fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 26, 2020

Jepang Buka untuk Negara-negara Ini, Apakah Indonesia Termasuk?

Bagikan

Selain Singapura, negara mana lagi nih yang paling #SGB_Family tunggu-tunggu untuk bisa dikunjungi? Malaysia terima turis dari 6 negara dalam waktu dekat, lho. Kabar terbaru, Jepang buka untuk negara-negara tertentu. Apakah Indonesia termasuk? Baca untuk keterangan lebih lengkap, ya.

Hanya Ada Penerbangan Tertentu

Penerbangan dari Jepang (Photo by Denisse Leon on Unsplash)

Dilansir dari thejakartapost.com, mulai Kamis 25 Juni 2020 kemarin, Jepang melanjutkan penerbangan internasional dengan epsawat sewaan dari Bandara Narita menuju Vietnam. Ini merupakan penerbangan pertama dari yang diatur oleh Japanese Chamber of Commerce and Industry di Vietnam.

Pesawat hanya mengangkut 150 penumpang dan semuanya mengenakan pakaian pelindung, juga masker. Sesampainya di Bandara Vietnam, para penumpang harus menjalani tes PCR dan karantina mandiri selama dua minggu.

Kepentingan Bisnis

Vietnam buka pintu untuk pekerja Jepang (Photo by Andreea Popa on Unsplash)

Penerbangan ini untuk menerbangan SDM dari Jepang ke Vietnam. Produksi di beberapa fasilitas Jepang yang berbasis di Vietnam telah lesu karena kurangnya pekerja dari Jepang.

“Saya lebih lega, daripada bahagia. Kami sekarang akan memiliki sumber daya manusia yang kami butuhkan untuk memulai kembali operasi kami,” Ketua Sharp Manufacturing Vietnam Wada Kazuhito dikutip oleh media lokal menjelaskan. Secara total, tiga penerbangan tersebut akan membawa 440 pekerja ke Vietnam.

Jepang Buka untuk Negara-Negara Tertentu

Jepang buka untuk Negara Thailand (Photo by Mathew Schwartz on Unsplash)

Awal bulan, pemerintah mengumumkan bahwa Jepang akan melonggarkan pembatasan. Untuk pembukaan, tepatnya musim panas Jepang buka untuk negara Australia, New Zealand, Thailan, dan Vietnam. Setiap harinya hanya akan menerima 250 pekerja atau pebisnis.

Sebaliknya, Australi dan New Zealand melaporkan bahwa masih terlalu dini untuk mengizinkan pelancong Jepang untuk masik. Selain itu, sekitar 177 negara dan wilayah juga melakukan pembatasan untuk siapapun yang masuk dari Jepang.

Protokol Masuk Jepang

Protokol Masuk Jepang (Photo by Jezael Melgoza on Unsplash)

Jepang buka untuk negara-negara tertentu yang dinilai berhasil mengendalikan wabah Covid-19. Meski begitu, pemerintah tetap memberlakukan protokol keselamatan.

Semua yang diizinkan masuk dari luar negeri harus menjalani tes PCR sebelum tiba di Jepang. Hasilnya harus NEGATIF. Sesampainya di Jepang, mereka akan diminta untuk tes PCR lainnya.

Pendatang yang memenuhi syarat akan diminta untuk menyerahkan rincian tempat tinggal selama kunjungan, beserta rencana perjalanan ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Dihimbau untuk nggak menggunakan transportasi umum. Serta pendatang diminta untuk menggunakan aplikasi GPS di smartphone guna mencatat jejak.

Negara-negara Lain yang Diincar Jepang

Korea Selatan (unsplash)

Jepang buka untuk negara-negara terpilih. Selain Vietnam, Thailand, Australia dan New Zealand berhasil mengatasi wabah, negara-negara ini juga memiliki hubungan bisnis dengan Jepang.

Pemerintah juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mencari cara untuk memperluas jangkauan. Pelonggaran batasan yang direncanakan akan menyangkut negara Cina, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Update Covid-19 di Jepang

Update Covid di Jepang (japan-travel)

Hingga berita ini ditulis, kasus positif Covid-19 di Jepang mencapai angka lebih dari 18.000. Setiap harinya terjadi peningkatan yang signifikan. Dilansir dari japan-guide.com, Jepang pun masih menutup pintu dari ratusan negara. Warga asing yang sempat berkunjung ke 117 negara, termasuk Indonesia akan ditolak masuk Jepang.

Update Jepang (Japan Travel)

Pemerintah juga membatasi kedatangan untuk penerbangan dari Cina atau Korea ke Bandara Narita atau Kansai. Keberangkatan ke dua negara ini juga tidak diperbolehkan. Peraturan ini berlaku hingga akhir Juni 2020, namun bisa diperpanjang lagi.

Itulah beberapa berita terbaru, Jepang buka untuk negara-negara tertentu. Dan Indonesia belum termasuk. Semoga keadaan negeri cepat membaik, ya. #SGB_Family yang berkepentingan ke luar negeri, bisa pergi. Untuk #SGB_Family yang lain, di rumah saja dulu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×