fbpx

Panduan Naik MRT di Singapura, Pahami Agar Liburanmu Lebih Mudah!

  • July 15, 2020
  • Dibaca 20 kali

Naik MRT untuk bepergian bisa menjadi pilihan yang sangat memudahkan saat berlibur di Singapura. Selain menjangkau seluruh wilayah Singapura, dengan MRT akan lebih cepat, nyaman, dan pastinya terjangkau. Banyak destinasi wisata yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun MRT. Biar nggak bingung, pastikan simak panduan naik MRT di Singapura di bawah ini ya!

Panduan Naik MRT di Singapura
Ilustrasi Pintu MRT di Singapura. Instagram @jen.sern.orbi

Jam operasional MRT cukup variatif, dimulai dari pukul 5am – 6am dan MRT terakhir ada pada pukul 11pm – 12am. Ada beberapa jalur MRT yang harus diperhatikan berdasarkan warnanya, yaitu hijau untuk kode East-West Line, merah untuk North-South Line, ungu untuk North-East Line, kuning menandakan jalur Circle Line, biru merupakan jalur Downtown Line, sedangkan coklat untuk Thomson-East Coast Line.

MRT Singapore (IG:pswfotografia)

Pastikan untuk selalu melihat peta sebelum naik MRT agar tidak salah jalur. Jika stasiun tujuan ada pada satu jalur warna dengan stasiun keberangkatan, berarti tidak perlu ganti jalur MRT. Sebaliknya, kalau berbeda warna, #SGB_Family harus turun di stasiun pergantian dan naik kereta selanjutnya. Untuk frekuensi kedatangan MRT selama jam sibuk antara 7am – 9am adalah 2 sampai 3 menit, sedangkan di luar jam sibuk sekitar 5 sampai 7 menit.

Panduan Naik MRT di Singapura
Ilustrasi Stasiun MRT di Singapura. Instagram @bubuchachabubu

Panduan naik MRT di Singapura berikutnya adalah cara membeli tiket MRT. Ada dua metode untuk membeli tiket, yaitu dengan cara tunai atau menggunakan kartu EZ-link. Pergi ke mesin pembelian tiket di stasiun MRT kemudian pilih bahasa yang dinginkan. Kalau memilih bahasa Inggris, tekan Buy Standard Ticket pada layar kemudian pilih stasiun tujuan maka akan keluar harga tiket. Masukkan uang pada mesin kemudian tunggu tiketnya keluar.

Lebih mudah dan murah kalau menggunakan EZ-link yang bisa dibeli di Passenger Service yang ada di semua stasiun MRT seharga $12 dengan saldo sebesar $7. #SGB_Family bisa mengisi saldo kartu EZ-link dengan minimal top-up $10.

Caranya adalah dengan menuju mesin pembelian tiket di stasiun MRT kemudian meletakkan kartu EZ-link di tempat yang tersedia. Pilih menu All Value pada layar dan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Kalau memilih menggunakan uang tunai, pilih menu Cash pada layar kemudian masukkan minimal $10. Pastikan untuk tidak mengambil kartu sebelum proses selesai ya!

Panduan Naik MRT di Singapura
Gate Stasiun MRT. Photo by Shawn Ang on Unsplash

Setelah membeli tiket atau mengisi kartu EZ-link, masuk ke gate dengan menempelkan kartu di sisi kanan. Berjalanlah menuju jalur dengan melihat papan petunjuk, jangan lupa untuk memperhatikan warna jalur yang sudah ditentukan tadi, ya. Setelah berada di depan pintu MRT, selalu tunggu di belakang garis merah yang berada di kanan atau kiri pintu dan dahulukan penumpang yang akan keluar.

Jangan takut kelewatan stasiun karena di dalam kereta terdapat papan yang menunjukkan lokasi di mana kereta sekarang berada disertai stasiun yang akan dituju selanjutnya. Pastikan #SGB_Family nggak merokok atau makan dan minum di dalam MRT, ya! Membawa benda yang mudah terbakar dan durian pun dilarang. Kalau melanggar, siap-siap membayar denda sebesar $5000!

Ilustrasi Singapore Tourist Pass. Photo by Nix Gacasan on Unsplash
Ilustrasi Singapore Tourist Pass. Photo by Nix Gacasan on Unsplash
  • Semua MRT jalur East West atau berwarna hijau dari Changi Airport akan berhenti di stasiun MRT Tanah Merah dan kembali lagi. Jadi, untuk menuju kota dari MRT Changi Airport, turunlah di stasiun MRT Tanah Merah kemudian naik kereta ke arah sebaliknya. 
  • Menggunakan aplikasi di smartphone untuk melihat maps dan menentukan stasiun awal maupun tujuan akan lebih mudah.
  • Kalian bisa beli kartu SG Tourist Pass (SGTP), yaitu kartu EZ-link khusus, seharga $25 dan bisa melakukan perjalanan dengan bus, MRT, dan LRT selama 3 hari berurutan. Beli kartu SGTP di kios yang daftarnya bisa dilihat di sini kemudian pilih menu SG Tourist Pass.
  • Selalu siapkan uang pas jika akan mengisi saldo EZ-link karena mesin tidak menyediakan uang kembalian.

Nggak sulit kan setelah membaca panduan naik MRT di Singapura ini? Jadi, jangan ragu untuk menggunakan MRT saat liburan di Singapura. Banyak kok destinasi wisata yang cukup ditempuh dengan jalan kaki dari stasiun MRT. Contohnya saja dua wisata populer Singapura, Chinatown dan Little India. Cek juga Stasiun MRT Singapore yang Instagenic. Ada yang sudah pernah foto-foto di sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×