fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru July 03, 2020

Pura-pura Liburan, Cek Cara Unik Taiwan Hibur Warganya

Bagikan

Siapa yang nggak kangen liburan? Pasti nggak sedikit #SGB_Family yang harus membatalkan rencana traveling. Ya, kan? Ditambah lagi, harus karantina atau di rumah saja dalam waktu yang sangat lama bisa bikin stress. Namun nggak kekurangan ide. Untuk hibur warganya, Taiwan mengadakan program pura-pura liburan. Penasaran seperti apa? Cek berita lengkapnya di bawah ini, ya.


Bandara Songshan Taipei

Maskapai Taiwan (IGLc.h.aviation)

Dilansir dari businessinsider.com, Bandara Songshan Taipei menawarkan kesempata liburan ke luar negeri untuk 90 traveler. Namun, ini hanya pura-pura liburan. Pada nyatanya, mereka nggak pergi ke mana-mana.

Traveler yang mengikuti program ini akan mendapatkan pengalaman persis seperti liburan. Penumpang akan tiba di bandara, lalu mengikuti tur bandara. Semua ini dilakukan untuk mengurangi kerinduan warga akan liburan yang sesungguhnya.

Apa Saja yang Dilakukan Saat Pura-pura Liburan?

Pura-pura Liburan di Taiwan (IG:@austin.jetz)

Dalam program pura-pura liburan ini, sejumlah 90 penumpang akan datang ke bandara. Pertama, mereka akan diajak untuk menikmati tur bandara. Dilanjutkan dengan pengecekan di bagian imigrasi, kemudian naik pesawat. Benar-benar terasa seperti akan pergi ke suatu tempat baru, kan?

Penumpang akan menghabiskan beberapa waktu di pesawat. Ini akan menjadi pengalaman seru, setelah harus di rumah saja selama beberapa bulan. Terlebih, nggak sedikit yang harus membatalkan perjalanannya. Di momen ini, penumpang akan dibiarkan bernostalgia.

Setelah itu, penumpang akan turun dari pesawat yang sebenarnya nggak terbang ke mana-mana. Namanya juga pura-pura liburan, kan? Proses selanjutnya seperti pengecekan imigrasi, lalu keluar bandara. Peserta juga bisa menikmati fasilitas baru dari Bandara Taipei yang memang sedang renovasi ini.

Kapan Bisa Dicoba?

Bandara Songshan Taipei (IG:rolandohsieh)

Tur atau program pura-pura liburan ini akan ditawarkan pada minggu pertama bulan Juli 2020. Bandara Songshan ternyata menggunakan cara unik ini agar tetap ada penumpang yang berkunjung, meski nggak harus terbang ke mana-mana.

Sejak bulan Mei 2020, Bandara Songshan sedang ditata ulang. Di dalamnya akan ada bioskop drive in, ruang konser, bahkan area untuk tes Covid-19. Wah, keren banget, nih. Meski cuma tur bandara, sepertinya nggak akan bosan.

Taiwan Masih Tutup untuk Orang Asing

Taiwan Masih Belum Bebas Dikunjungi (IG:rolandohsieh)

Dilansir dari thejakartapost.com, meski sudah banyak negara mulai membuka batasannya, Taiwan tampak lebih hati-hati. Meski begitu, negara ini mulai bisa mengizinkan pebisnis dari negara beresiko rendah. Di antaranya adalah New Zealand, Australia, Vietnam, juga Thailand.

Negara lain yang mungkin akan diizinkan masuk Taiwan adalah Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan Macau. Semuanya adalah daerah yang dinilai beresiko sedang hingga rendah.

Syarat Masuk Taiwan

Syarat masuk Taiwan (IG:taipei_songshan_airport)

Sebagai salah satu negara yang free Covid-19 pertama, Taiwan melangkah dengan sangat hati-hati. Setiap yang masuk Taiwan harus memberikan rincian tentang ke mana mereka akan pergi. Selain itu, harus menyertakan bukti pengujian NEGATIF yang berlaku 3 haru sebelum terbang. Penting, wajib menyertakan bukti bahwa mereka datang karena undangan.

Nggak cuma itu, semua yang masuk harus menjalani karantina selama 14 hari. Namun, bisa dipersingkat jika pengunjung mau membayar uji coronavirus dan hasilnya NEGATIF.


Disampaikan oleh Financial Times pada bulan Mei, bandara pusat kota Taipei ini merupakan lalu lintas domestik yang besar. Hingga vaksin ditemukan, sangat kecil kemungkinan bahwa negara kepulauan yang berada di seberang Selat Taiwan dari Cina ini membuka batasannya lebar-lebar.

Kasus Covid-19 di Taiwan

Kasus Covid-19 di Taiwan (IG:xuanhaolfa)

Hingga berita ini ditulis, terdapat 449 kasus positif Covid-19 di Taiwan. Dari jumlah tersebut, total ada 7 kematian. Kini, tersisa empat kasus yang masih aktif. Negara ini sudah melakukan tes pada lebih dari 77 ribu warganya, dari jumlah populasi yang mencapai 23 juta jiwa.

Wah, program pura-pura liburan ini seru juga untuk dicoba, ya. Lumayan untuk mengobati rasa rindu liburan, kangen jalan-jalan di bandara, atau antre di security check. Siapa yang kangen antre keluar dari pesawat? Menurut #SGB_Family, apakah Indonesia bisa mengikuti jejak Taiwan yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial