fbpx

Intip Desain Pesawat Anti Covid-19, Mirip Bus Nih!

  • June 23, 2020
  • Dibaca 144 kali

Sudah lebih dari 5 bulan kita berperang melawan wabah Covid-19. Virus ini menyerang hampir seluruh negara di dunia. Namun, belakangan sudah banyak negara yang siap dikunjungi. Untuk memfasilitasi traveling aman, ada lagi desain pesawat anti Covid-19, nih. Seperti apa? Yuk, lihat beritanya.

Tempat Tidur Ganda

Tempat duduk ganda (IG:zephyrseat)

Dilansir dari edition.cnn.com, Jeffrey O’Neill, seorang perancang menyuguhkan desain pesawat anti Covid-19. Visi yang dibawa adalah menjaga jarak antara penumpang. Desain terbaru ini diberi nama Zephyr Seat.

Sebuah desain yang mengkonfigurasi ulang kabin pesawat dengan tempat tidur ganda bertingkat dalam ekonomi premium sedang disebut-sebut sebagai solusi yang memungkinkan penumpang bisa terlindungi dari penyebaran virus Covid-19.

“Kami percaya bahwa tipe baru dari pelancong akan membutuhkan privasi atau akan ingin membayar ekstra untuk itu sebanyak yang mereka bayar untuk kemampuan tidur,” O’Neill, pendiri dan CEO pemula Zephyr Aerospace, mengatakan kepada CNN Travel .

Visi Misi Desain Terbaru

Bisa meluruskan kaki (IG:zephyrseat)

Dengan Zephyr Seat, maskapai penerbangan menyediakan tempat duduk bertingkat dalam konfigurasi 2-4-2. Desain ini akan memungkinkan mayoritas maskapai penerbangan global dapat mempertahankan kepadatan tempat duduk yang sama dengan kabin ekonomi premium.

Inspirasi ini datang saat O’neill terbang dari New York ke Singapura dengan penerbangan terlama. Ia merasa sangat tidak nyaman sehingga tidak bisa menutup mata. “Ini benar-benar tidak nyaman. Mengapa sangat sulit untuk menemukan cara yang terjangkau untuk berbaring di penerbangan selama 19 jam?” jelasnya.

Mirip Bus

Untuk penerbangan panjang (IG:zephyrseat)

Apa yang terbayang pertama kali ketika melihat desain pesawat anti Covid-19 untuk kelas bisnis ini? Yap, mirip bus! Memang benar, O’neill mengingat perjalanan jarak jauh dengan bus dan memanfaatkan tempat tidur susun. Ia pun bisa istirahat lebih nyaman.

Penumpang tetap nyaman (IG:zephyrseat)

O’neill butuh dua tahun. Ia dan mitra desainnya merencanakan hingga kini ada maket seukuran asli untuk membuktikan kelayakan pesawat dengan model ini.

Prinsip Tempat Duduk Ganda

Mirip bus bertingkat (IG:zephyrseat)

Konsep tempat duduk ganda ini memanfaatkan ruang yang ada di antara kursi dan tempat sampah. “Kami pada dasarnya memasang kembali seluruh kursi di atas yang lain. Jadi pada dasarnya dua tingkat, tidak setinggi tanah seperti yang dibayangkan orang, hanya empat setengah kaki dari titik masuk ke kursi bawah ke kursi atas.” jelasnya.

Butuh tiga tahun untuk tes keamanan (IG:zephyrseat)

Hasilnya, bakalan ada lebih banyak ruang untuk kaki penumpang tanpa memaksa maskapai untuk mengorbankan ruang atau mengurangi jumlah penumpang.

Peluang Penerbangan Baru

Welcome Tiket Pesawat Mahal

Gagasan ini masih dalam tahap awal. O’neill mengaku ia telah berbicara kepada beberapa maskapa besar di tahun 2019 lalu. Tahap selanjutnya adalah tes keamanan yang diperlukan. Seluruhnya, mungkin akan membutuhkan waktu tiga tahun.

Namun, kondisi saat ini bisa menjadi pembeda. Kita tidka pernah tahu bagaimana masa depan penerbangan selama beberapa bulan ke depan, apalagi bertahun-tahun. Kemungkinan akan ada permintaan yang lebih besar mengenai jaga jarak di atas pesawat.

Meningkatnya privasi yang ditawarkan desain pesawat anti Covid-19 dengan tempat duduk ganda ini dapat menyakinkan penumpang yang menuntut adanya jarak. Kemungkinan lainnya adalah lebih sedikit penerbangan terjadwal dan lebih sibuk, juga lebih mahal.


Disampaikan juga, “Harga untuk kelas bisnis atau kursi kelas satu akan berada di luar jangkauan untuk mungkin sekitar 85% dari semua pelancong, yang berarti pilihan yang lebih terjangkau mungkin menjadi kenyataan atau pertimbangan bagi banyak dari orang-orang itu,”

Desain Pesawat Lainnya

Pesawat Setelah Covid-19
Pesawat Setelah Covid-19( designboom.com)

Beberapa waktu yang lalu, designboom.com juga menyuguhkan model pesawat yang bisa digunakan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Perusahaan Italia ini mendesain tempat duduk dengan seat tengah yang terbalik, yaitu Desain Janus.

Desain lainnya adalah dilengkapi perisai di setiap tempat duduk. Sehingga menciptakan batasan antar penumpang. Perisai ini bisa membatasi napas secara tidak langsung. Terbuat dari bahan yang aman dan gampang dibersihkan.

Bisnis Penerbangan Merosot

Pariwisata merugi (unsplash)

Seperti yang diketahui, banyak negara yang menutup pintu. Lockdown di mana-mana. Pariwasata mati total yang akhirnya berpengaruh pada bisnis penerbangan. Asosiasi Transportasi Udara Internasional memprediksi bahwa kerugian maskapai global mencapai US $314 miliar di tahun ini.

Kini sudah banyak negara yang mulai membula batasannya. Malaysia akan terima turis dari beberapa negara. Semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk semuanya, ya. Gimana nih menurutmu tentang desain pesawat anti Covid-19 ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial