fbpx
Topik / Artikel
Tips June 27, 2020

Tarif Taksi Singapura Mahal, Cek Fakta Transportasi Lainnya

Bagikan

Bagi Traveler yang sudah sering keluar masuk Singapura, pasti tidak asing lagi dengan tarif taksinya. Biaya yang dikeluarkan untuk sekali perjalanan dengan alat transportasi ini cukup menguras kantong. Bahkan, jika tidak jeli dalam memilih waktu bisa bikin dompet makin kering. Nah, agar #SGB_Family makin paham tentang tarif taksi Singapura, berukur ulasan beserta fakta transportasi umum lainnya.

Taksi Singapura
Taksi Singapura (IG : rellypops)

Taksi Singapura bisa dibilang sebagai alat transportasi cepat, nyaman dan aman, terutama bagi traveler. Apalagi kendaraan tersebut memiliki lisensi penuh serta memakai sistem meter yang adil dan transparan. Namun, hal tersebut tidak membuat biayanya ekonomis, melainkan makin boros. Bahkan, untuk sekali perjalanan biaya dari bandara menuju kota sekitar $20 sampai $40.

Harga tersebut bisa lebih mahal tergantung waktu, hari, serta kondisi lalu lintas. Biaya tambahan yang bisa dikenakan jika menggunakan taksi di tengah malam sampai jam 6 pagi mencapai 50% per meternya. Sedangkan perjalanan dari bandara dikenakan biaya sebesar $3 di hari kerja dan $5 saat akhir pekan. Belum lagi ongkos lainnya seperti tol masuk kota.

MRT Singapura
MRT Singapura (IG :david.febryanto)

Melihat tarif taksi Singapura yang cukup menguras kantong, sebaiknya memilih transportasi lainnya yang lebih ramah kantong. Salah satunya MRT yang sudah memiliki rute ke beberapa kota-kota besar di Singapura. Selain murah meriah, kecepatannya tak perlu diragukan lagi. Sehingga waktu yang dihabiskan di perjalanan lebih sedikit dan bisa jelajah tempat wisata lebih banyak lagi.

Stasiun yang menjadi tempat pemberhentian MRT cukup banyak dan tersebar dari barat ke timur dan selatan ke utara. Kendati tidak menjangkau daerah pinggiran, ada beberapa stasiun yang terintegrasi dengan bus. Pembayaran MRT juga sangat mudah, yaitu dengan cara manual atau memakai kartu transportasi pintar seperti Ez-Link atau Singapore Tourist Pass.

Bus di Singapura lebih murah dibanding tarif taksi Singapura
Bus di Singapura lebih murah dibanding tarif taksi Singapura (IG :boobsingapor)

Selain MRT, bus juga bisa jadi alternatif untuk mendukung aktivitas liburan #SGB_Family di Singapura. Ada dua operator yang berjalan, yaitu SBS Transit (Bus merah putih) serta SMRT (bus kuning) dengan tarif mulai dari $1,50- $3,00. Kendaraan ini mulai beroperasi dari jam 5.30 pagi sampai tengah malam. Bahkan ada layanan malam yaitu Nite Owl dan Night Rider.

Keuntungan memakai bus yaitu memiliki rute yang melewati hampir seluruh jalanan Singapura. Bahkan ada bus yang melayani jalanan perumahan dan berhenti di persimpangan bus di jalanan besar. Sangat cocok digunakan menuju destinasi yang susah dijangkau MRT. Lama waktu yang diperlukan menunggu bus yaitu 15 menit dan 30 menit di jam-jam sibuk.

Naik Bus SBS Transit
Naik Bus SBS Transit (IG : singaporebuses)

Taksi sangat memungkinkan digunakan di saat malam hari. Apalagi jika MRT sudah tidak beroperasi lagi. Meski tarif taksi Singapura mahal, kenyaman dan keamanan akan didapatkan sampai di lokasi. Hal tersebut pula yang menjadikan taksi sangat tepat digunakan di malam hari.

Berbeda dengan taksi, MRT dan bus bisa digunakan kapan saja. Namun, sebaiknya hindari jam-jam sibuk karena jumlah penumpang akan naik. Kendati waktu tunggu lebih cepat, tapi tetap saja dapat mengurangi kenyamanan selama berkendara.

Taksi di Singapura
Taksi di Singapura (IG :flyingfyllis)

Jika tidak ada pilihan bagi #SGB_Family, ada beberapa tips memakai taksi yang perlu diketahui. Pertama, pilih taksi resmi di Singapura yaitu Comfort Transportation, CityCab, Yellow Top Taxi,  SMRT Taxis, Trans-Cab Services, SMART Automobile, Premier Taxis dan Prime Taxi.

Tips berikutnya menyiapkan uang cash, karena jatuhnya lebih murah. Jika memakai kartu kredit, #SGB_Family akan dikenakan biaya administrasi tambahan sekitar 10%. Tips selanjutnya agar tidak tekor setelah melihat tarif taksi Singapura adalah menghindari naik di saat jam-jam sibuk. #SGB_Family bisa mengeluarkan uang lebih tinggi 50% dari biasanya.

Sudah tahukah perbedaan tarif taksi Singapura dengan alat transportasi lainnya? Bagaimana, sudah mempertimbangkan kendaraan apa yang nantinya akan digunakan selama liburan?Pastikan juga #SGB_Family mengetahui alat pembayaran yang digunakan per kendaraan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×