fbpx
Topik / Artikel
Tips June 25, 2020

Weekend Hemat di Singapura, Siapa Bilang Ngga Bisa? Cek Caranya!

Bagikan

Memilih berlibur saat weekend memang terbilang cukup tricky. Pasalnya, sebagai masa high season, berbagai hal mulai dari tiket pesawat hingga akomodasi melonjak cukup tinggi. Walaupun begitu, bukan berarti #SGB_Family harus mengurungkan niat untuk berlibur. Daripada pusing, berikut #SGB_Team berikan beberapa tips agar bisa menghabiskan weekend hemat di Singapura. Sudah siap?

1. Pilih Low Cost Airlines ke Singapura

Pilih penerbangan murah (unsplash)

Tiket penerbangan untuk berlibur saat weekend sudah pasti melonjak dari harga biasanya. Daripada membuang budget untuk full-service airlines, lebih baik memilih low cost airlines yang kini mulai marak keberadaannya. Lagipula, jarak Indonesia – Singapura nggak terlalu jauh, jadi kamu bisa tetap nyaman walau menggunakan low cost airlines.

Tips: Jika memang berencana liburan weekend hemat di Singapura, pesanlah tiket pesawat sejak jauh-jauh hari. Walaupun terhitung high season, namun jika beli sejak jauh hari, #SGB_Family tetap bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding membelinya ketika sudah dekat waktu keberangkatan.

2. Menginap di Dorm atau Coba Couchsurfing

Dormitory (Photo by Marcus Loke on Unsplash)

Soal penginapan, lupakan sejenak hotel berbintang. Sebab di saat weekend, harga hotel di Singapura cenderung lebih mahal dari biasanya. Sebagai opsi, #SGB_Family bisa memilih tempat menginap murah dengan konsep dorm yang tersebar di berbagai wilayah Singapura.

Jangan lupa juga untuk cek-cek promo hotel yang ada. Sering-sering pantengin SGB biar nggak ketinggalan promo hotel, ya. Atau jika mau yang benar-benar gratis, #SGB_Family bisa mencoba couchsurfing dan mencari host yang siap “menampung” selama di Singapura.

3. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Haw Par Villa (IG:mersiskalie)

Singapura memang dikenal dengan beragam destinasi wisatanya yang menawan. Sebut saja museum seni-teknologi ArtScience, hingga theme park ternama Universal Studio Singapore yang ada di Pulau Sentosa. Namun untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut #SGB_Family tentu perlu merogoh kocek pribadi. Belum lagi di momen high season, tempat-tempat tersebut juga cenderung lebih ramai dari biasanya.

Haw Par Villa (IG:jullionz)

Agar budget tetap terjaga saat liburan weekend hemat di Singapura, pilihlah beragam destinasi wisata yang murah bahkan gratis. Ya, Singapura memiliki beragam atraksi yang bisa dinikmati secara gratis. Misalnya, area Gardens by the Bay, Merlion Park, Marina Barrage, Siloso Beach, Palawan Beach, Haw Par Villa, Fort Canning Park, dan masih banyak atraksi gratis lainnya.

4. Naik Transportasi Umum dan Sering Jalan Kaki

MRT (Unsplash)

Bukan rahasia umum lagi kalau transportasi pribadi di Singapura memiliki harga yang relatif tinggi. Maka dari itu, sebagian besar warganya memilih untuk naik transportasi publik seperti MRT atau Bus, bahkan berjalan kaki. Nah, jika #SGB_Family mau menghemat budget, ikutilah kebiasaan masyarakat Singapura tersebut.

Tenang, sistem transportasi publik di Singapura itu jelas banget, kok! Ditambah lagi jalur pedestriannya yang nyaman dan luas. Jadi, enggak perlu khawatir kalau ingin memilih dua opsi tersebut. Jangan lupa praktekkan semua travel hacks ala SGB, ya!!

5. Makan di Hawker, Khas Singapura

Budaya Hawker Center Singapura
hawker Centre Singapura

Ketika sedang menjadi backpacker di Singapura, lupakan sejenak untuk makan fast food. Sebab di Negeri Singa, #SGB_Family harus mencoba langsung kekayaan kulinernya yang merupakan perpaduan dari empat etnis berbeda. Nah, tempat terbaik dan ramah kantong untuk mencobanya adalah di hawker.

Bagi kamu yang belum tahu, hawker merupakan pusat kuliner (seperti food court) yang menyediakan beragam pilihan kuliner Singapura. Harga yang ditawarkan oleh hawker pun relatif lebih murah. Contohnya untuk seporsi Nasi Hainan komplit, kamu cukup membayar 4-5 SGD saja.

Itu dia beberapa tips yang bisa #SGB_Family terapkan agar bisa liburan weekend hemat di Singapura. Catat ini dan bisa langsung dipraktekkan saat Singapura sudah bisa membuka batasan untuk semua orang, ya. Untuk sementara, stay safe di rumah jika nggak punya kepentingan mendesak. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial