fbpx

Aturan Baru Bandara Soetta, Perhatikan Agar Tidak Kena Masalah, Ya!

  • July 15, 2020
  • Dibaca 305 kali

Sudah lebih dari tiga bulan kita semua berperang melawan virus Covid-19. Namun sudah banyak negara yang siap dikunjungi. Bepergian pun sudah bisa, namun wajin menjalankan beberapa protokol keselamatan. Kabar terbaru, ada 11 aturan baru Bandara Soetta, nih. #SGB_Family yang hendak bepergian wajib memperhatikan, ya.

Tingkatkan Kepercayaan Publik

Rapid Test (unsplash)

Dilansir dari kompas.com, Bandara Soetta mengeluarkan protokol kesehatan yang baru untuk transportasi umum. Muhammad Wasid, selaku Direktur Operasional PT Angkasa Pura II, menyatakan bahwa protokol tersebut harus dipenuhi operator transportasi sewa publik yang beroperasi di Bandara. Hal ini dimaksudkkan agar mendapatkan kepercayaan publik.

Seperti yang disampaikan, “Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan yang aman dari Covid-19 perlu dijaga dan ditingkatkan, salah satunya melalui ketersediaan transportasi publik pemadu moda yang bersih dan higienis.”

Aturan Baru di Bandara Soetta

Aturan Baru Bandara Soetta (unsplash)

Jika #SGB_Family berencana bepergian dalam waktu dekat, wajib memperhatikan 11 aturan baru di Bandara Soetta. Di antaranya adalah:

  1. Area pool di kawasan bandara harus menyediakan fasilitas disenfektan dan bagi armada yang sudah didisenfeksi harus diberi tanda.
  2. Pengemudi yang bertugas harus dipastikan kesehatannya, dilakukan pengecekan suhu, tidak menunjukkan gejala Covid-19, dan wajib menggunakan sarung tangan, serta masker.
  3. Disediakan hand sanitizer bagi pengemudi dan penumpang.
  4. Menyediakan stiket phisical distancing pada kursi armada.
  5. Di bandara, pengemudi harus mencuci tangan, kemudian memakai sarung tanga dan masker sebelum menjemput pelanggan di terminal penumpang pesawat.
  6. Counter di titik penjemputan di terminal harus menyediakan hand sanitizer dan thermal gun untuk memeriksa suhu penumpang.
  7. Petugas konter di titik penjemputan wajin menggunakan APD seperti masker dan face shield.
  8. Penumpang wajib memakai makser
  9. Penumpang yang boleh diangkut hanya yang mengikuti kebijakan pemerintah.
  10. Menganjurkan pembayaran menggunakan nontunai
  11. Setelah melakukan pelayanan, harus dilakukan disenfeksi terhadap kendaraan

Syarat Penumpang di Bandara

Wajib menggunakan masker (unsplash)

Nggak cuma untuk pengelola transportasi umum, pemerintah juga mengeluarkan aturan untuk penumpang. Di antaranya adalah:

  1. Penumpang wajib menggunakan masker.
  2. Penumpang yang diizinkan hanya yang memiliki suhu maksimal 37,3 derajat celcius.
  3. Penumpang wajib menghindari kontak fisik.
  4. Pemasangan partisi pemisah kursi penumpang.
  5. Harus disediakan hand sanitizer dalam stasiun atau armada.

Harga Rapid Test di Bandara

Thermal Gun (unsplash)

Salah satu syarat penumpang yang akan menggunakan transportasi jalur udara adalah rapid test yang NEGATIF. Beberapa maskapai menyediakan fasilitas ini, bahkan ada yang rapid test gratis dari Citilink.

Dilansir dari merdeka.com, kini ada batasan maksimal harga rapid test di Bandara Soetta, yaitu 145 ribu rupiah. Febri Toga, selaku Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, menyatakan bahwa sesuai surat edaran Direktorat jenderal (Ditjen) Pelayanan Kesehatan Kemenkes nomor HK.02.02/I/2875/2020, ada penurunan harga mulai 9 Juli 2020 menjadi 145 ribu rupiah.

Hal ini bertujuan memudahkan calon penumpang agar tidak perlu repot ke mana-mana apabila ingin terbang dari Bandara Soetta. Rapid Test bisa dilaksanakan di Terminal 2 dan 3 dan buka selama 24 jam. Harga tersebut sudah termasuk surat keterangan yang dipersyaratkan untuk bisa terbang. Hasil Rapid Test berlaku gingga 14 hari sejak dilakukan pemeriksaan. Nggak cuma untuk calon penumpang, siapapun bisa melakukan tes Rapid di bandara, ya.

Deretan Bandara dengan Rapid Test

Bnadara Yogyakarat (IG: muhlisin_official)

#SGB_Family bisa tenang, kok. Nggak cuma Bandara Soetta yang menyediakan Rapid Test. Ada beberapa airport lainnya yang juga memiliki fasilitas yang memudahkan calon penumpangnya. Di antaranya adalah:

  1. Yogyakarta International Airport (YIA) menyediakan rapid test dengan biaya 230 ribu rupiah. Hasil bisa diterima 30 menit setelah pemeriksaan. Test bisa dilakukan setiap hari, mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.
  2. Bandara Husein Sastranegara menyediakan tes di Area Curbside Keberangkatan Domestik. Harganya 225.000 rupiah dan hasilnya siap dalam waktu 15 meniat saja.
  3. Bandara Supadio, Kalimantan Barat juga ada. Lokasinya di eks Gedung VIP, sebelah barat laut terminal kedatangan. Harganya 280.ooo rupiah. Syaratnya adalah KTP atau KK.
  4. Bandara Minangkabau di Padang Pariaman juga ada rapid test.

Selain 11 aturan baru di Bandara Soetta, itulah beberapa berita yang wajib diperhatikan bagi #SGB_Family yang berencana untuk bepergian. Pastikan untuk stay safae, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial