fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 26, 2020

Tanpa Masker Denda 785 Juta, di Negara Mana Ya?

Bagikan

Hampir seluruh negara berperang melawan wabah Covid-19. Setelah lockdown, menutup semua akses keluar masuk dan mengendalikan penyebaran, beberapa negara sudah mulai mengurangi pembatasan. Mall dan kafe dibuka. Bahkan potret new normal terlihat di mana-mana. Ingat, wajib pakai masker! Bahkan ada yang memberlakukan tanpa masker denda hingga 785 juta rupiah. Negara mana ya?

Siap Bayar 2 Juta Saat Melanggar

Israel (Photo by Sander Crombach on Unsplash)

Polisi Israel telah mengeluar denda bagi warga yang keluar rumah tanpa masker. Dilansir dari timesofisrael.com, para menteri menyetujui denda senilai NIS 200 (sekitar 800.000 rupiah) untuk warga yang melanggar pertama kali.

Namun denda meningkat menjadi NIS 50 yang sudah berkali-kali. Aturan ini berlaku bagi warga selain di bangunan tempat tinggal atau tempat yang dikunjungi secara teratur (seperti kantor).

Singapura: Denda Hingga 3 Juta

Flag of Singapore (usnplash)

Sejak April kemarin, di Singapura sendiri telah memberlakukan peraturan wajib mengenakan masker saat berada di luar rumah. Denda yang akan dikenakan adalah SGD300 atau sekitar 3 juta rupiah. Aturan ini berlaku untuk siapapun yang sedang berada di Singapura.

“Bagi yang melanggar akan didenda hingga SGD300 untuk pelanggaran pertama dan peningkatan denda dan hukuman untuk pelanggaran selanjutnya.” tulis keterangan KBRI Singapura.

Tanpa Masker Denda Hingga $1000 di Texas

Texas (Photo by Enrique Macias on Unsplash)

Di Texas, warga yang keluar rumah tanpa masker denda hingga $1000. Dilansir dari usnews.com, Dewan Kota Laredo bahkan mengeluarkan beberapa aturan, seperti menetapkan jam malam harian. Akan ada petugas yang menegakkan peraturan ini.

Selain bekerja dan kepentingan yang mendesak, warga diharapkan untuk tetap tinggal di rumah. Denda bisa berupa uang atau penjara selama 180 hari.

Denda Hingga Ratusan Juta di Sini

Denda di Jerman (Photo by AC Almelor on Unsplash)

April kemarin, dilansir dari theguardian,com menyatakan bahwa peraturan baru mulai berlaku secara hukum yang mengharuskan sebagian besar orang di Jerman wajib mengenakan masker. Baik di kendaraan umum, kereta jarak jauh, juga di pertokoan.

Denda tersebut antara 25-10.000 Euro atau kisaran 160 juta rupiah. Tarif akan berbeda di seluruh negeri. Kota seperti Berlin dan Brandenburg bersikeras nggak akan memberlakukan denda, namun menunjukkan rasa saling menghomati dengan mengenakannya secara sukarela.

Denda paling mahal akan berlaku bagi pemilik toko dan pegawainya yang tertangkap nggak mengenakan masker. Ada juga denda tambahan bagi pelanggar yang mengulang-ulang kesalahan ini,

Tanpa Masker Denda Hampir 1 Miliar

Qatar (Photo by kyryll ushakov on Unsplash)

Dilansir dari thejakartapost.com, Kementerian Dalam Negeri Qatar mengumumkan bahwa keluar rumah wajib menggunakan masker. Peraturan ini sudah diberlakukan mulai Mei 2020 lalu.

Yang mencengangkan, siapapun yang melanggar dan keluar rumah tanpa masker denda hingga 200.00o riyal (sekitar 785 juta rupiah). Bahkan, pelanggar bisa dipenjara hingga tiga tahun. Peraturan ini nggak berlaku hanya saat mengemudi di dalam kendaraan. Wow banget nih dendanya.

Itulah beberapa negara dengan aturan tanpa masker denda sekian. Dari yang murah, hingga nilai denda yang mahal banget. Mungkin biar kapok dan nggak mengulangi lagi, ya. Di manapun berada, pastikan #SGB_Family tetap mengenakan masker. Kalau memang nggak ada kepentingan sangat mendesak, di rumah saja! Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial