fbpx

Singapura – Malaysia Siap Buka Bulan Depan, Cek Keterangan Lainnya

  • July 16, 2020
  • Dibaca 242 kali

Singapura adalah negara yang ramah pada setiap pengunjung. Negara ini juga membuka pintu lebar-lebar pada siapa saja yang ingin belajar atau bekerja di Singapore. Salah satunya dari Malaysia. Namun, pekerja Malaysia harus nggak bisa pulang selama Circuit Breaker. Tenang, kabar terbarunya, Singapura-Malaysia siap buka bulan depan. Tanggal berapa? Baca terus beritanya, ya.

Perjalanan Antar Negara Dibuka

Malaysia (unsplash)

Dilansir dari thejakartapost.com, Singapura-Malaysia buka dan akan memulai kembali bisnis penting dan perjalanan resmi antara negara. Ini merupakan langkah pertama kalinya sejak sebagian besar gerakan dihentikan sementara karena Covid-19 sejak bulan Maret lalu.

Semua pekerja dengan izin imigrasi jangka panjang untuk bisnis, bisa mulai mengatur perjalanan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan bersama.

Kapan Dibuka?

Singapore (unsplash)

Pemerintah menyatakan bahwa diharapkan perjanalanan antar negara bisa dimulai pada 10 Agustus 2020. Pemerintah juga setuju untuk mengembangkan skema lain untuk pergerakan lintas batas. Hal ini termasuk untuk perjalanan para pekerja harian.

Sebelumnya Circuit Breaker, ada puluhan ribu orang Malaysia yang pulang pergi setiap hari ke Singapura untuk bekerja, baik di bidang restoran, hingga manufaktur semikonduktor. Kini, para pekerja tersebut sudah bisa kembali bekerja di Singapura.

Seperti yang diketahui, Malaysia merupakan salah satu sumber utama makanan pokok untuk Singapura. Lebih dari 90% pasokan makanan Singapura, juga didatangkan dari Malaysia.

Tidak Untuk Semua

Singapura – Malaysia siap buka Hanya untuk pekerja (unsplash)

Singapura – Malaysia siap buka mulai 10 Agustus 2020. Namun, ini bukan untuk semua orang. Kebijakan ini hanya berlaku untuk sebagian warga, terutama yang memiliki urusan bisnis di kedua negara.

Kedua negara sepakat menerapkan skema Jalur Hijau Resprokal dan Kesepakatan Komuter Periodik dalam pernyataan sikap bersama. Hal ini seperi yang disampaikan oleh Vivian Balakhrisnan, selaku Menteri Luar Negeri Singapura, dan Hishammuddin Hussein, selaku Menlu Malaysia.

Perizinan ini bertujuan memudahkan kedua negara mengembalikan interaksi manusia dan ekonomi lintasan perbatasan, jelas pemerintah Singapura, bersama dengan Malaysia.

Wajib Menaati Protokol Kesehatan

Tes Swab (WHO)

Selain tidak untuk semua orang, siapapun yang bepergian diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang disepakati kedua negara, termasuk tes swab. Selain itu, mereka juga diwajibkan mengirim jadwal rutinitas selama berada di negara tujuan.

Syarat lain yang wajib disiapkan adalah mereka memiliki izin imigrasi jangka panjang. Ini merupakan Kesepakatan Komuter Periodik yang akan mengizinkan warga Singapura atau Malaysia bekerja dan berbisnis di kedua negara tersebut.

Bisa Ambil Libur

Pekerja bisa libur dengan izin jangka pendek (unsplash)

Tenang saja, para pekerja asing ini tetap bisa mengambil libur, kok. Setelah tiga bulan bekerja, mereka bisa kembali ke negara asal mereka sebagai libur jangka pendek. Kemudian, mereka bisa kembali bekerja di Singapura atau Malaysia untuk tiga bulan berikutnya. Yang perlu diperhatikan, protokol kesehatan wajib dipatuhi mereka selama hidup dan bekerja di sana.

Untuk pekerja harian, tenang saja. Saat ini, kedua negara juga sedang merencanakan skema lainnya yang ditujukan untuk kegiatan lintas perbatasan, termasuk izin harian untuk kebutuhan kerja. Pastikan untuk mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan warga yang penting untuk Singapura, maupun Malaysia.

Langkah yang tepat jika Singapura – Malaysia siap buka bulan depan. Apa saja syarat dan dokumen yang diperlukan bagi yang ingin melewati batasan ini bisa cek, paling tidak 10 hari sebelum tanggal 10 Agustus 2020.

Nah, sungguh kabar yang membahagiakan, ya. #SGB_Family yang harus bepergian, pastikan menyiapkan new normal starterpack agar tetap aman. Pastikan juga mematuhi aturan baru Bandara. Stay safe, semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial