fbpx

Ada Rapid Test Gratis, Cek Juga Tes Swab dari Garuda Indonesia dan Maskapai Lainnya

  • July 2, 2020
  • Dibaca 234 kali

Bisnis pariwisata sudah mulai menggeliat. Ada banyak cara yang dilakukan negara untuk memancing turis untuk datang. Dari yang memberikan subsidi untuk hotel dan kuliner, ada juga yang memberikan jaminan kesehatan. Cara lain dilakukan oleh maskapai. Setelah rapid test oleh Lion Air yang hanya dijual 95 ribu, diikuti oleh makspai lainnya. Ada juga rapid test gratis, tes swab dari Garuda Indonesia. Cek harga dan pilihan lainnya, ya.

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia (IG:@wahyu.eko)

Tes swab dari Garuda Indonesia sudah bisa dinikmati oleh calon penumpang. Dilansir dari kumparan.com, Garuda Indonesia menyediakan layanan rapid test yang membeli tiket kelas bisnis. Fasilitas ini juga bisa didapatkan oleh penumpang yang membeli layanan Premium Check in.

Tes ini dilakukan di Hutan Kota by Plataran yang berada di kawasan GBK (Gelora Bung Karno), di Jakarta Pusat. Nggak perlu antre check-in, staf Garuda Indonesia di Hutan Kota akan memeriksa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Harga Tes Swab Garuda Indonesia

Penerbangan dengan Garuda Indonesia (IG:garuda.indonesia)

Tes swab Garuda Indonesia adalah hasil kerja sama dengan Indonesia Medical Travel Board. Tes Swab atau PCR dari Garuda dibanderol dengan harga 1.5 juta rupiah. Sedangkan untuk rapid test bisa dilakukan dengan harga 315 ribu rupiah.

Hasil tes akan diberikan secara online. Bisa melalui email, juga pesan online seperti Whatsapp. Namun, hasil dalam bentuk hardcopy juga bisa langsung diambil di Hutan Kota. Hasil rapid test siap dalam 20 menit, sedang test PCR butuh waktu hingga 3 hari.

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air (IG:sriwijayaair)

Nggak cuma tes swab dari Garuda Indonesia, Sriwijaya Group pun menyediakan fasilitas rapid test bagi calon penumpang. Disampaikan oleh Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena, berikut lokasi pengecekan bagi penumpang. Di antaranya adalah:

  1. Sriwijaya Air Tower di Cengkareng
  2. Sales Office Sriwijaya Air Melawai di Jakarta
  3. Sales Office Sriwijaya Air di Makassar
  4. Sales Office Sriwijaya Air di Pontianak

Harga Rapid Test Sriwijaya

Rapid Test dari Sriwijaya Air (IG: @eka.viation)

#SGB_Family bisa langsung datang ke lokasi yang ditentukan. Rapid test dari Sriwijaya dibanderol 300 ribu rupiah. Hasilnya bisa diketahui paling tidak 30 menit setelah menyelesaikan prosedur. Seiring dengan waktu, Sriwijaya akan menambah lokasi pengetesan. Semoga di kota #SGB_Family juga termasuk, ya.

Citilink Sediakan Rapid Test

Citilink (IG:citilink)

Kalau tes swab dari Garuda Indonesia dibanderol hingga 1,5 juta rupiah, anak perusahaan maskapai ini memberikan penawaran yang menarik. Citilink memberikan layanan Rapid test gratis bagi calon penumpangnya. Wah, bisa hemat nih.

Syarat Tes Rapid Gratis dari Citilink

Rapid Test dari Citilink (IG:citilink)

Namun, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi penumpang untuk mendapatkan rapid test gratis ini. Yaitu, penumpang harus melakukan pemesanan tiket pada 1-7 Juli 2020 dengan jadwal penerbangan 2-31 Juli 2020.

Setelah membeli tiket, penumpang akan menerima link pendaftaran layanan dan nomor unik sebagai tanda penerimaan layanan rapid test gratis. Perlu diperhatikan, berikut syarat dan ketentuannya:

  • Calon penumpang Citilink dengan pembelian tiket tanggal 1-7 Juli 2020 dengan periode terbang 2-31 Juli 202o.
  • Layanan rapid test gratis harus segera digunakan, kalau tidak akan hangus
  • Layanan rapid test gratis nggak bisa ditukar dengan uang, juga nggak bisa direfund
  • Jika hasilnya NON REAKTIF, penumpang akan menerima hasil dan surat keterangan sehat, sebagai salah satu dokumen yang wajib dimiliki bagi penumpang pesawat.
  • Jika hasilnya REAKTIF, maka penumpang akan diarahkan ke rumah sakit rujukan untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.
  • Pemeriksaan di daftar Mitra Klinik Citilink dan Klinik Pintar (bisa melakukan pendaftaran di sini.
  • Penumpang harus test maksimal 12 jam sebelum keberangkatan
  • Hasil Rapid Test hanya berlaku maksimal 14 x 24 jam
  • Untuk klaim diperlukan E-Ticket Citilink dan kartu identitas
  • Hasil Rapid Test bisa diterima dalam 10 menit setelah pemeriksaan.

Untuk saat ini, pemeriksaan Rapid Test gratis dari Citilink belum tersedia di bandara-bandara. Namun, nggak menutup kemungkinan akan ada di masa yang akan datang. Sehingga penumpang akan lebih dimudahkan lagi.

Rapid Test dari Lion Air

Lion air sediakan Rapid Test Murah (IG:lionairgroup)

Seperti yang diberitakan lebih dulu. Lion Air hadir dengan rapid test murah meriah, yaitu 95 ribu rupiah. Uji kesehatan ini diperuntukkan khusus calon penumpang (LAG) Lion Air Group (Lion Air, Batik Air, Wings Air). Langkah ini juga merupakan perayaan untuk ulang tahun LAG ke 20 tahun.

Perlu diperhatikan, syarat melakukan rapid test Lion Air di antaranya adalah:

  1. Khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan dengan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air)
  2. Pembelian voucher Rapid Test dapat dilaksanakan dan diperoleh secara langsung pada saat pembelian tiket.
  3. Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket dan belum melaksanakan Rapid Test, maka bisa membeli voucher tes dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel.

Nah semoga tes swab dari Garuda Indonesia dan maskapai lainnya bisa mempermudah #SGB_Family yang berkepentingan ke luar kota atau luar negeri. Diharapkan juga langkah ini bisa menyelamatkan bisnis aviasi, sehingga tiket pesawat tetap terjangkau. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial