fbpx
Topik / Artikel
Tips June 22, 2020

Tips Aman Stay di Hotel saat Pandemi Covid-19, Cek Hal Ini!

Bagikan

Nggak cuma Negeri Singa yang membuka batasan, beberapa traveler bisa masuk Singapura. Banyak #SGB_Family yang akhirnya bisa berpergian. Mungkin ada urusan keluarga atau kepentingan bisnis yang penting. Mau gak mau, harus stay di hotel saat pandemi. Tenang, ada beberapa tips agar bisa meminimalisir tertular virus. Sudah siap?

Hindari Kontak Fisik dengan Permukaan Apapun

Hindari kontak fisik (Photo by Radoslav Bali on Unsplash)

Dilansir dari thejakartapost.com, Pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyatakan bahwa perjalanan atau traveling bisa meningkatkan peluang tertular dan menyebarkan virus Covid-19. Dengan ini, Asosiasi Hotel dan Penginapan Amerika memberikan tips aman stay di hotel saat pendemi.

Yang pertama adalah menghindari kontak fisik dengan permukaan. Virus bisa tertinggal di permukaan benda, termasuk pada ruang tamu hotel, wastafel kamar mandi, selimut yang belum dibersihkan atau didesinfektan.

Cek Beberapa Hal dengan Pihak Hotel

Pengecekan suhu tamu dan staff hotel (unsplash)

Perlu diingat, tidak ada tips aman stay di hotel yang 100% berhasil. Jauh lebih aman tinggal di rumah saja. Namun untuk #SGB_Family yang berkepentingan mendesak, pastikan untuk menghubungi pihak hotel dan menanyakan hal-hal di bawah ini:

  1. Kebersihan: Pembersihan lobby, kamar, restoran dengan produk yang benar dan dilakukan secara teratur. Tanyakan juga apakah tempat cuci tangan atau hand sanitizer disediakan di titik-titik ramai.
  2. Kualitas udara: Adakah peningkatan pertukaran udara, seperti filter HEPA dalam sistem ventilasi.
  3. Opsi tanpa kontak fisik, seperti kunci digital.
  4. Kebijakan dan protokol tentang masker.
  5. Pengecekan kesehatan untuk tamu dan staff.
  6. Apakah hotel memberlakukan batasan kapasitas tamu dan menghimbau jaga jarak.
  7. Pilih hotel yang melarang tamu menginap semalam saja, karena bisa meningkatkan peluang banyaknya orang yang datang.

Protokol Stay di Hotel Saat Pandemi

Menggunakan masker selalu

Tips aman stay di hotel nggak berhenti setelah mendapat semua jawaban memuaskan dari pihak akomodasi. #SGB_Family wajib mempraktekkan protokol demi keamanan. Di antaranya adalah tetap mengenakan masker dan menjaga jarak dari orang lain.

Perlu dipraktekkan juga, menghindari berada di tempat tertutup (seperti lift) terlalu lama. Hindari juga menyentuh permukaan barang, seperti gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, bahkan meja dan kursi makan.

Sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer sebelum makan atau setelah berada dari ruangan untuk umum. Hindari menggunakan fasilitas umum seperti kolam renang dan gym. #SGB_Family bepergian untuk urusan bisnis, bukan?

Bawa Kantong Khusus

Siapkan kantong khusus (Photo by Clay Banks on Unsplash)

Seperti biasa, saat proses check in biasanya akan diminta menunjukkan kartu pengenal, kartu kredik, atau kunci. Untuk meminimalisir penularan, masukkan semua barang yang tersentuh orang lain dalam kantong khusus setelah dibersihkan dengan desinfektan sendiri.

Nggak Perlu Bell Boy

Angkat sendiri barangmu (Photo by ConvertKit on Unsplash)

Tips aman stay di hotel saat pandemi adalah nggak perlu pakai jasa bell boy. Bawa tas dan kopermu sendiri menuju kamar. Hal ini untuk menghindari kontak dengan orang lain. Meski begitu, pastikan tetap membersihkan barang-barangmu dengan desinfektan, ya.

Permintaann Khusus Saat Make Up Room

Ganti sprei dan selimut (Photo by Steven Ungermann on Unsplash)

Saat masuk kamar, pastikan membersihkan semua permukaan yang kemungkinan akan sering tersentuh. Siapkan tisu atau disenfektan sekali pakai. Hal ini untuk perlindungan ganda meski pihak hotel menyatakan telah membersihkan kamar sebelum #SGB_Family masuk.

Setiap harinya, kamar akan dibersihkan oleh cleaning service. Saat terjadi pembersihan kamar, lebih baik #SGB_Family keluar kamar. Dan pastikan meminta pertukaran sarung bantal, sprei, dan selimut yang baru.

Nggak Makan Di Restoran

Room service (Photo by Adi Goldstein on Unsplash)

Tidak berada terlalu lama di fasilitas umum termasuk restoran. Hindari makan di restoran, lebih baik meminta room service. #SGB_Family bisa menikmati makan di dalam kamar. Pastikan tetap membersihkan tangan sebelum makan.

Semua tips aman stay di hotel saat pandemi mungkin bisa memperkecil kemungkinan tertular dan menularkan virus. Namun, SGB nggak henti-hentinya menghimbau untuk stay di rumah saja jika nggak ada kepentingan yang sangat mendesak. Stay safe, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru

Populer

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
×