fbpx

Fakta Menarik Bugis Street di Singapura, Kamu Udah Tahu?

  • July 13, 2020
  • Dibaca 30 kali
Bugis Street

Bugis Street adalah kawasan belanja di Singapura dengan lebih dari 600 stand. Ada yang jual produk fesyen, kuliner, salon, sampai skin care Korea Selatan. Bukan aja terkenal sebagai surga belanja, Bugis Street juga menyimpan fakta menarik. Nggak ada salahnya buat #SGB_Family tahu sedikit tentang area ini. Apa aja ya?

1. Ada 2 Bugis Street di Singapura

Bugis Street Market. Instagram @kirtikakayarat
Bugis Street Market. Instagram @kirtikakayarat

Area yang dijuluki Bugis Street sekarang dan dulu ternyata beda area. Menurut ghettosingapore.com, area Bugis Street yang dulu terkenal pada era 1950-an sampai akhir 1980-an udah nggak ada dan berubah menjadi Bugis Junction. Sedangkan Bugis Street yang sekarang merupakan pengembangan dari New Bugis Street. 

Kalau ada yang menyebut Bugis Street, maka itu mengarah ke kompleks belanja murah. Nah, kalau Bugis Junction adalah jalanan indoor di dalam gedung kaca yang dilengkapi AC dan terhubung dengan stasiun MRT Bugis. Di dalamnya ada gedung perkantoran 15 lantai, Hotel InterContinental Singapore, dan department store. Lokasi Bugis Street dan Bugis Junction berseberangan, seperti dilansir dari thebestsingapore.com.

2. Terletak di Kampung Bugis

Pemandangan Queen Street Menuju Jalan Masuk Bugis Street. Photo by Bahnfrend on Wikimedia Commons
Pemandangan Queen Street Menuju Jalan Masuk Bugis Street. (Photo by Bahnfrend on Wikimedia Commons)

Bugis Street terletak di Kampung Bugis. Dulunya area ini jadi tempat tinggal suku Bugis yang asalnya dari Sulawesi Selatan di Indonesia. Konon, seorang pangeran Bugis dari Sulawesi dan saudaranya kabur ke Singapura karena mereka diduga melakukan pengkhianatan. Tak sendirian, mereka pergi ke sini bersama sekitar 500 pengikut. 

Mengutip eresources.nlb.gov.sg, mereka pun membangun tempat tinggal di sekitar Kampong Glam sampai dekat Rochor River. Kemudian Stamford Raffles yang dikenal sebagai founder Singapura modern ini menamai wilayah itu Bugis Village termasuk dalam peta Inggris pada masa itu.

3. Bugis Street Lawas Terkenal dengan Kehidupan Malam

Bugis Street
Bugis Street Lawas di Singapura. Facebook National Heritage Board

Bugis Street lawas yang terkenal pada 1950-an sampai 1980-an, terkenal dengan kehidupan malamnya. Ada banyak kedai makanan, hiburan kabaret oleh drag queen, sampai pertunjukkan malam khusus orang dewasa. Tempat ini dulunya menjadi magnet bagi orang asing seperti tentara kolonial, wisatawan, dan pelaut yang tengah libur. Warga lokal pun juga berdatangan ke area ini.

4. Bugis Street Lawas Dibangun Jadi Stasiun MRT

Bugis Junction x Bugis+. Instagram @gypsyfork
Bugis Junction x Bugis+. Instagram @gypsyfork

#SGB_Family udah nggak bisa lihat Bugis Street yang lawas karena udah diruntuhkan pada 1980-an, karena area itu dibangun jadi stasiun MRT Bugis. Sekarang area bekas Bugis Street lawas itu udah berubah jadi Bugis Junction.

5. Bugis Street yang Baru Jadi Surga Belanja

Bugis Food Street. Instagram @aboutfood.ae
Bugis Food Street. Instagram @aboutfood.ae

Bugis Street yang baru ini benar-benar jadi surga belanja murah di Singapura. #SGB_Family bisa beli baju hanya dengan modal mulai dari $10 atau Rp104.000-an. Belanja aksesori murah juga ada. Seperti jam tangan dan suvenir harganya mulai $5 atau Rp52.000-an.

#SGB_Family bebas menjelajahi Bugis Street yang terletak di gedung bertingkat tiga. Buat pencinta budaya Korea Selatan, sempatkan mampir ke lantai 2. Di sini jual baju gaul ala Korea, skin care, kosmetik, dan banyak lainnya.

Street Food di Bugis Street. Instagram @putritaruno
Street Food di Bugis Street. Instagram @putritaruno

Selain belanja, Bugis Street juga dipenuhi salon kecantikan, salon manicure pedicure, bahkan tempat tato. Nah setelah puas shopping, biasanya bakal laper. Nggak usah khawatir, #SGB_Family pun bisa sekalian wisata kuliner di Bugis Street. 

Ada camilan ayam goreng ala Korea, nasi ayam Hainan, ayam penyet, mi khas Hong Kong dan Vietnam, serta masih banyak lainnya. Tempat kuliner dapat ditemukan di lantai 1 maupun 3. Harga makanan di sini murah aja. Cukup bawa duit sekitar $3 atau Rp31.000-an udah bisa makan cukup kenyang.

BUGIS STREET
Mulai dari $5
3 New Bugis Street, Singapore 188867
Setiap hari 11am - 10pm
Bugis

Wah, ternyata seperti itu cerita di balik Bugis Street yang berbeda dahulu dengan sekarang. #SGB_Family udah pernah borong belanjaan apa aja di Bugis Street? Kalau belum, mungkin destinasi belanja ini disimpan dulu untuk liburan nanti saat keadaan udah semakin aman. Bila harus keluar rumah, #SGB_Family tetap jalankan protokol kesehatan, ya. Pakai masker, jaga jarak, dan jaga kebersihan diri seperti pakai hand sanitizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×