fbpx
Topik / Artikel
Berita Terbaru June 22, 2020

Malaysia Terima Turis dari 6 Negara, Mana Saja?

Bagikan

Covid-19 menyerang hampir seluruh dunia. Nggak cuma Italia, Korea Selatan, bahkan Malaysia sempat lockdown. Nggak boleh ada yang yang melewati perbatasan, bahkan warga negaranya. Namun keadaan sudah mulai membaik. Setelah membuka lockdown, kini ada wacana Malaysia terima turis dari beberapa negara. Mana saja? Apakah Indonesia termasuk?

Malaysia Sempat Lockdown

Malaysia (IG:nikita_apalko)

Pada Senin 16 Maret 2020, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan bahwa Malaysia akan menutup akses. Penutupan ini dimulai 18 Maret 2020. Hal ini berlaku juga untuk warga negara yang baru pulang dari luar negeri. Mereka harus menjalani pemeriksaan dan karantina selama 14 hari.

Pengunjung asing dilarang masuk selama periode tersebut. Bahkan nggak sedikit warga yang memutuskan untuk berjalan kaki ke Malaysia karena selama lockdown, transportasi pun ditiadakan.

Update Kasus Covid-19 di Malaysia

Masjid Putra di Malaysia (IG: @globetrottingsu)

Hingga berita ini ditulis, ada total lebih 8000 kasus Covid-19 di Malaysia dengan angka kematian mencapai 121 jiwa. Dari jumlah tersebut, sudah lebih dari 95% pasien telah sembuh. Kini tinggal 289 kasus aktif dan mendapat perawatan.

Rencana Malaysia Terima Turis

Batu Caves Kuala Lumpur (IG:adventuresofabrunette)

Dilansir dari inews.id, Malaysia mempertimbangkan untuk membuka pintu bagi turis dari beberapa negara yang berstatus hijau dari Covid-19. Negara-negara ini yang dinilai berhasil mengendalikan wabah virus sehingga nggak menyebar terlalu luas.

Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah menyatakan bahwa perjanjian pembukaan perbatasan tersebut harus saling menguntungkan. Sehingga nggak ada yang dirugikan, khususnya kekhawatiran tentang penyebaran virus.

Negara Mana Saja?

Singapore (IG:mimihaney)

Noor Hisham Abdullah menyatakan enam negara tersebut adalah Singapura, Brunei Darussalam, Australia, New Zealand, Jepang, dan Korea Selatan. Indonesia nggak termasuk dari negara yang diberi status hijau, ya.

Disampaikan juga bahwa pembukaan batasan ini diperlukan protokol. “Kita perlu mendiskusikan dan menyelesaikan SOP (standar prosedur) dengan negara-negara. Misalnya, apakah kita perlu mengarantina orang yang datang, SOP apa pun harus saling menguntungkan dan ada timbal balik. Kami masih dalam tahap diskusi awal,” kata Noor Hisham, dikutip dari The Star, Jumat (19/6/2020).

Perjanjian Kerja Sama

Petronas (IG:elstraveldiaries)

Malaysia terima turis dari negara-negara yang berstatus hijau. Nggak cuma itu, Malaysia memastikan bahwa kedua negara harus menyetujui persyaratan. Entah itu mengenai sektor bisnis, pendidikan, dan pariwisata.

Waktunya sendiri masih belum ditentukan. Sejauh ini, Malaysia masih tertutup. Pelonggaran hanya berlaku bagi diplomat dan anggota program Malaysia My Second Home.

Bioskop Malaysia Sudah Buka

Masih ingat kah berita tentang bioskop Malaysia yang berjamur akibat lockdown? Nah, penantian warga Malaysia untuk bisa kembali menikmati hiburan di bioskop nggak lama lagi, nih.

Dilansir dari straitstimes.com, bioskop di Malaysia akan buka mulai 1 Juli 2020. Datuk Seri Ismail selaku Menteri Senior (Keamanan) pada Senin 22 Juni 2020 menyatakan bahwa pemerintah mengizinkan hiburan tersebut dibuka kembali. Namun harus dibatasi hingga 250 orang atau kurang, tergantung pada ukuran tempat.

Malaysia sendiri telah diakui sebagai salah satu dari lima negara yang berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19. Meski begitu, pembukaan batasan tetap dilakukan dengan hati-hati dan perlahan.

“Saya pikir kita bisa mulai perlahan dengan membiarkan perjalanan bisnis yang penting, diikuti oleh wisata medis dan mungkin pendidikan dan terakhir untuk liburan.” kata Datuk Tan Kok Liang, Presiden Asosiasi Tur dan Perjalanan Malaysia.

Disampaikan juga bahwa pariwisata domestik nggak cukup untuk mendukung ekosistem pariwisata. Diketahui bahwa negara-negara ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand berkontribusi lebih dari 75% dari total kedatangan asing ke Malaysia.

Nah itulah berita singkat tentang rencana Malaysia terima turis hanya dari 6 negara yang berstatus hijau. Semoga Indonesia juga segera berhasil mengendalikan Covid-19, sehingga bisa lebih cepat membangun kembali perekonomian dan pariwisata. Setuju, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial