fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru July 01, 2020

Negara Terbaik dalam Penanganan Covid-19, Apa yang Dilakukan?

Bagikan

Hampir seluruh dunia berperang melawan wabah Covid-19. Sudah enam bulan lamanya, namun obat Covid-19 masih belum ditemukan. Hingga berita ini ditulis, sudah ada lebih dari 10 juta kasus positif Corona di dunia. Sudah lebih dari 500 jiwa yang meninggal dunia. Ada dua negara terbaik dalam penanganan Covid-19 nih. Khususnya di Asia Tenggara. Apa nih yang bisa kita tiru? Cek lebih dekat yuk.


Kasus Covid-19 di Indonesia

Bali, Indonesia (Photo by Jara Lenz on Unsplash)

Per tanggal 1 Juli 2020, sudah ada lebih dari 56 ribu kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dari angka tersebut, sudah lebih dari 24 ribu pasien yang dinyatakan sembuh. Namun, angka kematian di Indonesia sangat tinggi. Terbaru, jumlah tersebut mencapai lebih dari 2800 jiwa.

Menurut beberapa sumber, Indonesia termasuk salah satu negara yang siap menerima pengunjung di Bulan Juli 2020. Semoga, protokol keluar masuk bandara Indonesia sudah siap, ya. Sehingga penyebaran Covid-19 bisa lebih dikendalikan.

Angka 0 Kematian di Negara Ini

Vietnam (unsplash)

Dilansir dari kompasiana.com, salah satu negara terbaik dalam penanganan Covid-19 adalah Vietnam. Negara ini mencatat nol angka kematian. Ditemukan 353 kasus positif Corona. Hingga kini, tersisa 23 kasus aktif.

Laos

Pantai di Laos (Photo by Ioana Farcas on Unsplash)

Negara terbaik dalam penananganan Covid-19 lainnya adalah Laos. Dalam worldmeters.info, tertulis data hanya ada 19 kasus positif Covid-19 di negara ini. Dan semuanya telah pulih. Negara ini juga mencatat nol kematian karena virus.

Laos melaporkan kasus terakhir kali pada bulan April lalu. Hingga hari ini, tidak ada laporan kasus baru. Laos telah melakukan tes pada lebih dari 15 ribu warganya. Laos sendiri memiliki populasi lebih dari 7 juta jiwa.

Bagaimana Cara Laos Menangangi Covid-19?

Sekolah di laos Ditutup (Photo by Stephen Leonardi on Unsplash)

Laos sepertinya tidak menunggu lama untuk memutuskan menutup negara. Saat ditemukan 8 kasus positif di Laos, pemerintah langsung memberlakukan Lockdown. Negara ini langsung menutup pintu untuk siapapun keluar masuk. Saat itu, yang bisa keluar masuk hanya pengangkutan barang, sehingga perekonomian tetap jalan.

Negara ini juga melarang semua lapisan masyarakat untuk keluar rumah dengan tujuan yang nggak penting. Bahkan pegawai negeri pun bekerja dari rumah. Tidak ada yang diizinkan bepertgian kecuali pengangkutan barang atau kunjungan medis.

Selain itu, Laos juga melarang acara dan pertemuan yang dihadiri lebih dari 10 orang. Nggak ketinggalan juga catatan penting untuk para pedagang dan distributor. Pemerintah melarang menimbun dan menaikkan harga barang secara nggak masuk akal, terutama makanan dan peralatan medis.

Kamboja

Kamboja (Photo by Vicky T on Unsplash)

Negara terbaik dalam penanganan Covid-19 di Asia Tenggara lainnya adalah Kamboja. Letaknya yang dekat dengan Thailand cukup mengkhawatirkan. Namun, kasus positif Covid-19 yang ditemukan di negara ini berjumlah 141 orang dan tingkat kematian di angka nol.

Dari jumlah tersebut, ada 130 orang yang dinyatakan telah sembuh. Tersisa 11 pasien yang masih aktif. Hingga berita ini ditulis. Kamboja telah melakukan lebih dari 36 ribu tes pada warganya. Sedang populasi negara ini mencapai lebih dari 16 ribu jiwa,

Apa yang Dilakukan Kamboja?

Kamboja (Photo by Milada Vigerova on Unsplash)

Sejak ditemukan ada 7 kasus positif di Kamboja, pemerintah langsung menutup sekolah di Kota Siem Reap dan Phnom Penh. Liburan libur panas dimajukan 20 hari dari tanggal yang ditetapkan sebelumnya. Pemerintah juga menutup semua lembaga pendidikan di Kamboja.

Negara terbaik dalam penanganan Covid-19 ini juga langsung menolak semua yang ingin menyeberang ke perbatasan Vietnam. Tidak ada yang boleh keluar masuk, baik lewat darat, udara, maupun laut. Warga negara Vietnam dan Kamboja pun melakukan karantina.


Saat kasus meningkat hingga 119 jiwa, Kamboja pun melarang perjalanan antar provinsi, bahkan antar distrik. Meskipun pergerakan dalam ibukota diizinkan, namun warganya nggak boleh bepergian ke luar kota, ke luar provinsi, juga antar kabupaten.

Penanganan Covid-19 negera ini termasuk transportasi yang diizinkan hanyalah yang membawa pejabat pemerintah dengan urusan penting. Lainnya adalah pengangkutan barang dan medis.

Sempat terjadi peningkatan kasus hingga 100%. Karenanya, semua pertemuan keagamaan dihentikan. Selain itu, sekolah, bioskop, musuem, juga KTV pun dilarang beroperasi.

Itulah dua negara terbaik dalam penanganan Covid-19. Selain pemerintah, semua warganya pun harus ikut bekerjasama dengan disiplin dan patuh pada himbauan. Semoga langkah-langkah baik bisa ditiru, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×