fbpx

Kereta Jepang Super Cepat, Aman Saat Gempa Bumi!

  • July 10, 2020
  • Dibaca 82 kali

Mungkin banyak yang belum tahu, Jepang adalah negara paling cepat bangkit karena bencana alam. Tak cuma itu, Negara Sakura juga paling siap menghadapi bencana. Terbaru, sudah diluncurkan kereta Jepang super cepat yang tetap aman meski terjadi gempa bumi. Seperti apa penampakannya? Baca terus beritanya, ya.

Secepat Peluru

Dilansir dari dailymail.co.uk, kereta Jepang ini bisa meluncur 223 mph. Ini merupakan kereta peluru yang tercepat, halus, dan paling aman. Kereta Jepang ini diberi nama N700S, yang merupakan kependekan dari SUPREME. Memiliki kecepatan tertinggi, yaitu 360km/jam.

N700S akan berada di jalur Tokaido Shinkansen, yang memiliki kecepatan operasi maksimum mencapai 285km/jam. Jalur ini menghubungkan Tokyo dengan Osaka dan Kobe. Merupakan tujuan yang paling digemari, ya.

Aman dari GEMPA BUMI

N700S Supreme mulai beroperasi sejak 1 Juli 2002 lalu dengan Central Japan Railway Co. Kereta ini memiliki sistem suspensi aktif yang membuat pengendaraan lebih tenang dan mulus. Baterai yang digunakan pun berjenis lithium-ion yang memungkinkan kereta bergerak tanpa menggunakan daya dari saluran udara. Fitur inilah yang berguna jika terjadi gempa bumi.

Berkat kemasan baterainya juga, kereta Jepang super ceoat ini dapat berayun ke tempat yang lebih aman jika terhenti di suatu tempat yang berisiko, seperti jembatan atau terowongan.

Fitur Kereta Jepang Super Cepat

Selain bisa berayun ke tempat yang lebih aman saat terjadi gempa bumi, kereta super cepat ini juga menawarkan fitur menarik lainnya. Di antaranya adalah kursi yang dibuat dapat bersandar lebih jauh, juga memiliki colokan listrik individu. Rak overhead bisa menyala di setiap stasiun untuk mengingatkan penumpang mengambil tas mereka.

Sesuai namanya, kereta Jepang super cepat ini bisa mengantarkanmu ke tujuan dengan tepat waktu. Menghemat waktu untuk kamu yang sedang dalam perjalanan bisnis atau traveling jangka pendek. Jadi nggak perlu buang waktu di jalan, deh.

Fakta Kereta Peluru

N700s (IG:masaaki_yamanishi7478)

N700S bukanlah kereta peluru pertama yang ada di Jepang. Sudah ada kereta pendahulu yang nggak kalah keren. Berikut adalah beberapa fakta tentang kereta peluru:

  • Kereta peluru pertama mulai beroperasi di antara Tokyo dan Osaka pada tanggal 1 Oktober 1964.
  • Hanya perlu satu menit keterlambatan untuk menyatakan kereta peluru TERLAMBAT
  • Jika kereta peluru terlambat lima menit saja dari jadwal, perusahaan kereta harus memberi penjelasan pada pemerintah
  • Keterlambatan sehari-hari biasanya hanya sekitar 30 detik
  • Selama 56 tahun beroperasi, tidak ada catatan kematian di penumpang kereta peluru
  • Pada tahun 2009 akhirnya kereta cepat beroperasi di antara London St Pancras International dan Kent.
  • Jaringannya terhubung ke sensor gempa. Jika tremor terdeteksi, kereta peluru akan berhenti secara otomatis

Banjir di Jepang

Banjir di Jepang (IG:mirrornow_in )

Pada hari Sabtu, tanggal 4 Juli 2020, hujan deras mengguyur Jepang. Beberapa kawasan pun banjir. Dilansir dari news.detik.com, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan bahwa hujan deras kemungkinan akan berlanjut hingga 12 Juli 2002 di area yang luas. Himbauan untuk waspada pada risiko tanah longsor dan banjir di dataran rendah.

Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Jepang menyampaikan bahwa ada lebih dari tiga ribu rumah tangga yang terjebak banjir. Banyak dari mereka yang terisolasi karena genangan air atau jalanan yang rusak karena tanah longsor.

Banjir Jepang Memperparah Covid-19?

Pengungsian Jepang (CNA)

Masih dilansir dari news.detik.com, lebih dari 1.2 juta penduduk Jepang harus mengungsi dan meninggalkan rumah mereka di Kyushu. Pengungsi pun berkumpul di gedung sekolah atau fasilitas darurat lainnya.

Berkumpulnya pengungsi di sebuah gedung ini bisa meningkatkan risiko penyebaran virus Covid-19. Untuk menghindari ini, protokol dasar tetap dilakukan. Pengecekan suhu saat mereka tiba di pengungsian dan himbauan untuk sering mencuci tangan.

Disampaikan juga bahwa hingga berita ini ditulis, belum ada banyak penambahan kasus baru Covid-19. Meski begitu, pemerintah tetap waspada dan terus melakukan pencegahan.

Itulah beberapa berita singkat dari Jepang. Dari kereta Jepang super cepat, hingga penampakan banjir di Negeri Sakura. Semoga keadaan terus membaik, ya. Stay safe, #SGB_Family!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial