fbpx

7 Tempat Sejarah di Singapura, Instagenic dan Penuh Cerita!

  • July 7, 2020
  • Dibaca 22 kali
Hostel dekat Little India

Singapura merupakan negara yang cukup kaya budaya dan sejarah, tak ada salahnya jika jalan-jalan sambil belajar ke tempat sejarah di Singapura. Tidak hanya mengetahui lebih lanjut tentang sejarahnya, nikmati pula budaya dengan cicip-cicip kuliner atau kegiatan lainnya. #SGB_Family  juga bisa berburu tempat yang instagenic abis! Apa saja sih tempat bersejarah yang ada di Singapura ini

Tempat Sejarah di Singapura
Thian Hock Keng Temple. Instagram @zinminzhang

Salah satu kuil orang Tionghoa tertua di Singapura ini dibangun pada tahun 1839. Sebagai bentuk terima kasih kepada Mazu, Dewi Laut, atas perjalanan yang aman saat melewati Laut Cina Selatan. Keindahan mahakarya yang dibangun dengan arsitektur tradisional Cina Selatan ini sangat memanjakan mata.

Thian Hock Keng Temple. Instagram @anneliehelena

Kayu dan batu yang terlihat kokoh dengan ukiran naga serta burung phoenix akan menyambut #SGB_Family sebelum berada di dalam kuil. Saat mengunjungi kuil Thian Hock Keng, jangan lupa gunakan alas kaki favorit karena saat memasuki kuil, #SGB_Family akan bertapak pada ubin bercorak dan berwarna indah. Waktu yang tepat untuk mengambil foto dari high angle memperlihatkan alas kaki favorit.

Untuk dapat mengunjungi kuil yang berada di 158 Telok Ayer Street ini, #SGB_Family bisa mengendarai MRT dan berhenti di stasiun MRT Raffles Place kemudian berjalan kaki kurang lebih 8 menit.

Daerah Sekitar The Battlebox Instagram @littlesherpatravels

Bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1936 berada di kawasan Fort Canning Park, merupakan kompleks bawah tanah yang dulunya berfungsi sebagai pusat komando militer selama Perang Dunia II. #SGB_Family bisa menelusuri The Battlebox dengan mengikuti tour yang tiketnya bisa dipesan secara online di situs resmi battlebox.com.sg dengan biaya S$20 untuk orang dewasa dan S$10 untuk anak-anak berusia 7-12 tahun.

Dekat Battlebox. Instagram @littlesherpatravels

Dapatkan spot foto yang cocok untuk diunggah di Instagram #SGB_Family, dengan menelusuri tempat di sekitar The Battlebox. #SGB_Family akan menemukan sebuah gerbang yang dikelilingi oleh tanaman rimbun. Lihatlah bangunan saksi bisu kejadian yang pernah terjadi di sana.

The Battlebox yang beralamatkan di 2 Cox Terrace, Singapore, bisa ditempuh dengan MRT. Silahkan turun di stasiun MRT Fort Canning, Exit B, kemudian berjalan menuju The Battlebox sekitar 11 menit.

Kampong Glam. Instagram @lisamarie.brn

Kampong Glam berada di 3 Muscat Street, Singapore dan menjadi kawasan urban tertua di Singapura. Salah satu tempat sejarah di Singapura ini sangat kental akan budaya Melayu, Arab, dan Bugis. Tak heran jika suasana semarak akan dirasakan selama bulan Ramadan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Kampong Glam (IG:davidguison)

#SGB_Family bisa menelusuri jalanan dengan mural yang unik nan cantik. Sempatkan untuk berlanja kain dengan berbagai pola yang cantik di Arab Street. Jangan lupa mengunjungi masjid besar yang masih berada di kawasan Kampong Glam, Masjid Sultan.

Dapatkan pengalaman menarik dengan berkunjung ke Kampong Glam, cukup turun di stasiun MRT Bugis, Exit B, atau stasiun MRT Jalan Besar dan berjalanlah sekitar 10 menit.

Tempat Sejarah di Singapura
Masjid Sultan. Instagram @jetsetsilver

Seperti yang telah disebutkan di atas, masjid yang dibangun pada tahun 1824 dan dibangun ulang pada tahun 1932 ini masih berada di kawasan Kampong Gelam. Masjid Sultan adalah bangunan bersejarah yang menjadi pusat masyarakat Muslim di Singapura.

Masjid Sultan. Instagram @elmundoaunclick

Saat berada di depan masjid besar ini, #SGB_Family akan melihat bangunan tinggi yang kokoh. Nikmati keindahan kubah emas berukuran sangat besar saat anda menatap ke arah langit. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen, terutama saat berada di depan masjid dari low angle agar keindahan masjid semakin terlihat. Memasuki masjid, #SGB_Family bisa merasakan kesejukan di ruang salat yang luas.

Kunjungi Masjid Sultan dengan menggunakan bus yang mengarah pada North Bridge Road, Victoria Street, atau Beach Road. Sedangkan jika menggunakan MRT, #SGB_Family bisa menuju stasiun MRT yang sama dengan Kampong Glam.

Sun Yat Sen Memorial Hall. Instagram @cinlyly

Tempat bersejarah lain yang juga wajib dikunjungi adalah Sun Yat Sen Memorial Hall. Awalnya, bangunan ini dibeli oleh Teo Eng Hock pada 1905 untuk dijadikan vila tempat ibunya yang sudah lanjut usia menghabiskan masa tuanya di sana. Vila ini dikenal sebagai Wan Qing Yuan kemudian ditawarkan kepada Dr. Sun untuk melaksanakan kegiatan revolusionernya yang berhasil pada tahun 1911.

Tempat Sejarah di Singapura
Sun Yat Sen Memorial Hall. Instagram @vicffie

Di tempat yang dibuka kembali untuk umum pada 2011 ini, terdapat pameran permanen. Galerinya diperbarui hingga memiliki fitur multimedia, seperti proyeksi hologram dan proyeksi pemetaan 3D.

#SGB_Family bisa mengunjungi bangunan yang berada di 12 Tai Gin Road ini menggunakan bus atau kereta. Jika menggunakan bus, silahkan turun di Zhongshan Mall atau Institut Manajemen Asia Timur. Stasiun terdekat dari Sun Yat Sen Memorial Hall adalah stasiun Toa Payoh yang mengharuskan #SGB_Family berjalan sekitar 14 menit saja. Cukup keluarkan biaya S$8.00 untuk pengunjung dewasa, sedangkan anak-anak di atas 6 tahun, lansia di atas 60 tahun, dan para disablitias dikenakan biaya S$5.00.

Little India. Instagram @lylychuu

Jangan lupa untuk berkunjung ke Little India, kawasan yang selalu ramai ini memperlihatkan budaya India yang kental. Telusuri seluruh jalanan Little India yang penuh warna. Terdapat kuil-kuil Hindu dan Tionghoa, masjid dan gereja. Rasakan sensasi berbelanja berbagai hal di pusat perbelanjaan yang ada di Little India.

Little India. Instagram @thevintagevision

Jangan lupa untuk mencicipi segala kuliner khas India yang ditawarkan. Mulai dari daging domba dengan bumbu kaya rempah asli India sampai masakan vegetarian, tentunya bisa memanjakan lidah #SGB_Family dan mengenyangkan perut setelah berjalan menelusuri jalanan Little India.

Untuk menuju Little India, tidak perlu khawatir dalam mencari transportasi umum karena cukup menggunakan MRT dan turun di stasiun MRT Little India.

Tempat Sejarah di Singapura
Chinatown. Instagram @jessicahartojo

Berkunjung ke Singapura, rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke Chinatown. Di sini merupakan tempat warisan sejarah Singapura dengan beragam budaya. Kunjungi tiap sudut yang selalu ramai siang dan malam. Jelajahi pula tempat ibadah, seperti kuil Buddha, kuil Hindu, maupun masjid. Nikmati keindahan perpaduan tradisional dan modern, baik pada fashion sampai ke kulinernya.

Chinatown. Instagram @zippyzipeng

Berkelilinglah ke seluruh penjuru Chinatown dan lakukan banyak hal. Bisa sekedar berfoto ria di jalanan warna-warni, mengunjungi kuil berumur seabad, berbelanja, atau mencicip masakan khas yang juga tak boleh dilewatkan. Berkunjuglah ke Chinatown dengan menaiki MRT dan turun di stasiun Chinatown (NE4) atau (DT19).

Nah, banyak juga kan tempat sejarah di Singapura yang bisa dijelajahi. Jalan-jalan sambil membuka wawasan tentang sejarah dan budaya di suatu negara memang mengasyikkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×