  • Disponsori (diterima) oleh perusahaan terdaftar Singapura.

Kalau udah memenuhi syarat di atas, #SGB_Family harus nyiapin dokumen yang dibutuhin. Berikut daftarnya:

  • Paspor
  • Keterangan lengkap tentang program magang; seperti tujuan, tipe training, lokasi, dan durasi.
  • Dokumen pendidikan seperti ijazah. Kalau masih kuliah, siapkan surat pernyataan dari institusi pendidikan tempat #SGB_Family kuliah bahwa pelamar sedang proses menyelesaikan studi dengan melakukan magang. Selengkapnya lihat di sini.

Ilustrasi paspor, salah satu dokumen untuk magang di Singapura. Instagram @broewnis
Ilustrasi paspor, salah satu dokumen untuk magang di Singapura. Instagram @broewnis

Berdasarkan mom.gov.sg/passes-and-permits/training-employment-pass/, pihak yang mengajukan Training Employment Pass adalah perusahaan tempat tujuan magang. Proses sampai izin kerja keluar sekitar 3 minggu. Biaya yang harus dikeluarkan $105 atau Rp1.100.000-an untuk sekali daftar. Saat izin kerja udah dikeluarkan, bayar lagi $225 atau Rp2.400.000-an. Jadi secara singkat, seperti ini nih proses daftar izin Training Employment Pass:

  • Mengajukan izin kerja, dilakukan oleh perusahaan magang. Hasilnya berupa surat persetujuan atau penolakan.
  • Mendapatkan izin kerja, dilakukan oleh perusahaan magang. Hasilnya surat pemberitahuan.
  • Registrasi sidik jari dan foto (kalau perlu), dilakukan oleh peserta magang. Untuk verifikasi kartu surat kerja.
  • Menerima kartu izin kerja, dilakukan oleh peserta magang.

Nah, selama proses pendaftaran izin kerja, #SGB_Family nggak perlu stay di Singapura. Cukup hadir waktu izin kerja disetujui. Terutama saat masukkin data sidik jari, foto, dan menerima kartu kerja.

Magang di Singapura
Ilustrasi kantor magang. StockSnap on Pixabay

#SGB_Family nggak perlu bingung cari perusahaan magang yang sesuai dengan jurusan kuliah. Ada banyak banget situs yang menyediakan informasi panduan magang di Singapura. #SGB_Team udah ngerangkum beberapa situs yang bisa dituju:

Berhubung masih dalam keadaan pandemi, cek dulu ketentuan magang di Singapura melalui https://www.mom.gov.sg/ dan https://www.ica.gov.sg/. #SGB_Family bisa simpan dulu panduan ini sebelum beneran magang di Singapura. Siap mencari pengalaman seluas-luasnya di Singapura? Yeay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×