fbpx

Thailand Cabut Larangan Masuk, Baca Syaratnya Berkunjungnya!

  • July 6, 2020
  • Dibaca 43 kali

Boleh nggak sih merasa kalau dunia sudah mulai membaik? Beberapa negara sudah siap dikunjungi. Singapura dan Malaysia buka pintu untuk turis dengan persyaratan tertentu. Semua dilakukan agar perekonomian bisa bangkit, meski perlahan. Kabar terbaru, Thailand cabut larangan masuk. Ada beberapa orang yang bakal diizinkan berkunjung. Baca terus keterangan lengkapnya.

Kapan Thailand Cabut Larangan Masuk?

Kuil di Thailand (IG: @iamhp1712)

Dilansir dari Bangkok Post, mulai 1 Juli 2020, Thailand mengizinkan pesawat terbang dan indivud masuk. Namun tetap ada kondisi-kondisi tertentu. Hal ini bertujuan agar keadaan tetap dapat dikendalikan. Sehingga penyebaran virus tidak merajalela.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah: Mematuhi batasan waktu dan aturang orang yang berwenang berdasarkan Undang-undang Imigrasi, Undang-undang penyakit menular, undang-undang penerbangan udara dan keputusan darurat. Seperti yang disampaikan oleh CAAT (Otoritas Penerbangan Sipil Thailand)

Siapa Saja yang Diizinkan Masuk Thailand?

Siapa saja yang boleh masuk Thailand (Bangkok Post)

Memang Thailand cabut larangan masuk. Namun, tetap ada batasan dan belum sebebas sebelumnya. CAAT menetapkan dan mengumumkan bahwa ada 11 kategori pengunjung yang boleh memasuki Negeri Gajah Putih. Siapa saja? Yaitu:

  1. Warga negara Thailand
  2. Individu yang diundang oleh Perdana Menetri atau pihak berwenang yang bertanggung jawab atas keadaan darurat
  3. Pasangan, orang tua, atau anak-anak berkebangsaan Thailand
  4. Orang asing dengan hak tinggal di Thailand
  5. Pasangan asing dan anak-anak dari pemegang izin kerja
  6. Orang-orang yang membawa barang-barang penting dan diperlukan di Thailand. Mereka harus segera meninggalkan negara setelah bisnis selesai.
  7. Pengemudi dan staf kendaraan yang melakukan misi penting di Thailand. Serta ada jadwal yang jelas.
  8. Siswa internasional dan wali mereka
  9. Orang asing dan wali mereka yang mencari perawatan medis Non Covid-19 di Thailand
  10. Staff kedutaan, konsulat, organisasi internasional atau perwakilan pemerintah asing yang harus menjalankan misi mereka di Thailand, sebagaimana diizinkan oleh Kementerian Luar Negeri, serta pasangan, orang tua, anak-anak.
  11. Orang asing yang diizinkan memasuki Thailand sesuai peraturan khusus.

Nah, masih ada kesempatan nih untuk traveler bisa masuk Thailand. Sabar dulu, ya. Tunggu keterangan lebih lanjut tentang asal turis atau dokumen yang diperlukan.

Tujuan Thailand Cabut Larangan Masuk

Bandara Thailand (IG:breeze_cat)

Seperti banyak negara lainnya, salah satu pemasukan tertinggi adalah dari pariwisata. Tujuan dibukanya batasan yang memungkinkan Thailand bisa dikunjungi adalah sebagai bantuan untuk bandara, maskapai penerbangan, dan industri pariwisata Thailand.

Biasanya, sekitar 10 juta penumpang yang melewati Bandara di Thailand. Namun, di tahun ini terhitung hanya ada turis kurang dari 5 juta yang masuk. Kepala Badan Pariwisata Nasional Thailand, Yuthasak Supasorn menyatakan bahwa pendapatan pariwisata tahun ini berkurang hingga 60%.

Tes Covid-19 di Bandara Thailand

Bandara Thailand (IG:tipat_lfc)

Thailand mencabut larangan masuk juga dibarengi dengan langkah antisipasi lainnya. Salah satunya adalah menyediakan rapid tes cepat di Badara kendatangan internasional.

Dilansir dari thejakartapost.com, Pengunjung dengan urusan bisnis, diplomat, dan tamu pemerintah yang menginap selama kurang dari 14 hari dianggap sebagai “pengunjung jalur cepat” yang akan diuji di Bandara Suvarnabhumi untuk memastikan nggak ada yang terinfeksi virus Covid-19.

Tes Covid-19 akan membutuhkan waktu 1,5 jam. Tes ini harganya 3000 Baht ($96). Ini merupakan salah satu persyaratan untuk masuk jlaur cepat tanpa harus menjalani karantina selama 14 hari. Setelah Thailand cabut larangan masuk, sudah ada lebih dari 1000 calon pengunjung yang mengajukan izin.

Update Covid-19 di Thailand

tes Covid-19 (WHO)

Hingga berita ini ditulis, ada 3.195 kasus positif Covid-19 di Thailand. Dari jumlah tersebut, angka kematiannya mencapi 58. Sedang, lebih dari 3 ribu pasien yang sudah dinyatakan sehat. Kini tersisa 65 kasus yang aktif dan 1 pasien yang membutuhkan penanganan khusus.

Thailand sendiri sudah melakukan tes Covid-19 pada lebih dari 600 ribu warganya. Negara ini memiliki populasi mencapai lebih dari 69 juta jiwa.

Itulah beberapa update pariwisata di dunia. Thailand cabut larangan masuk mungkin adalah berita yang ditunggu-tunggu oleh #SGB_Family yang memiliki urusan bisnis atau keluarga di Negeri Gajah Putih. #SGB_Team nggak lelah-lelah untuk mengingatkan agar tetap waspada dan jangan lupa mempraktekkan protokol new normal. Stay safe, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×