fbpx

Dubai Siap Terima Turis, Cek Klaim Sebagai Destinasi Aman, Benarkah?

  • July 8, 2020
  • Dibaca 19 kali

Mana nih suara #SGB_Family yang nggak sabar mau liburan? Destinasi mana nih yang paling ingin dikunjungi? Singapura? Malaysia? Thailand juga sudah buka border, lho. Ada nih negara yang mengklaim sebagai “Safe Destination”. Yap, Dubai siap terima turis. Apa saja syarat dan peraturannya? Baca terus untuk keterangan lebih lanjut, ya.

Dubai: Destinasi Aman

Blue Waters Dubai (IG:@sidharthvithaldas)

Dilansir dari republicworld.com, Dubai siap terima turis mulai 7 Juli 2020. Negara ini mulai membuka pariwisata dan keramahan internasional. Para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pantai, pusat perbelanjaan, dan kehidupan malam khas Dubai.

Menurut berita dunia, Dubai mengklaim sebagai “Safe Destination” untuk tujuan liburan karena Sheikhdom mengundang wisatawan dari seluruh dunia. Pembukaan batasan untuk turis asing ini tentunya dibarengi dengan protokol keamanan yang ketat.

Syarat Memasuki Dubai

Marina, Dubai (IG:bemorephotos)

Dubai siap terima turis, pihak berwenang akan melakukan pengecekan suhu, masker yang selalu digunakan, juga wajib ada hand sanitizer di bandara. Calon pengunjung harus melakukan tes Covid-19 dalam waktu 96 jam sebelum keberangkatan dan hasilnya harus NEGATIF. Selanjutnya, mereka akan kembali melakukan tes saat kedatangan. Turis akan menjalani karantina selama menunggu hasil tes.

Hal lain yang harus dibawa oleh turis adalah asuransi kesehatan yang mencakup Covid-19. Perlu diperhatikan, setiap turis yang datang wajib menandatangani surat pernyataan setuju akan membayar sendiri biaya perawatan dan karantina saat memasuki Dubai.

Turis juga diminta untuk memeriksa situs web IATA Travel Centre untuk memahami apakah ada peraturan batasan di destinasi yang akan dikunjungi. Selain itu, turis dapat memperoleh visa kunjungan dari Dubai (tergantung negara asal).

Situasi Pariwisata di Dubai

Burj Khalifa (IG:@raihanhamid_photography)

Menurut Departemen Pemasaran Pariwisata dan Perdagangan Dubai, negara ini sangatlah bergantung pada pariwisata agar ekonominya dapat berkembang. Pada tahun 2019 lalu, ada lebih dari 16 juta turis yang berkunjung. Di antaranya turis dari India, Arab Saudu, Inggris, Cina, juga Amerika Serikat.

Beberapa destinasi yang digemari turis antara lain, deretan restoran dan bar. Kehidupan malam Dubai juga sangat menarik untuk dijelajahi. Dubai pun memutuskan mengambil langkah awal dan menunjukkan pada dunia bahwa negaranya aman.

Hal serupa disampaikan oleh Rabia Yasmeen, seorang konsultan di firma riste pasar, Euromonitor International. “Dengan sekitar 35% dari semua pendapatan berasal dari wisatawan, ada baiknya Dubai melanjutkan dan mengumumkan karena perlu ada panggilan untuk kepercayaan diri untuk kembali. Seseorang harus mengambil langkah itu terlebih dahulu untuk menunjukkan kepada dunia.” jelasnya.

Berangkat dari Mana?

Pantai di Dubai (IG::@sfabisuk)

Dubai siap terima turis, maskapai penerbangan lokal, Emirates dan FlyDubai mulai bersiap. Mereka telah membuka daftar tujuan terbaru dari jaringan penerbangan dua maskapai ini.

Saat ini, jarinangan penerbangan Emirates terbesar berasal dari Eropa dengan 18 tujuan: Amsterdam, Athena, Barcelona, Brussels, Kopenhagen, Dublin, Glasgow, Frankfurt, Larnaca, London, Madrid, Manchester, Milan, Munich, Paris, Roma, Wina, dan Zurich.

Dubai (IG:capturedblinks)

Di Timur Tengah, penerbangan dilanjutkan di Amman, Bahrain dan Beirut. Sebelas tujuan lainnya adalah Hanoi, Kota Ho Chi Min, Hong Kong, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Osaka, Seoul, Singapura, Taipei, dan Tokyo. Cek di sini untuk informasi penerbangan lebih lengkap.

Dilansir dari travelandleisure.com, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoun, Direktur dari Emirates menyampaikan, “Kami cukup percaya diri karena ada tindakan berlapis-lapis untuk memastikan keamanan di udara, darat, juga di seluruh kota. Hal ini memungkinkan bagi Dubai untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi.”

Penampakan Bandara Dubai

Bandara Dubai (@DXBMediaOffice/Twitter)

Sejak kemarin, Dubai siap terima turis. Benar saja, sudah terlihat wisatawan asing yang masuk ke Dubai. Mereka tampak menggunakan masker dan tetap menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Bahkan ada juga yang memilih menggunakan face shield untuk perlindungan lebih.

Suasana Bandara Dubai (@DXBMediaOffice/Twitter)

Kalau #SGB_Family berniat berkunjung ke Dubai, pastikan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan uang saku lebih, ya. Stay safe, all!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×