fbpx
Topik / Artikel
Tips June 28, 2020

5 Aturan di Singapura yang Bikin Bangkrut Jika Dilanggar, Traveler Wajib Tahu!

Bagikan

Singapura adalah surga bagi #SGB_Family yang suka berwisata kuliner, karena negara kecil ini menawarkan beragam kuliner khas. Selain terkenal dengan ragam kulinernya serta popularitasnya sebagai surga belanja, Singapura juga sangat bersih dan disiplin. Jadi, tidak heran jika banyak aturan di Singapura yang juga berlaku untuk traveler.

Jangan coba-coba melanggar peraturan tersebut. Meskipun terlihat sepele, denda yang dikeluarkan lumayan menguras kantong. Penasaran apa saja aturan tersebut? Berikut ini daftarnya.

Merokok di tempat umum
Merokok di tempat umum ( Unsplash : @handywicaksono)

Jangan sekali-sekali mencoba untuk merokok di tempat umum ketika #SGB_Family berlibur di Singapura. Sebagian besar tempat umum di Singapura melarang pengunjungnya merokok, termasuk di bis umum, lift, taksi, bioskop, kantor pemerintah, restoran, hingga pusat perbelanjaan. Polisi Singapura sangat tegas dengan peraturan ini dan akan memberikan sanksi di tempat hingga sebesar S$1000. Lumayan besar bukan?

Permen Karet di Singapura
Permen Karet di Singapura (Unsplash : @mirandco)

Meski terlihat sepele, mengunyah permen karet juga dilarang di negeri Singa ini. #SGB_Family bisa kena denda sebesar S$1000 jika ketahuan sedang mengunyah permen karet. Bahkan membawanya saja sudah terkena denda. Aturan di Singapura satu ini sebenarnya berlaku setelah pemerintah menghabiskan banyak biaya untuk membersihkan permen karet yang menempel di tempat umum.

Menyebrang di jalan
Menyebrang di jalan (Unsplash :@lvnatikk)

Hati-hati jika menyeberang jalan di Singapura. Pastikan menyeberang di tempat yang sudah ditentukan. Tunggu lampu hijau menyala, baru kemudian berjalan dengan hati-hati. Selain berbahaya, menyeberang dengan sembarangan akan dikenakan denda sebesar S$20 hingga S$1000. Dengan biaya tersebut, #SGB_Family bisa bermalam di hotel berbintang.

Buang sampah di tempatnya, salah satu aturan di Singapura
Buang sampah di tempatnya, salah satu aturan di Singapura (Unsplash : @deepika_murugesan)

Jangan heran dengan negara Singapura yang terkenal bersih. Hal ini tidak lain karena aturan keras yang diberlakukan soal membuang sampah. Pembuang sampah sembarangan akan dikenakan denda mulai dari S$300 hingga S$1000, jika melakukan pelanggaran ini. Tidak ada alasan bagi pelanggar, karena tempat sampah umum bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut di negara ini.

MRT Singapore
MRT Singapore (Unsplash : @cobblepot)

Situs transportasi umum di Singapura seperti SBS Transit sudah menyebutkan bahwa penumpang dilarang merokok, makan, minum, ataupun membuang sampah sembarang di atas bis. Meski demikian, tidak disebutkan ada denda jika makan atau minum di bis. Tapi, makan atau minum di MRT akan membuat #SGB_Family mendapatkan denda hingga sebesar S$500. Jikapun sudah terasa lapar atau haus, tunggu sejenak hingga sampai di tempat tujuan.

Nah, itulah tadi beberapa aturan di Singapura yang harus wajib #SGB_Family ketahui. Meskipun terlihat sepele, peraturan tersebut bisa membuat dompet kering kerontang bahkan bangkrut sebelum liburan. Jadi, tetap jadi traveler bijak ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial