fbpx

Masuk Pulau Komodo Gratis, Bali juga Sudah Buka!

  • July 7, 2020
  • Dibaca 31 kali

Ada banyak negara yang siap dikunjungi. Malaysia dan Thailand juga sudah memberikan daftar siapa saja yang boleh masuk ke negaranya. Bahkan, apapun dilakukan untuk mengundang turis. Indonesia melakukan hal serupa, nih. Masuk Pulau Komodo gratis, lho. Mau ke Bali juga sudah bisa! Baca terus untuk keterangan selanjutnya, ya.

Masuk Pulau Komodo Gratis

Labuan Bajo (IG:anggiaples)

Uzbekistan mengundang turis dengan jaminan kesehatan sebesar 43 juta rupiah. Negara lain memberikan liburan gratis. Ada juga di Indonesia, nih. Masuk Pulau Komodo gratis hingga tanggal 31 Juli 2020.

Dilansir dari thejakartapost.com, tempat wisata di Labuan Baji dan daerah lain di luar Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat di Nusa Tenggara Timur akan menawarkan masuk gratis. Seperti yang diketahui, Labuan Bajo berfungsi sebagai gerbang masuk bagi turis yang ingin melihat Komodo dari dekat.

New Normal di Pulau Komodo

Meski masuk Pulau Komodo gratis, tetap ada protokol untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional ‘premium’ harus melakukan pendaftaran online.

Presiden Direktur BAdan Pariwisata Labuan Bajo Flores, Shana fatina menyatakan, sistem tersebut dilakukan untuk membatasi jumlah pengunjung yang masuk. Sehingga kelestarian taman tetap terjaga, sekaligus untuk menerapkan protokol kesehatan new normal, juga jaga jarak.

Dokumen yang Diperlukan

Pulau Komodo (IG:shielviachristien)

Selain melakukan pendaftaran online, pengunjung juga harus menyiapkan beberapa dokumen untuk bisa masuk ke Pulau Komodo. #SGB_Family harus memiliki kartu peringatan kesehatan elektronik (e-HAC), bukti asuransi dan kartu identitas.

Pengunjung juga harus menyeragkan rencana perjalanan ke pihak Labuan Bajo. Pemberitahuan persetujuan akan dikirimkan melalui email. Shana menyatakan, “Semua dokumen perjalanan tercetak, terasmuk bukti pemesanan online, harus ditunjukkan ketika mereka tiba di Bandara Komodo.”

Wisata Indonesia Lainnya

Bedugul (IG:@hasinghaa)

Wisata Indonesia lainnya juga sudah mulai bangkit. Dilansir dari travel.kompas.com, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa menyampaikan bahwa Bali akan menyambut wisatawan mulai 31 Juli 2020.

Bersamaan dengan langkah ini, Bali pun mempersiapkan sertifikasi khusus yang disebut dengan Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru Masyarakat Produktif Aman Covid-19. Sertifikasi ini sebagai bukti bahwa Bali mengutamakan keselamatan dan kesehatan wisatawan selama berkunjung.

Syarat dan Tujuan Sertifikasi

Tirta Gangga (IG:n.kulikova)

Dalam proses sertifikasi, pengujian dilakukan dengan memperhatikan standar kebersihan, kesehatan, dan keamanan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bapak Putu merasa bahwa hotel di Bali sangat siap menyambut wisatawan dalam era new normal. Namun, tempat hiburan seperti spa, klub, juga tirta mungkin akan membutuhkan usaha ekstra agar bisa beroperasi dengan aman.

Sebelum siap menyambut turis asing, Bali akan membuka pintu untuk wisatawan lokal lebih dulu. #SGB_Family sudah bisa berkunjung ke Bali mulai 9 Juli 2020. Juga disampaikan bahwa hanya akan ada beberapa tempat wisata yang buka, pemilihan akan sangat selektif.

Kebun Raya Bogor Juga Buka

Kebun Raya Bogor (IG:@sfastiwi)

Selain Pulau Komodo, Bali, ada juga wisata Indonesia yang telah siap menyambut turis, yaitu Kebun Raya Bogor. Dilansir dari travel.detik.com, mulai hari ini, 7 Juli 2002, Kebun Raya Bogor resmi dibuka. Tentunya disertai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Hari pertama buka merupakan uji coba. Jika biasanya tempat wisata ini bisa menampung hingga 21 ribu pengunjung, di era new normal ini, akan membatasi hanya dengan 5000 pengunjung. Jika terkendali, akan ditambah hingga 10.000, dan seterusnya.

Protokol Masuk Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (IG:anandaarhm)

Meski terlihat masih sepi, Kebun Raya Bogor tetap memberlakukan protokol masuk sesuai standar kesehatan. Setiap pengunjung yang masuk diperiksa suhu tubuhnya. Tiket pun harus dibeli secara online.

Di dalam juga ada petugas yang akan berjaga dan mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga jarak, mengenakan masker, dan membawa hand sanitizer.

Itulah beberapa update tentang bukanya wisata Indonesia. Jika #SGB_Family memutuskan untuk berkunjung, pastikan tetap mengikuti protokol dan patuh pada himbauan. Stay safe, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×