fbpx

Tips Buka Jastip di Singapura, Liburan Bonus Uang Saku

  • July 8, 2020
  • Dibaca 57 kali
Tips Buka Jastip Singapura

Kebayang nggak, liburan ke Singapura sambil buka layanan jastip alias jasa titip. Jastip sudah menjadi tren semenjak beberapa tahun belakangan. Orang nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, tapi bisa ikutan belanja dan udah tahu bentuk barang seperti apa. Kamu pun bisa dapat uang saku! Berikut tips kalau mau buka jastip belanjaan di Singapura?

Langkah Awal Buka Jastip

Jastip dari Singapura (Photo by Becca McHaffie on Unsplash)

Kalau jastip ini dijadikan sebagai kegiatan sampingan sembari liburan di Singapura, cukup manfaatkan media sosial milik pribadi atau kalau ingin lebih praktis bisa bikin sendiri media sosial khusus untuk jastip. Berikut langkah awal buka jastip:

  • Cantumkan foto asli dan harga barang.
  • Cantumkan juga harga layanan jastip di luar harga asli barang.
  • Cari tahu barang apa yang sedang tren dan banyak peminatnya.
  • Pastikan pembeli mengirim uang dahulu sebelum belanja.
  • Pilih barang jastip yang mudah dibawa pulang, seperti jajanan dan barang non high-end.

Tempat Belanja Murah di Singapura

Fleawhere (IG:fleawhere)

Tips buka jastip di Singapura selanjutnya adalah cari barang harga murah. Nggak jarang orang ingin punya barang unik dan harganya terjangkau, tak melulu barang mahal. Misalnya aja benda vintage atau jajanan yang jarang bisa ditemui di Indonesia.

Singapura punya setidaknya 4 toko $1 atau sekitar Rp 10.000-an. Coba mampir ke sini dan carilah barang yang sekiranya bikin orang pengin beli. Borong barang jastip di sini pun nggak bikin bangkrut. Berikut daftarnya:

1. Value Dollar Shop atau Valu$

Value Dollar tersebar di penjuru Singapura, menjual jajanan dan barang keperluan harian dengan harga sekitar $1. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau karena barang yang dijual adalah stok yang udah nggak begitu laku, kemasan agak penyok, dan mendekati kedaluwarsa. Sebelum memasukkan barang ke keranjang, cek dulu tanggal kedaluwarsa terutama makanan dan minuman.

2. Mijyi

Mijyi menjual banyak barang lucu dari Jepang. Ada juga dari negara lain seperti Korea, Taiwan, Amerika Serikat, dan lainnya. Tersedia mulai dari jajanan, perlengkapan sehari-hari, barang dapur, bahkan sampai alat kosmetik. Belanja di sini cukup keluarkan mulai dari $1 per item. Mijyi berlokasi di 15 Stadium Walk, 02-02, Leisure Park, Singapura 397694. Buka pukul 10.00 AM-10.00 PM.

Ilustrasi Belanja. Andreas Lischka on Pixabay

3. 2WO

2WO juga jadi tempat belanja murah di Singapura yang menjual barang dari Jepang. Kebutuhan dapur, rumah, alat tulis, kecantikan, makanan minuman, produk fesyen, sampai perlengkapan bayi pun ada di 2WO. 

Harga di 2WO mulai dari $2 atau sekitar Rp21.000-an. Selain datang langsung ke tokonya, bisa belanja via online dengan mengunjungi situsnya. Ada biaya pesan antar sekitar $8 atau Rp 83.000-an. 2WO berlokasi di Liang Court, 177 River Valley Road, #B1-07, Singapura 179030. Buka Minggu-Kamis 11.00AM – 09.00 PM, Jumat-Sabtu 11.00 AM – 09.30 PM.

4. ABC Bargain Centre

ABC Bargain Centre juga menjual banyak macam jajanan dengan harga $1. Salah satu barang yang sering dicari pembeli di sini adalah coklat. Terdapat aneka coklat merek terkenal seperti Cadburry, Toblerone, dan KitKat. Tapi harga di sini jauh lebih murah daripada tempat lain. ABC Bargain Centre punya lebih dari satu cabang, salah satunya di Bugis Street.

Retro Factory (IG:theretrofactorysg)

Selain tempat belanja $1, ada juga flea market alias toko barang preloved di Singapura. Ada baju, pernak-pernik lucu, furnitur, alat tulis, wallpaper, kerajinan tangan seniman lokal, bahkan ada juga beragam barang vintage. Barang di sini bisa ditawarkan ke pengguna layanan jastip.

Flea market di Singapura di antaranya Fleawhere yang menjual baju dengan harga kurang dari $5 atau Rp 52.000-an. Tersedia juga aksesori dengan harga kira-kira $1. Selanjutnya Public Garden yang menjual aksesori dan barang seni lokal dengan harga mulai dari $1. Kalau ingin dapat barang fesyen buatan seniman lokal, datang aja ke Boutique Fair Singapore yang hanya diadakan setiap dua tahun sekali.

Berikutnya ada The Local People, flea market yang tak hanya menjual barang dari seniman lokal tapi juga menampilkan pertunjukan dari mereka. Bisa juga ke Singapore Really Really Free Market, yang ditujukan untuk orang kurang beruntung dan menjual aneka barang mulai dari baju sampai tanaman. Jika mencari barang vintage bisa melipir ke Retro Factory. Tersedia peralatan musik sampai kamera jadul.

Tips Pilih Barang Preloved

Tips buka jastip Singapura
Ilustrasi flea market. (Photo by Hebi B. on Pixabay)

Kalau membuka layanan jastip untuk barang preloved, sebaiknya memerhatikan beberapa hal. Sebab barang ini nantinya akan digunakan oleh orang lain, sehingga #SGB_Family tetap mencarikan barang terbaik.

Periksa kelayakan baju dan produk fesyen lain dengan hati-hati, bagian luar dan dalam. Pastikan tak ada noda, benang yang longgar, kancing hilang, dan masalah lainnya. Kalau beli barang elektronik, pastikan masih berfungsi dengan mencolokkan kabelnya. Pemeriksaan dengan detail berlaku untuk semua jenis barang. Kalaupun ada kerusakan kecil, pikirkan apakah bisa diperbaiki atau tidak.

Flea market biasanya menawarkan harga murah, tapi tak ada salahnya coba tanya ada diskon atau tidak. Hanya aja tanya dengan sopan dan nggak memaksa. Kalau barang yang dibeli ada kerusakan mungkin aja penjual akan memberi diskon. Selain itu, kadang ada hari atau jam tertentu di mana flea market akan berikan harga khusus. Lebih murah! Cari tahu melalui media sosial mereka.

Bawa Barang Belanjaan ke Indonesia

Tips buka jastip Singapura
Ilustrasi kargo DHL. (Photo by Skeeze on Pixabay)

#SGB_Family bisa langsung dibawa sekalian pulang naik pesawat. Namun harus antisipasi akan adanya kelebihan bagasi dan biaya yang harus dibayarkan. Nah, untuk menyiasatinya bisa dipertimbangkan sebelum menerima layanan jastip.

Pilihan lain, dapat coba pakai kargo untuk kirim barang jastip dari Singapura ke Indonesia. Ada beberapa kargo dari Singapura ke Indonesia yang bisa jadi pilihan, di antaranya adalah:

  1. Aramex atau DHL dengan harga yang nggak menguras kantong. Untuk paket berukuran sedang tidak lebih panjang dari 60 cm
  2. DHL menawarkan EUR15.89 atau sekitar Rp259.000 per 2 kilogram. Untuk paket ukuran lebih besar yaitu 120 x 60 x 60 cm, kalian harus mengeluarkan biaya EUR45.99 atau kurang lebih Rp749.469 setiap 5 kilogram.
  3. Aramex $49.69 atau sekitar Rp514.191 per kilogramnya.
  4. Shindoshipping dengan tarif Rp190.000/kg, untuk ke Jakarta. Cek website untuk ke kota lainnya.

Itulah tips kalau mau buka layanan jastip belanjaan di Singapura. Jadi kalau #SGB_Family mau liburan di Singapura sekalian buka layanan jasa titip bisa banget nih. Uang keluar untuk liburan tapi bisa menghasilkan duit tambahan. Sebelum buka layanan jastip sebaiknya tetap dihitung mulai dari modal sampai untung ruginya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×